Comscore Tracker

Siap-siap Baper! Ini 10 Momen Berkesan yang Dibagi oleh BTS dan ARMY 

ARMY jangan menangis, ya

Sudah lebih dari 6 tahun BTS debut sebagai idol KPop. Selama itu pula, mereka telah mengukir banyak kenangan bersama ARMY. Baik BTS maupun ARMY, mereka kerap membuat fandom lain merasa respek karena solidaritas mereka.

Di bawah ini ada sepuluh momen paling membekas yang pernah dibagikan oleh ARMY kepada BTS.

1. Debut Panggung di M Countdown 2013

https://www.youtube.com/embed/TxcjtVPqDTs

BTS debut pada 13 Juni 2013. Sebagai grup dari agensi kecil, mereka ternyata cukup kesulitan saat itu, termasuk untuk penampilan panggungnya secara langsung pertama kali. Namun, mereka sangat bersyukur karena mereka akhirnya bisa merasakan panggung dengan debut sebagai idol dan diberi durasi yang cukup panjang untuk tampil.

Saat itu, BTS diberi kesempatan untuk hadir di M Countdown karena ada salah satu artis yang berhalangan hadir. Duh, bikin sedih aja, nih, kisah cikal bakalnya BTS!

2. Konser Gratis

https://www.youtube.com/embed/ETgCFPUiPog

Jika sekarang BTS menggelar konser di stadium-stadium besar dunia, saat awal debut, itu hanyalah mimpi bagi mereka. Fanmeeting mereka hanya dihadiri oleh ARMY yang berjumlah beberapa orang, bahkan tidak mencapai 50. Sangat berkebalikan dengan penonton konser mereka yang kini rata-ratanya lebih dari 40 ribu.

Mereka bahkan sempat membagikan tiket gratis saat menggelar konser di Amerika Serikat ketika belum lama debut! Mereka turun sendiri ke jalanan untuk membagikannya dengan begitu semangat. Sungguh, saat itu mereka jauh dari kata famous.

3. Tampil di KCON 2014

https://www.youtube.com/embed/B6VQFi2SO2A

KCON merupakan acara musik yang digelar sangat meriah, terutama untuk para rookie idol. BTS tampil pertama kali di acara ini pada 2014 dan menjadi salah satu penampil dari sekian banyaknya grup yang turut berpartisipasi di sana. Saat itu, BTS disambut antusias oleh para penonton KCON yang jumlahnya mencapai 42 ribu orang.

4. Kemenangan Pertama lewat Lagu "I NEED U"

https://www.youtube.com/embed/UV3vIYdTNIU

BTS tidak langsung populer setelah melakukan debutnya pada 2013. Mereka baru dilirik oleh banyak pencinta musik pada 2015. Di tahun kedua debut BTS ini, mereka untuk pertama kalinya mendapatkan piala kemenangan lewat lagu "I NEED U".

Ekspresi kebahagiaan mereka gak bisa disembunyikan! Seakan tak percaya, mereka sampai gak bisa berkata-kata ketika mendapatkan piala kemenangan lewat KBS Music Bank.

5. Tampil di SBS Busan One Asia Festival 2016

https://www.youtube.com/embed/bpBS_b1bjqc

Pada 1 Oktober 2016, BTS telah dipastikan untuk hadir di SBS Busan One Festival. Namun, hingga akhir acara, nama mereka justru tidak dipanggil. BTS dihapus dari daftar penampil tanpa pengumuman resmi.

Untuk menghibur ARMY, BTS pun tetap menampilkan beberapa lagu setelah acara selesai hanya dengan enam member karena RM sedang sakit. Meskipun mereka bisa saja mengalami cedera akibat panggung yang sudah ditaburi banyak confetti.

Baca Juga: Selain Idol, 10 Potret Buktikan RM BTS yang Juga Cocok Jadi Selebgram

6. Menerima Daesang Pertama Kali pada 2016

https://www.youtube.com/embed/ENvJwgcTl50

BTS semakin melebarkan sayap mereka. Pada akhir 2016, mereka untuk pertama kalinya mendapat Daesang, yakni sebagai Artist of the Year di MAMA. RM selaku pemimpin BTS sangat gemetar ketika menyampaikan pidato kemenangannya di acara bergengsi tersebut.

Selain itu, Suga yang kerap dikira cuek bahkan juga menangis ketika mendengar pengumuman kemenangan mereka!

7. Menyampaikan Pidato di Markas PBB

https://www.youtube.com/embed/oTe4f-bBEKg

Setelah digaet sebagai duta besar organisasi UNICEF dan melakukan kampanye bertajuk Love Yourself : Speak Yourself, BTS sempat menghadiri markas besar PBB pada tahun lalu.

Di sana, RM sukses membuat ARMY bangga dengan menyampaikan pidato tentang pentingnya mencintai diri sendiri bagi para generasi muda. Benar-benar pemimpin panutan, deh!

8. Mendapat Penghargaan dari BBMAS

https://www.youtube.com/embed/pE7Hjuz8LCM

BTS sudah terhitung tiga kali menerima penghargaan dari Billboard Music Awards sebagai satu-satunya grup KPop untuk kategori Top Social Artist. Sejak 2017, mereka terus membuat ARMY bangga karena sayap mereka semakin melebar ke kancah internasional.

Bahkan, untuk tahun ini, mereka memenangkan dua penghargaan sekaligus, yakni Top Social Artist dan Top Duo/Group. Perlu digarisbawahi, mereka sangat tidak menyangka akan memenangkan penghargaan tersebut terutama untuk kategori Top Duo/Group karena voting tidak melibatkan fan dan saingannya pun para artis kelas dunia.

9. Memenangkan Banyak Penghargaan dari MAMA 2018

https://www.youtube.com/embed/BTPL2hZJIss

Seperti yang telah diketahui, MAMA merupakan penghargaan yang sangat bersejarah di dunia KPop karena pelaksanaannya saja kerap dibagi di beberapa negara.

Untuk 2018, BTS kembali dengan perasaan emosional mereka seperti ketika menerima Daesang pertama kali pada 2016. Mereka telah memboyong begitu banyak penghargaan dari tiga pergelaran MAMA, mulai dari MAMA di Korea, MAMA di Jepang, hingga MAMA di Hongkong.

Mereka mengungkapkan bahwa mereka sempat melakukan perundingan untuk disband karena tekanan mental yang harus mereka tanggung. Namun, mereka akhirnya memutuskan untuk tetap memperpanjang kontrak karena mereka merasa berkewajiban untuk selalu membalas rasa sayang ARMY pada BTS.

10. Menghadiri Grammy Awards

https://www.youtube.com/embed/0a6F8bMQ9FE

Sebelum menghadiri Billboard Music Awards 2019, BTS rupanya juga menghadiri Grammy Awards pada awal tahun ini.

Ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa bagi BTS karena mereka tak menyangka ARMY akan mewujudkan impian mereka dan mendukung mereka hingga sejauh ini. Hanya BTS satu-satunya grup KPop yang pernah tampil di Grammy!

Itulah 10 momen paling berkesan yang dibagikan oleh BTS dan ARMY. Semoga fandom ini makin solid, ya! Sukses selalu untuk BTS dan ARMY!

Baca Juga: Borong Piala, Ini 10 Momen BTS yang Tak Terlupakan di MMA 2019

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya