Comscore Tracker

Kakao Entertainment dan Spotify Akhirnya 'Baikan'? Ini Faktanya!

Akhirnya bisa didengerin lagi di Spotify #WaktunyaKorea

Isu mengenai kontrak Spotify dan Kakao Entertainment Corp (Sebelumnya Kakao M) sempat viral dan menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen. Hal ini menyebabkan ribuan lagu-lagu KPop hilang dan tidak bisa lagi diputar dalam platfotm Spotify. Artis-artis dan para pendengar yang terdampak pun menyuarakan protesnya di berbagai sosial media.

Akhirnya, pada 11 Maret 2021, Spotify dan Kakao M telah mencapai kesepakatan mengenai kontraknya tersebut. Ini dia fakta-faktanya.

 

1. Kakao Entertainment Corp dan Spotify telah mencapai kesepakatan baru mengenai kontrak lisensi globalnya

Kakao Entertainment dan Spotify Akhirnya 'Baikan'? Ini Faktanya!soompi.com

Pada 11 Maret 2021, Pihak Kakao M dan Spotify akhirnya mencapai kesepakatan baru dan merilis official statement mengenai kontrak lisensi globalnya yang menyebabkan ribuan lagu-lagu Korea Selatan hilang dari platform Spotify.

Kedua perusahaan telah menyelesaikan diskusi mengenai pembaharuan kontrak lisensi globalnya. Hasil dari kesepakatan tersebut adalah bahwa lagu-lagu di bawah lisensi Kakao Entertainment akan kembali tersedia dalam platform Spotify di berbagai negara, termasuk Korea Selatan.

Baca Juga: Fakta Lagu KPop Hilang di Spotify hingga KDrama yang Ratingnya Rendah

2. Pada 11 Maret 2021, Kakao Entertainment Corp memberi pernyataan resmi kepada media

Kakao Entertainment dan Spotify Akhirnya 'Baikan'? Ini Faktanya!pngitem.com

Kakao Entertainment Corp akhirnya memberi pernyataan resmi tentang kesepakatan baru dengan Spotify mengenai pembaharuan kontrak lisensi globalnya.

Kakao Entertainment Corp. (Sebelumnya Kakao M) telah meraih kesepakatan dengan Spotify dan akan memunculkan kembali konten-konten musiknya ke dalam platform Spotify di berbagai negara termasuk Korea Selatan secara berangsur. Melalui kerjasama dengan berbagai pihak di seluruh dunia termasuk dengan Spotify, Kakao Entertainment berharap bahwa para penikmat musik bisa mengakses konten-konten musik dari berbagai musisi untuk menikmati KPop. Kakao Entertainment akan selalu berkomitmen terhadap pertumbuhan industri musik Korea dan akan selalu melindungi hak-hak para musisi, dan labels untuk kedepannya.

3. Pihak dari Spotify juga buka suara atas kesepakatan baru ini dalam pernyataan resminya

Kakao Entertainment dan Spotify Akhirnya 'Baikan'? Ini Faktanya!newsroom.spotify.com

Spotify juga buka suara mengenai kesepakatan barunya atas kontrak lisensi global dengan Kakao Entertainment Corp dalam pernyataan resminya pada 11 Maret 2021.

Kami sangat senang dengan fakta bahwa konten-konten musik dari musisi di bawah naungan Kakao Entertainment Corp. telah bisa diakses kembali di Spotify, membuat lebih dari 345 juta pendengar global dari 170 negara untuk dapat kembali menikmati musik favorit mereka. Tujuan utama kami ialah untuk selalu menghubungkan para musisi dan penggemarnya di berbagai belahan dunia, dan memberikan akses mudah kepada pendengar terhadap berbagai musik di dunia. Kami juga merasa senang bahwa akhirnya pengguna Spotify dari Korea telah dapat menikmati lagu-lagu yang ada dalam platform kami. Kami akan selalu berkomitmen untuk membuat dampak positif dalam industri musik Korea melalui kerjasama kami dengan para musisi dan labels.

Yeay! Akhirnya sekarang kalian udah bisa dengerin lagi lagu KPop favorit di Spotify mulai hari ini!

Baca Juga: ARMY Ikut Sedih, 6 Lagu Kolaborasi Member BTS Ini Dihapus dari Spotify

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya