Comscore Tracker

Akan Berkolaborasi, 6 Kesamaan Suga BTS & IU yang Harus Kamu Ketahui

IUxSUGA Sama-sama pekerja keras, nih! 

Pada 27 April 2020, EDAM Entertainment mengumumkan bahwa IU akan segera melaksanakan comeback-nya pada tanggal 6 Mei mendatang. Satu hal yang membuat comeback IU ini menghebohkan dunia KPop adalah adanya kerja sama antara IU dan Suga BTS.

Kedua idol tersebut sudah malang melintang dalam hal musik, dan kabarnya mereka akan saling berbagi pendapat untuk kerja sama yang mereka lakukan pertama kali ini. Sembari menantikan single digital dan MV hasil kolaborasi IU dan Suga BTS, ada baiknya kamu simak keenam persamaan dua idol itu sebagai berikut.

1. Kelahiran tahun 1993

Akan Berkolaborasi, 6 Kesamaan Suga BTS & IU yang Harus Kamu KetahuiBerbagai sumber

Baik IU maupun Suga, keduanya sangat digilai oleh para fans karena pesona awet muda yang mereka miliki. Yups, terkenal karena berwajah baby face, IU dan Suga ternyata sudah berusia 27 tahun lho! Mereka sama-sama lahir di tahun 1993. Kelahiran mereka hanya berselisih dua bulan karena Suga lahir pada tanggal 9 Maret sedangkan IU lahir pada tanggal 16 Mei.

2. Visual mereka selalu menjadi sasaran haters

Akan Berkolaborasi, 6 Kesamaan Suga BTS & IU yang Harus Kamu KetahuiBerbagai sumber

IU dan Suga termasuk dua idol yang menjadi kesayangan masyarakat Korea Selatan. Namun, sama halnya dengan banyaknya orang yang menyayangi mereka, mereka pun juga memiliki haters di mana-mana. Sasaran yang paling utama dari para haters tersebut adalah visual yang dimiliki oleh keduanya.

Sebelum beredar foto-foto masa kecilnya, IU sangat sering dituduh melakukan operasi plastik. Suga pun juga demikian. Sejak masih menjadi seorang siswa, ia kerap diejek karena badannya yang berisi.

Hingga saat ini, Suga bahkan masih sering dianggap sebagai idol yang tidak memenuhi standar visual yang baik hanya karena matanya yang sipit dan pipinya yang gembil.

Baca Juga: Kolaborasi dengan IU, Ini 8 Penyanyi yang Pernah Kerja Bareng Suga BTS

3. Berasal dari keluarga yang kurang berada

Akan Berkolaborasi, 6 Kesamaan Suga BTS & IU yang Harus Kamu KetahuiBerbagai sumber

Para pencinta KPop tentu tidak akan asing lagi dengan fakta yang satu ini. Jika sekarang IU dan Suga merupakan jajaran idol terkaya, maka itu akan berkebalikan dengan kehidupan mereka sebelum sukses berkarier. IU merupakan seorang gadis biasa yang memiliki nama asli Lee Ji Eun. Saat kondisi finansial orang tuanya semakin memburuk, ia dan adiknya harus tinggal bersama dengan sang nenek.

Ia dihadapkan dengan kemiskinan yang luar biasa pada masa-masa ini, namun pada saat yang sama, IU juga menemukan ketertarikannya di bidang musik. Ia sempat mengikuti audisi dua puluh kali dan semuanya gagal. Ia juga ditipu oleh perusahaan hiburan palsu sebelum akhirnya ia bergabung dengan LOEN Entertainment pada tahun 2007.

Untuk Suga, keadaannya pun tak jauh berbeda dengan IU. Orang tuanya merupakan keluarga miskin di Daegu yang menginginkan Suga untuk bekerja kantoran. Namun, kehendak mereka tak sama dengan yang diinginkan Suga, sebab pemilik nama Min Yoon Gi sendiri lebih tertarik ke dunia musik. Ia merantau ke Seoul dan melakukan pekerjaan part time demi bisa mencapai impiannya.

Dalam proses ini, Suga tidak berhubungan dengan orang tuanya. Ia sempat mengalami cedera pada bagian bahu, namun dalam waktu yang tak sebentar itu ia lebih sering berkomunikasi dan mendapat bantuan dari kakak laki-lakinya.

Ia bergabung dengan Big Hit Entertainment pada sekitar tahun 2010, dan enam tahun kemudian, orang tuanya akhirnya memberikan dukungan dengan datang ke konser BTS yang bertajuk The Most Beautiful Moment in Life On Stage : Epilogue.

4. Tidak langsung terkenal

Akan Berkolaborasi, 6 Kesamaan Suga BTS & IU yang Harus Kamu KetahuiBerbagai sumber

Kepopuleran yang didapatkan oleh IU dan Suga tentu tidak terjadi secara instan. Keduanya harus bekerja keras mengingat persaingan di industri KPop sangat ketat setiap tahunnya. Mereka tak langsung terkenal ketika mulai meniti karier.

IU debut pada tahun 2008, namun ia baru dikenal secara luas lewat salah satu lagunya yang bertajuk Good Day pada sekitar tahun 2011. Lagu tersebut digadang-gadang sebagai salah satu lagu solois KPop tersulit karena banyaknya nada tinggi yang harus dicapai.

Di waktu yang bersamaan, Suga yang kala itu masih menjadi trainee juga berjuang keras untuk mempertahankan karier bermusiknya. Suga debut pada tahun 2013 dan baru mulai dilirik masyarakat pada tahun 2015. Kariernya terus menanjak mulai dari tahun 2016 hingga saat ini, dan sekarang ia semakin diakui karena kepiawaiannya dalam menggarap musik.

5. Pernah mengalami gangguan kecemasan

Akan Berkolaborasi, 6 Kesamaan Suga BTS & IU yang Harus Kamu KetahuiBerbagai sumber

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, industri KPop bukanlah industri yang mudah untuk dimasuki. IU dan Suga bahkan sama-sama pernah mengalami anxiety disorder saat awal berkarier sebagai idol lho!

IU sempat merasa cemas apabila kemampuan menyanyinya tidak diakui. Guna mengurangi kecemasannya itu, melampiaskannya pada makanan. Ia akan memakan makanan apa pun hingga muntah, dan pada akhirnya ia justru menderita gangguan pola makan atau bulimia.

Suga memang dikenal dengan kepribadiannya yang blak-blakan. Tetapi, siapa sangka bahwa idol swag ini pernah menderita depresi yang cukup berat? Cedera bahu dan juga adanya body shamming yang kerap ia dapat adalah penyebab Suga mengalami gangguan kecemasan tersebut.

6. Passionate di bidang musik

Akan Berkolaborasi, 6 Kesamaan Suga BTS & IU yang Harus Kamu KetahuiBerbagai sumber

Satu kesamaan lain yang membuat para Uaena dan ARMY sangat excited terhadap kolaborasi antara IU dan Suga adalah passion yang dimiliki oleh keduanya. Baik Suga ataupun IU sudah memiliki banyak lagu yang mereka hasilkan dari tangan mereka sendiri. Keduanya juga telah diakui sebagai komposer di bawah naungan KOMCA berkat lagu-lagu mereka yang hampir semuanya populer tersebut.

Itulah enam kesamaan antara IU dan Suga BTS. FYI, member BTS yang sudah lama menjadi fanboy IU justru sang maknae Jungkook lho!

Bagaimana ya reaksi Jungkook ketika mengetahui kabar ini? Semoga kerja sama IU dan Suga berjalan lancar, dan Jungkook dapat segera menyusul kerja sama yang serupa ya! Sukses selalu untuk semuanya!

Baca Juga: 10 Lagu Kolaborasi IU yang Bikin Hatimu Adem, Masukin Playlist ya!

Nunung Munawaroh Photo Verified Writer Nunung Munawaroh

Anyeong!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya