Comscore Tracker

10 Rapper Grup KPop yang Bisa Juga Menjadi Vokalis, Penari, & Produser

Performa mereka tidak pernah mengecewakan! 

Setiap idol KPop memiliki talenta masing-masing. Seiring dengan perkembangan zaman, bakat mereka pun semakin terasah. Tak jarang, beberapa dari mereka bahkan menguasai kemampuan di luar posisi yang mereka miliki.

Contohnya adalah sepuluh idol yang ada di bawah ini. Mereka menjadi rapper grup, namun mereka juga bisa menjadi vokalis, penari, dan produser yang hebat.

1. G-Dragon BIGBANG

https://www.youtube.com/embed/KANPWM7d9tQ

Idol yang bahkan dikenal oleh kalangan bukan fan KPop ini memang tak perlu diragukan lagi eksistensinya. GD adalah salah satu artis yang paling legendaris di dunia KPop. Karismanya ketika tampil selalu mendominasi, baik sebagai penari yang gerakannya keren; rapper yang begitu swag; dan vokalis yang suaranya begitu merdu.

Perannya dalam menjadi produser pun juga luar biasa karena hampir semua lagu garapannya menjadi lagu yang hit. Gak heran, GD menjadi panutan bagi idol lain dalam bermusik.

2. J-Hope BTS

https://www.youtube.com/embed/i23NEQEFpgQ

J-Hope adalah rapper dan penari utama BTS. Dia merupakan idol terbaik dalam melakukan freestyle dance. Itu karena jauh sebelum bergabung dengan BTS, J-Hope adalah street dancer dalam grup Neuron.

Vokalnya pun tak kalah bagus dari jajaran vokalis BTS. Itu karena dia awalnya memang dilatih sebagai vokalis. Dia lebih memilih posisi rapper karena ada pertambahan anggota saat itu.

Gaya rapnya yang begitu lembut dan penuh melodi selalu memanjakan telinga pendengarnya. J-Hope juga berperan sebagai produser di BTS, termasuk untuk lagu yang paling hit, "The Best of Me" dan "Dionysus".

3. Seungyoun X1

https://www.youtube.com/embed/YkxfmKGFD08

Seolah tak ada celah untuk dicari kejelekannya, Seungyoun adalah idol dengan citra yang paling baik. Dia pernah debut bersama grup UNIQ dan muncul sebagai rapper di Show Me the Money. Dia menjadi lead rapper sekaligus vokalis utama di X1 karena nada tingginya terdengar jelas untuk rap dan menyanyi.

Seungyoun bisa menjadi rapper yang garang, namun di sisi lain dia juga vokalis yang soulful. Member yang luwes melakukan krumping dance ini juga merupakan produser yang andal, terbukti dengan banyaknya lagu yang telah dia produksi, baik untuk dirinya sendiri maupun artis lain.

4. Ravi VIXX

https://www.youtube.com/embed/hjHvob-JmCo

Idol yang satu ini mendapat posisi main rapper dan lead dancer di grupnya. Namun, suaranya sebagai vokalis juga bagus, lo! Dia menunjukkan bakatnya tersebut lewat tiga mixtape dan juga dua minialbum yang sudah dirilisnya.

Tak hanya itu, idol yang pernah tampil di The King of Mask Singer ini juga sudah banyak mencantumkan namanya di berbagai kredit lagu idol KPop sebagai produser.

5. Soyeon (G)I-DLE

https://www.youtube.com/embed/aPMQmiiHL3g

Baru genap berusia 21 tahun, pesona seorang Jeon Soyeon memang patut diacungi jempol. Pemimpin dari (G)I-DLE ini memiliki posisi sebagai main rapper dan lead dancer. Soyeon juga bisa menjadi vokalis dengan suaranya yang jernih. Dia pernah berpartisipasi di Unpretty Rapstar. Hanya rapper andal yang berani berada di sana.

Peran Soyeon sebagai penari, vokalis, dan produser sama penting. Dia selalu terlibat dalam membuat koreografi; menyanyikan melodi dengan benar; dan memproduseri setiap lagu untuk grup beranggotakan enam orang itu.

Baca Juga: 16 Fakta Unik Vernon, Rapper Seventeen Blasteran Korea-Amerika

6. Bangchan Stray Kids

https://www.youtube.com/embed/nygfgsvrh20

Bangchan adalah bagian dari subunit 3RACHA bersama Changbin dan Han karena kemampuannya menjadi produser musik. Penampilan member yang memiliki posisi sebagai pemimpin ini selalu memukau dan dinanti-nantikan.

Dia adalah salah ikon dari idol yang multitalenta dengan gaya rapnya yang bersih; vokal yang powerful; dan juga gerakan tari yang begitu luwes. Member segrupnya bahkan menyebut Bangchan sebagai pemimpin yang paling sempurna dengan semua hal itu!

7. LE EXID

https://www.youtube.com/embed/iT15x-2GNQM

LE sudah sangat karismatik dengan rap style yang swag dan tariannya yang natural sebagai main rapper dan juga lead dancer. Namun, bakatnya tidak hanya berhenti di situ!

LE pernah mengejutkan penonton dengan vokalnya yang luar biasa ketika tiba-tiba muncul di acara The King of Mask Singer pada 2017 lalu. LE juga dikenal sebagai produser yang baik. Hingga kini, dia masih aktif menggarap lagu untuk banyak artis.

8. Amber f(x)

https://www.youtube.com/embed/NPE7cb0k2Go

Amber merupakan rapper perempuan yang dikenal dengan karismanya memiliki nada rendah. Saat menjadi vokalis, suara Amber bisa berubah menjadi begitu lembut dan menenangkan!

Dia bisa menjadi penari yang keren pula, terbukti dengan beberapa lagu yang dia nyanyikan menggunakan koreografi ciptaannya sendiri. Selain itu, Amber pun memiliki kemampuan yang gak perlu diragukan lagi dalam hal memproduksi lagu.

9. Moonbyul MAMAMOO

https://www.youtube.com/embed/CVou2yudXq4

MAMAMOO terkenal sebagai grup yang menciptakan lagu dan koreografi mereka sendiri. Tak heran, Moonbyul begitu memesona dengan berbagai penampilan tarinya bersama ketiga member yang lain. Moonbyul yang bertugas sebagai rapper ini sangat berperan penting hampir di semua produksi lagu MAMAMOO.

Dia selalu sukses memukau dengan lagu-lagu yang mengangkat tema berdasarkan perspektif perempuan. Vokalnya pun juga mengagumkan! Dia pernah menunjukkan suara malaikatnya di The King of Mask Singer.

10. Taeyong NCT

https://www.youtube.com/embed/PLVndSt89L0

Pemimpin serbabisa adalah gambaran yang cocok untuk Taeyong NCT. Dia sangat mencolok dengan lantunan rapnya yang tajam dan gerakan tariannya yang begitu teratur. Di beberapa lagu NCT, Taeyong pun pernah ikut andil dalam proses produksinya.

Satu lagi, vokalnya yang manis bisa membuat siapa pun tak percaya bahwa dia adalah seorang rapper. Cocok banget kalau dia menjadi bagian dari subunit Avengers, SuperM.

Itulah sepuluh idol yang memiliki kemampuan vokal, tari, dan produksi lagu yang sangat baik. Di samping posisi mereka sebagai rapper grup, ada biasmu di antara idol di atas?

Baca Juga: 10 Potret OOTD Kece ala Roy Ricardo, Inspirasi Tampil Swag ala Rapper

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You