Comscore Tracker

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi Internasional

Ternyata bukan cuma #SidangJessica saja, nih!

Setelah melalui persidangan yang mengundang perhatian banyak media massa selama berbulan-bulan, akhirnya Jessica divonis 20 tahun penjara, sesuai dengan tuntutan para jaksa. Jessica sendiri dikenai tuduhan membunuh Mirna dengan cara menuangkan racun Sianida pada kopi temannya tersebut di kafe Olifier, Jakarta, beberapa bulan lalu. Perlu diakui bahwa kasus yang satu ini memang cukup menyita perhatian masyarakat karena setiap sidangnya selalu diliput oleh berbagai media massa, terutama televisi.

Meski begitu, rupanya bukan hanya kasus #SidangJessica saja yang begitu populer dan menjadi perhatian publik, lho! 7 kasus di bawah ini juga sempat begitu sangat terkenal di negaranya karena menjadi sorotan kamera selama proses persidangannya.

Ted Bundy di tahun 1979.

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi InternasionalYoutube

Seorang pemuda tampan dan karismatik ini menjadi berita di hampir seluruh dunia. Ted Bundy sendiri didakwa karena telah membunuh 30 perempuan di berbagai negara sejak tahun 1974 hingga 1978. Lebih dari 250 wartawan dari seluruh dunia datang ke Miami hanya untuk meliput kasus pembunuhan ini, lho! Konon, kasus ini merupakan persidangan pertama yang diliput oleh televisi nasional setempat. Ted Bundy akhirnya divonis hukuman mati.

William Kennedy Smith di tahun 1991.

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi InternasionalYoutube

Namanya yang masih mengandung klan Kennedy inilah yang sepertinya membuat pemuda yang saat itu berusia 30 tahun menjadi sorotan publik. Kasus persidangannya diliput oleh CNN untuk kejahatan pemerkosaan yang dilakukan di Palm Beach, Florida. Meski ujung-ujungnya ia dibebaskan dari berbagai tuduhan, namun liputan demi liputan yang dilakukan saat itu dianggap bisa menggambarkan sistem peradilan Amerika yang sebenarnya, lho!
 

Jeffrey Dahmer di tahun 1992.

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi InternasionalYoutube

Jeffrey menjalani persidangan atas pembunuhan dan kanibalisme terhadap 15 korbannya yang mayoritas adalah laki-laki. Court TV sengaja menayangkan dengan delay 10 menit untuk menghindari adanya pembicaraan yang kurang bagus bagi penontonnya, nih! Pada 17 Februari 1992, lebih dari 60 organisasi berita meliput penjatuhan vonisnya. Jeffrey dijatuhi hukuman 15 kali hukuman seumur hidup para korbannya. Meski begitu, di tanggal 28 November 1992, Jeffrey tewas karena dipukuli oleh para narapidana penjaranya. Wah!
 

Phil Spector di tahun 2007 & 2009.

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi InternasionalYoutube

Didakwa membunuh artis yang diproduserinya yakni Lana Clarkson, Phil Spector pun menjalani persidangan demi persidangan yang diliput oleh Court TV. Salah satu hal yang menarik dari Spector adalah kelakuannya yang nggak biasa. Spector sering banget mengoleksi rambut palsu yang aneh sehingga mendapat perhatian jury saat menentukan hukuman. Meski begitu, media nggak diperbolehkan meliput saat penjatuhan vonis hukuman bersalah di pengadilan tingkat kedua.
 

Lindsay Lohan di tahun 2010.

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi InternasionalYoutube

Selebriti yang satu ini memang kerap bikin masalah. Nggak heran kalau liputan soal persidangannya ini meraup banyak mata, ya! TMZ.com sendiri mencatat jumlah penonton hingga 2.3 juta orang untuk melihat streaming langsung dari ruang persidangannya pada 7 Juli 2010. Lindsay dikenai hukuman 90 hari penjara dan 90 hari rehabilitasi untuk keonaran yang diperbuatnya.

Dr. Conrad Murray di tahun 2011.

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi InternasionalYoutube

Masih ingat dengan kasus tuduhan dokter yang menangani mendiang Michael Jackson, dong? Yeap. HLN berusaha untuk menyabet rating tertinggi dengan menayangkan persidangan Dokter Conrad Murray dari awal hingga akhir. Dokter Conrad sendiri didakwa membunuh King of Pop tersebut. Dan nggak heran, tayangan ini berhasil menaikkan rating HLN hingga 98% di bulan Oktober 2011 dengan jumlah penonton langsung hingga 2,1 juta!

Jodi Arias di tahun 2013.

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi InternasionalYoutube

Mirip dengan Jessica, Jodi Arias ditangkap atas tuduhan membunuh orang terdekatnya, lho! Persidangan yang dilaluinya memakan waktu hingga berminggu-minggu. Ditayangkan dalam acara-acara utama stasiun HLN dengan mendatangkan berbagai ahli mulai dari psikolog, ahli hukum, dan sebagainya, persidangan Jodi menghisap perhatian hingga rata-rata 435,000 viewership setiap harinya!

 
Persidangan yang terus menerus diliput memang sering menimbulkan perdebatan. Ada yang bilang nggak penting-penting amat, ada juga yang menganggapnya sangat penting. Bagaimana pun, dengan penayangan ini semoga masyarakat Indonesia semakin teredukasi dalam hal hukum, ya!

Mau karya tulismu diterbitkan oleh IDNtimes.com?

Selain Kopi Sianida, 7 Kasus Hukum Ini Juga Jadi Sorotan Televisi Internasionalcommunity.idntimes.com

Yuk, tulis karya tulismu melalui IDNtimes Community! Cari tahu gimana cara submit artikelmu di sini.

Mutikhadijah Photo Writer Mutikhadijah

A lifetime writer. We are healed by healing each other. Welcome to my thoughts land.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novita Santoso

Berita Terkini Lainnya