Comscore Tracker

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La Land

Ayo coba, seru mana sama La La Land?

Bagi kamu pecinta film pasti ngeh kalau belakangan ini orang-orang lagi ramai membicarakan soal La La Land. Yap, film bernuansa musikal memang selalu punya daya tarik tersendiri, terutama bagi kita yang butuh hiburan lebih dari sekadar dialog.

Ditulis dan diarahkan oleh sutradara film Whiplash, La La Land sendiri berkisah tentang romansa antara Mia (Emma Stone), seorang aktris dan Sebastian (Ryan Gosling) seorang musisi jazz. Racikan musik, tata artistik, juga keindahan gerak film ini mungkin menjadi hal yang membuat banyak orang jatuh cinta.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang masih kesengsem sama film musikal ini, kamu bisa (atau mungkin sudah) nonton 7 film sejenis lainnya. Apa saja?

1. Whiplash (2014)

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La LandHollywood Reporter

Film ini masuk dalam lima nominasi pada ajang Academy Awards 2015 lalu. Kalau kamu nonton film ini pasti bisa merasakan kuatnya ambisi dan obsesi Andrew (Miles Teller), seorang pemain drum ambisius sekaligus siswa sekolah jazz tahun pertama untuk mengejar mimpinya. Konflik film ini terasa semakin kuat setelah Andrew bertemu dengan seorang pelatih sadis bernama Terrence Fletcher (J.K. Simmons).

Tentunya diperkuat dengan latar musik penuh dengan sensasi drum yang depresif, ambisius, juga berani, sisi emosional film ini benar-benar bisa bikin para penonton geregetan sama Tuan Fletcher. Salah satu lagu yang sering dimainkan oleh Andrew saat latihan sepanjang film juga ikutan ngetop seiring popularitas film ini, lho! Berkelas, berbobot, dan layak ditonton.

2. Begin Again (2014)

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La LandPinterest

Selanjutnya adalah film yang pasti masuk daftar wajib tonton para penggemar Adam Levine. Yap. Terkenal dengan soundtracks-nya, terutama lagu Lost Stars, film ini bisa dibilang cocok mengobati rasa haus kamu setelah nonton La La Land. Berkisah tentang Gretta (Keira Knightly) yang selalu menemani jatuh bangun karir kekasihnya, Dave (Adam Levine) sebagai penyanyi. Hingga suatu hari hubungan mereka harus kandas saat Dave sudah mulai terkenal.

Keseruan film ini semakin menjadi saat Gretta akhirnya bertemu dengan seorang produser musik nyaris gagal bernama Dan (Mark Rufallo). Mereka pun memutuskan untuk membuat gebrakan nyata dalam karir musiknya dan bangun dari keterpurukan. Lantunan-lantunan lagu dengan komposisi musik yang sederhana, pop, easy listening sepanjang film berhasil memanjakan telinga sekaligus bikin para penonton sulit untuk nggak ikut bernyanyi, deh!

3. Pitch Perfect 2 (2015)

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La LandFlavonwire

Nah, kalau film yang satu ini mungkin bisa mengingatkan kita pada film sejenis High School Musical. Melanjutkan seri pertamanya, Pitch Perfect 2 masih bisa membuat penonton tertawa dengan sentuhan komedinya sepanjang film. Sebenarnya kisahnya sederhana yakni tentang lika-liku kelompok paduan suara wanita di Universitas Berden bernama The Berden Bellas yang berusaha menjuarai sebuah kompetisi.

Esensinya pun mirip dengan film pada umumnya, perjuangan bangkit dari ketertindasan. Hal yang jelas membuat film ini menarik adalah harmonisasi suara Becca (Anna Kendrick) dan kawan-kawannya. Kebanyakan lagu di film ini memang cover songs, tapi justru dibawakan dengan versi akustik dan akapela lah yang membuat para penonton suka!

4. Music and Lyrics (2007)

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La LandJust Jared

Kamu cukup familiar dengan lagu berjudul Way Back Into Love? Nah, lagu berlirik kocak dan witty itu berasal dari film ini. Selaras dengan lagunya yang bernuansa komedi, sebenarnya film ini juga bergenre romans kocak. Ceritanya tentang seorang penyanyi pop lawas bernama Alex Fletcher (Hugh Grants) yang sedang berjuang di tengah banyaknya musisi baru.

Kehidupan Alex mulai berubah setelah ia sadar bahwa Sophie Fisher (Drew Barrymore) yang sering ke apartemennya untuk menyiram tanaman ternyata bisa membantu karirnya. Kemampuan Sophie dalam merangkai lirik polos dan sederhana lah yang jadi awal mula kisah cinta mereka. Lagi, daya tarik terkuat film ini adalah dari lagu-lagu yang dimainkan sepanjang film. Plus, kekocakan dua aktor dan aktris memerankan film ini!

5. Once (2006)

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La LandBlogspot

Bisa dibilang ini adalah salah satu film dengan lagu-lagu paling menyentuh. Sebetulnya, penulis cerita film ini adalah orang yang juga terlibat dalam film Begin Again. Menariknya, film ini ternyata adalah film Indie, lho! Ceritanya tentang seorang musisi jalanan di Dublin, Irlandia yang diperankan oleh Glen Hansard.

Cowok ini juga bekerja sebagai tukang reparasi alat elektronik. Suatu ketika, dia bertemu dengan cewek imigran asal Ceko yang diperankan oleh Marketa Irglova. Romansa mereka pun dimulai saat si cewek ternyata suka sama komposisi musik yang dibuat sama si cowok. Jalinan cinta mereka yang nggak banyak ditunjukkan dengan sentuhan tubuh mungkin jadi hal yang bikin film ini manis. Apalagi dengan lagu-lagu ballad melo dan suara Marketa yang enak banget. Kamu wajib nonton!

6. Nick & Norah’s Infinite Playlists (2008)

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La LandMovie Web

Kesan paling kuat dari film ini adalah ‘anak muda banget’. Yap, kisahnya memang nggak benar-benar tentang musisi dan aransemen musik atau konser. Tapi sentuhan musik begitu kental di film ini. Berkisah tentang Nick (Michael Cerra) yang tergabung dalam band The Jerks Off yang masih berusaha menaklukan hati kekasihnya lagi. Sampai satu malam, ketika Nick dan teman-teman bandnya sedang mengejar penampilan band indie kesukaan mereka, Nick malah bertemu dengan Norah (Kate Denings).

Petualangan mereka sebagai pasangan palsu sepanjang satu malam itu dimulai dan keseruan romantis banyak terjadi. Hal yang bikin unik bahwa film ini cukup minim dialog tapi cukup bisa bikin penonton mesem-mesem. Apalagi hanya menceritakan kisah satu malam doang. Lagu-lagu yang masuk playlists dan menjadi soundtrack film ini pun enak banget buat dikupingin!

7. August Rush (2007)

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La LandA Day In The Life

Nggak lengkap rasanya kalau kita sedang membicarakan film musik banget tanpa memasukkan August Rush sebagai salah satunya. Film ini bisa dibilang salah satu film terlengkap. Racikan keindahan alunan musik, romantisme cerita, kesenduan hubungan keluarga, dan tata artistiknya sangat amat apik! Bagaimana, nggak? Berkisah tentang seorang anak yang tinggal di panti asuhan bernama Evan Taylor (Freddie Highmore). Evan nggak tahu siapa ayah dan ibunya hingga akhirnya ia berniat untuk mencarinya berdasarkan musik yang menuntunnya.

Yap, Evan memang dikaruniai intuisi musik yang kuat banget. Jelas, ibunya adalah seorang pemain cello bernama Lyla Novacek (Keri Rusell) dan ayahnya adalah seorang frontman band bernama Louis Conelly (John Rhys Meyer). Misi pencarian Evan itu tentunya nggak pernah sepi dari musik dengan gubahan yang luar biasa indah dan glamor! Di sini kamu bisa menemukan film dengan musik berkelas, plus nggak ketinggalan ada juga penyanyi bersuara seksi, John Legend, lho!

 

Nah, tunggu apa lagi, buruan kamu cari film-film ini! Selamat berburu dan menyaksikan, ya!

Jangan cuma baca aja. Yuk, tulis juga artikelmu di IDNtimes Community!

7 Film Musikal Wajib Tonton Buat Kamu yang Belum Bisa ‘Move On’ dari La La Landcommunity.idntimes.com

Bagaimana cara submit artikel di IDNtimes Community? Ikuti tutorial di atas dan baca informasi lengkapnya di sini.

Mutikhadijah Photo Writer Mutikhadijah

A lifetime writer. We are healed by healing each other. Welcome to my thoughts land.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya