Comscore Tracker

7 Film ini Jadikan Lagu Queen Sebagai Soundtrack, Ada 'Baby Driver'!

Dari horror hingga kartun, Queen tetap favorit #IDNTimesHype

Demi mendapat sebuah hasil karya yang memuaskan, tidak jarang rumah produksi membayar mahal musisi unggulan yang dianggap pantas untuk menyanyikan lagu guna dijadikan sebagai soundtrack. Namun, tak jarang pula para tim produksi tidak ingin repot dengan menggunakan lagu-lagu dari musisi yang sudah lebih dulu rilis.

Queen, grup band senior asal Inggris yang lagu hits-nya kerap muncul di beberapa film Hollywood terkenal adalah salah satu contohnya. Nah, ulasan di bawah ini akan membahas tentang 7 film barat yang jadikan lagu band Queen sebagai soundtrack. Kalau lebih ingin tahu lebih dalam, simak ulasannya ya! Siapa tahu ada film kesukaanmu masuk dalam daftar di bawah ini.

1. Wayne's World (1992) - Bohemian Rhapsody

https://www.youtube.com/embed/OIuhsHpcNAU

Film bergenre komedi ini bercerita tentang dua orang sahabat, Wayne Campbell (Mike Myers) dan Garth Algar (Dana Carvey), yang berusaha untuk membuat acara televisi bertajuk Wayne's World yang mereka berdua bintangi menjadi terkenal secara luas. Selain akting para tokoh yang bisa buat ketawa terbahak-bahak, film Wayne's World menjadikan salah satu lagu hits Queen berjudul Bohemian Rhapsody sebagai lagu pembuka adegan film.

Tahukah kalian, bahwa pada awalnya tim produksi memilih band Gun N' Roses, namun oleh Myers sendiri, ia lebih memilih Bohemian Rhapsody untuk ditampilkan. Kabarnya juga, film yang rilis pada paruh awal tahun 1992 ini sudah dilihat oleh Freddie Mercury beberapa bulan sebelum ia wafat saat adegan Wayne menyetel lagu Bohemian Rhapsody di dalam mobil kemudian ia dan Gart melakukan head banging.

2. Peter's Friends (1992) - You're My Best Friend

https://www.youtube.com/embed/PV9i0nEZ9o8

Lagu ciptaan personil Queen termuda, John Deacon, yang berjudul You're my Best Friend juga turut hadir menjadi pengisi soundtrack dalam sebuah film komedi asal Inggris, Peter's Friends. Tayang di tahun sama seperti film Wayne's World, Peter's Friends memiliki jalan cerita mengenai enam sahabat yang terpisah selama sepuluh tahun setelah lulus dari bangku kuliah dan kembali bertemu saat pesta tahun baru. 

Dibintangi oleh Stephen Fry sebagai Peter Morton, film ini mendapat rating 7/10 versi IMDB dengan 10ribu voting dan menjadi film paling banyak ditonton saat libur akhir tahun. 

3. High Fidelity (2000) - We Are The Champions

https://www.youtube.com/embed/OA9gPtWDiww

We Are The Champions merupakan salah satu lagu andalan Queen dalam album News of the World yang ditulis oleh Freddie Mercury. Lagu tersebut juga muncul dalam adegan film yang bergenre komedi romantis yang dibintangi oleh John Cusack, Iben Hjejle dan aktor sekaligus komedian terkenal Jack Black.

Tayang pada 31 Maret tahun 2000, High Fidelity mengisahkan seorang pengusaha toko musik sukses bernama Rob Gordon (John Cusack) yang selalu memiliki akhir perpisahan yang buruk bersama para mantannya karena sifat tidak pengertiannya. 

Baca Juga: Tak Kalah Menawan, 12 Potret Masa Muda Roger Taylor Drummer Band Queen

4. Ella Enchanted (2004) - Somebody to Love

https://www.youtube.com/embed/SN8hW7AeoQI

Anne Hathaway tidak pernah membuat penonton kecewa dengan aktingnya dalam berbagai genre film. Selain piawai dalam memainkan perannya, Anne jugalah memiliki suara yang merdu. Pembuktiannya dalam seni vokal ia tunjukkan saat Anne bermain dalam film fantasi Ella Enchanted dengan membawakan lagu Somebody to Love milik Queen. 

Film yang resmi tayang di seluruh bioskop Amerika pada tanggal 9 April 2004 ini, merupakan film fantasi romantis yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Gail Carson Levine terbitan tahun 1997. Mempunyai plot cerita yang unik karena berlatar belakang kerajaan di dunia dongeng, film ini cocok untuk kamu tonton bersama keluarga saat liburan akhir tahun nanti!

5. Shaun of the Dead (2004) - Don't Stop Me Now

https://www.youtube.com/embed/W4tVH7BPb-Q

Film horror komedi yang disutradarai oleh Edgar Wright serta naskahnya ditulis oleh Simon Pegg sekaligus pemeran utama dalam film ini, menampilkan lagu Queen berjudul Don't Stop Me Now sebagai backsound saat adegan perkelahian paling ikonik melawan zombie-zombie ganas.

For your information, sebagai penggemar berat Queen, sutradara Edgar Wright memilih sendiri salah satu lagu hits andalan dalam album Jazz (1978) tersebut dengan alasan karena memiliki tempo nada yang cepat dan memberi semangat para aktor untuk melakukan adegan perkelahian melawan zombie.

Faktanya, sebelum Wright menggunakan lagu ciptaan Freddie Mercury itu dalam filmnya, ia terlebih dahulu menulis surat permohonan kepada Brian May untuk meminta izin kepada sang lead gitaris Queen untuk menampilkan lagu Don't Stop Me Now.

6. Sing (2016) - Under Pressure

https://www.youtube.com/embed/ccug6fRzHYg

Bersama dengan David Bowie, lagu Under Pressure yang terdapat dalam album Hot Space (1982) menjadi lagu fenomenal yang dinyanyikan oleh dua musisi bertalenta asal Inggris dan membuat penggemar takjub akan hasil karya kolaborasi mereka. Seakan tak pernah lekang oleh waktu, Under Pressure juga masuk dalam daftar soundtrack film animasi Sing (2016) sebagai tracklist nomor 12.

Bahkan, lima tahun sebelum film Sing rilis, film animasi musikal lainnya yang juga bertemakan hewan berjudul Happy Feet Two (2011) ada menyanyikan kembali lagu Under Pressure dalam salah satu adegannya.

7. Baby Driver (2017) - Brighton Rock

https://www.youtube.com/embed/WOlN2a5jPhM

Bukan hanya lagu '39, Fat Bottomed Girls dan Who Wants Live Forever saja yang menjadi lagu ciptaan Brian May yang terkenal. Brighton Rock, hasil karya ciptaan May lainnya yang terdapat dalam album Sheer Heart Attack juga membuat tim produksi film Baby Driver (2017) menjadikan lagu tersebut sebagai sebuah soundtrack.

Dibintangi oleh Ansel Elgort dan Lily James, film yang mengambil genre aksi ini ternyata juga disutradarai oleh Edgar Wright. Wah, ternyata Wright ini memang penggemar band Queen garis keras, ya? Bahkan disetiap film yang ia sutradarai, pasti tidak lepas dari Queen untuk mengisi soundtrack film yang ia garap.

Walaupun sang lead vokalis, Freddie Mercury, sudah tiada hampir 30 tahun silam, tapi suara merdu dengan karakter yang powerful tetap bisa didengar oleh para penggemar sampai sekarang karena selalu diputar di mana-mana. Tetap jaya selalu untuk band Queen!

Baca Juga: Band Queen akan Dihidupkan Kembali Lewat Film "Bohemian Rhapsody"

Cacha Aliescha Photo Verified Writer Cacha Aliescha

Instagram : alieschaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya