Comscore Tracker

Ikonik Abis, 5 Sub-Unit Grup KPop Ini Tak akan Pernah Ditemui Kembali

Sangat kecil kemungkinan bagi mereka untuk muncul lagi 

Pembentukan sebuah sub-unit merupakan hal yang dinantikan oleh para KPopers karena lewat sub-unit, para idol yang bahkan tidak berada dalam grup yang sama bisa berinteraksi lebih jauh. Selain itu, sub-unit juga dapat menghadirkan performance yang begitu spesial karena biasanya setiap membernya memiliki passion yang sama.

Jika kita lihat ke masa lalu, ternyata ada cukup banyak sub-unit legendaris yang sudah meramaikan dunia per-KPop-an. Tapi, sebagian dari mereka kemungkinan besar tidak akan kita temui lagi di masa depan akibat hengkangnya beberapa member dan bubarnya sub-unit itu sendiri.

1. MOBB

Ikonik Abis, 5 Sub-Unit Grup KPop Ini Tak akan Pernah Ditemui KembaliWeheartit.com

Sub-unit ini terdiri atas dua rapper yang super swag dari YG Entertainment, yaitu Mino WINNER dan Bobby iKON. Grup duo yang membernya sama-sama menuai kesuksesan setelah mengikuti ajang Show Me the Money itu dibentuk pada tahun 2016. Mereka bahkan sempat merilis single yang bertajuk Full House ketika bergabung di sub-unit tersebut.

Melihat kondisi YG Entertainment yang mengalami begitu banyak cobaan selama kurun waktu dua tahun belakangan, rasanya tidak memungkinkan apabila sub-unit ini akan melakukan comeback dan menunjukkan kolaborasi yang lebih hebat.

2. Orange Caramel

Ikonik Abis, 5 Sub-Unit Grup KPop Ini Tak akan Pernah Ditemui KembaliKprofiles.com

Orange Caramel merupakan sub-unit dari girl group After School yang terdiri atas Lizzy, Nana, dan Raina. Sub-unit ini digadang-gadang sebagai salah satu sub-unit terbaik di dunia KPop karena sangat populer bahkan bisa menjadi saingan grup mayor mereka sendiri.

After School sudah bubar tanpa pengumuman yang resmi, dan semua membernya kecuali Nana dikabarkan memilih hengkang dari Pledis Entertainment.

Baca Juga: Gak Hanya EXO yang Punya Sub Unit, Inilah 5 Sub Unit Super Junior! 

3. YOUNIQUE UNIT

Ikonik Abis, 5 Sub-Unit Grup KPop Ini Tak akan Pernah Ditemui KembaliSmtown.fandom.com

YOUNIQUE UNIT adalah sub-unit dari SM Entertainment yang diisi oleh para idol dancer terbaik. Sub-unit ini berisi Eunhyuk dan Henry Super Junior, Hyoyeon Girl’s Generation, Taemin SHINee, serta Kai dan Luhan EXO.

Kemungkinan bagi sub-unit ini untuk comeback hampir mustahil apalagi dua membernya yakni Luhan dan Henry tidak bertahan lama di agensi yang menaungi mereka. Keduanya lebih memilih untuk fokus ke solo karier.

4. PRISTIN V

Ikonik Abis, 5 Sub-Unit Grup KPop Ini Tak akan Pernah Ditemui KembaliNowkpop.com

Jika ditanya girl group mana yang sangat disayangkan kebubarannya, mungkin PRISTIN sudah menempati peringkat nomor satu. Ya, ibarat baru memulai perjalanan, grup ini harus berhenti di tengah jalan karena bubar saat baru memasuki tahun ke-3 debut mereka.

Grup ini memiliki sub-unit yang ikonik abis bernama PRISTIN V. PRSITIN V terdiri dari Nayoung, Roa, Eunwoo, Rena, dan Kyulkyung. Mereka pernah merilis lagu berjudul Get It. Setelah PRISTIN bubar, PRISTIN V pun otomatis juga bubar. Kini, kedua membernya, yaitu Roa dan Eunwoo melakukan debut lagi lewat grup HINAPIA.

5. HI SUHYUN

Ikonik Abis, 5 Sub-Unit Grup KPop Ini Tak akan Pernah Ditemui KembaliKoreaboo.com

Lee Hi dan Suhyun AKMU tentu tak perlu diragukan lagi kualitas vokalnya. Kedua idol tersebut pernah membentuk sub-unit berupa duo yang diberi nama HI SUHYUN. Kehadiran sub-unit ini sukses mengundang rindu para penggemar, namun sayangnya, Lee Hi lebih memilih untuk hengkang dari YG Entertainment setelah kontraknya berakhir.

Itu tadi beberapa sub-unit KPop yang tidak akan kita jumpai lagi di masa yang akan datang. Walau sudah berbeda jalan, semoga para idol yang pernah tergabung di kelima sub-unit tersebut selalu sukses, ya kariernya!

Baca Juga: Old But Gold, 9 Lagu dari Sub Unit BTS Ini Jarang Diketahui Fans

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya