Comscore Tracker

7 Tempat Bersejarah Ini Pernah Jadi Panggung BTS, Legends!

Siapa yang mengira jika gedung PBB bisa jadi tempat perform?

BTS memang selalu membuat penggemar hingga non penggemar takjub dengan berbagai pencapaian yang telah mereka buat. Menjadi grup global yang saat ini paling banyak dibicarakan, sudah bukan rahasia lagi jika kepopuleran BTS tidak hanya di Korea saja, tetapi juga meliputi mancanegara.

Besarnya pengaruh mereka terbukti dengan beberapa penampilan ikonik grup beranggotakan tujuh orang ini. Mereka berhasil tampil di sejumlah tempat bersejarah. Mulai dari yang ada di negeri asalnya Korea Selatan, hingga di luar negeri.

Ini dia sejumlah tempat bersejarah yang pernah dijajaki BTS untuk membawakan aksi panggung mereka. Baca selengkapnya, ya!

1. Grand Residence Geunjeongjeon di Istana Gyeongbokgung

https://www.youtube.com/embed/MXFkjMNXfpY

Di bulan Oktober 2020, BTS menjadi bintang tamu untuk The Tonight Show Starring Jimmy Fallon. Mereka menunjukkan penampilan dari sejumlah lagu hits, salah satunya "IDOL". Lagu yang menggabungkan instrumen khas Korea dengan pop ini semakin terdengar outstanding saat dinyanyikan di Istana Gyeongbokgung.

Ini adalah salah satu situs paling bersejarah di Korea yang mulai dibuka sejak tahun 1395. Istana tersebut menjadi salah satu istana utama di Dinasti Joseon hingga tahun 1895. Kediaman Agung ini semacam podium besar tempat raja membuat pengumuman hingga menyapa para tamu besar yang datang.

2. Paviliun Gyeonghoeru di Istana Gyeongbokgung

https://www.youtube.com/embed/oYpUZjxJOVg

Tidak hanya di satu tempat dalam kompleks Istana Gyeongbokgung saja, RM dan kawan-kawan juga mendapatkan kesempatan tampil di Paviliun Gyeonghoeru. Area ini diketahui didirikan pada tahun 1412 untuk menjamu makan malam kerajaan yang sangat besar.

Bangunan paviliun ini dibangun terutama dari kayu dan batu. Ada sejumlah 48 pilar kayu di sini yang menambah penampilan lagu "Mikroskosmos" yang terdengar memesona. Apalagi, suasana malam dan permainan cahayanya semakin membuat lagu ini terdengar magical.

3. Museum Nasional Korea

https://www.youtube.com/embed/ErTgtL1Tjns

Di tahun 2020 lalu, BTS dipercaya membawakan pidato untuk "Dear Class of 2020". Selain itu, mereka juga membawakan "Boy With Luv", "Spring Day", hingga "Mikroskosmos" di salah satu lokasi bersejarah lainnya, yakni Museum Nasional Korea.

Gedung ini mulai dibuka sejak tahun 1909 dan menjadi tempat yang menyimpan banyak sejarah. Bagian gedung yang digunakan BTS sebenarnya adalah situs yang paling baru dibuat, yakni Yongsan Family Park. Bernyanyi di outdoor, ketujuh member bernyanyi dengan latar cakrawala Seoul yang indah.

Baca Juga: Ada Jimin BTS, 10 Artis Korea yang Berdonasi di Tahun 2021

4. Bandara Incheon

https://www.youtube.com/embed/J8fQMq4T8Yg

Tak kalah memukau, BTS menampilkan lagu terpopuler mereka, yaitu "Dynamite" di aula bandara. Seluruh tempat ini bahkan disewa untuk penampilannya dalam talk show The Late Late Show with James Corden.

Dengan lighting yang memukau, penampilan BTS semakin bersinar. Mereka menari dengan leluasa di bandara terbesar di Korea tersebut hingga menaiki salah satu pesawat dengan layanan kelas atas dan perform di dalamnya.

5. Jembatan Piala Dunia

https://www.youtube.com/embed/xPG0yUm2giQ

Pada 14 Juli 2021, BTS kembali ke acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon dengan menampilkan lagu "Butter". Buat takjub, mereka menampilkan lagu pemecah rekor Billboard Hot 100 tersebut di atas Jembatan Piala Dunia, Korea Selatan.

Jembatan tersebut mulai dibangun sejak 2010 lalu di atas Sungai Han, menjadi penghubung untuk Mapo dan Yeongdeungpo. Semakin istimewa, BTS berkesempatan tampil di sana bahkan sebelum Jembatan Piala Dunia ini resmi dibuka untuk umum.

Perusahaan konstruksi jembatan memeriksanya hingga tiga kali dan membersihkannya sampai siap digunakan. Berkat BTS, jembatan yang mulai terlupakan ini kembali diingat dan menjadi tempat yang ikonik. Hal ini juga membuktikan bahwa boy group tersebut merupakan kebanggaan Korea Selatan.

6. Grand Central Terminal, New York

https://www.youtube.com/embed/MZh-w2nysuI

Tidak hanya menggunakan tempat bersejarah di dalam negeri, BTS juga berhasil menampilkan lagu "ON" milik mereka di tempat bersejarah di New York. Mereka tampil penuh percaya diri dan energik di Grand Central Terminal, New York, Amerika Serikat. Penampilan ini semakin ikonik karena aula mewah ini telah berkali-kali dilihat di berbagai film ternama.

Berlokasi di Manhattan, gedung ini pertama kali dibuka sekitar tahun 1900-an. Sejak saat itu gedung ini telah menyambut tamu dari berbagai negara hampir dari seluruh penjuru dunia. BTS tampil di bagian gedung paling ikonik, yaitu Main Concourse. 

7. Markas Besar PBB

https://www.youtube.com/embed/U0gaYpGfKRo

Baru-baru ini BTS membuat publik kaget karena membawakan lagu "Permission to Dance" di Markas Besar PBB, New York pada Senin (20/9/2021). Sebelum menyampaikan pidatonya sebagai utusan istimewa kepresidenan Korea Selatan, mereka lebih dahulu mengambil alih aula PBB ini.

Tampil karismatik dengan setelan jas hitam putih, BTS berhasil menyulap Markas PBB sampai ke halamannya sebagai panggung yang memukau. Bahkan, di taman depan gedung tersebut, BTS mengajak orang-orang untuk ikut menari. Bikin merinding!

BTS memang selalu totalitas dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para penggemarnya. Tak heran, jika Presiden Moon Jae In mengatakan BTS adalah artis global terbesar pada generasi ini. Pengaruh baik mereka pun telah diakui di dunia.

Baca Juga: 5 Fakta Lagu Coldplay X BTS, My Universe yang Candunya Kelewatan

Nadhifa Salsabila Kurnia Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya