Comscore Tracker

5 Tips Jadi YouTubers Hits dari Creative Lead Google Indonesia, Mantap

Yang mau jadi the next Atta Halilintar nih!

Menjadi panggung pertama selaku Creative Lead Google Indonesia, Ishak Reza membagikan banyak tips menarik dalam acara Youtube Brandcast. Memulai perjalanan kariernya 12 tahun lalu sebagai packaging designer, lalu pindah bergabung di creative agency pada tahun 2009.

Kini, fokus Reza adalah berkolaborasi dengan brand dan creative agency untuk menciptakan kampanye iklan yang kreatif dan juga efektif. Dalam ngobrol santai bersama Reza, dirinya berbagi tips, cerita dan pesan buat para konten kreator khususnya kamu dari generasi millennial dan gen z. Yuk simak obrolan bersama Ishak Reza!

1. Potensi dan minat besar dari food and travel

5 Tips Jadi YouTubers Hits dari Creative Lead Google Indonesia, MantapIDN Times/ Nadia Umara

Siapa sangka, ternyata konten yang disukai sama anak generasi millenial dan gen z adalah food and travel sampai saat ini. "Kata kunci pencarian tertinggi memang datang dari food and travel, dari food ada boba." Peningkatan kata kunci boba terjadi begitu salah satu video dari YouTubers yaitu Ria SW sedang jalan-jalan sambil review minuman boba.

"Saya juga heran kenapa boba bisa jadi trending. Sampai-sampai banyak eksperimen pakai boba di YouTube lho," tambahnya.

Konten beauty juga menempati tempat teratas di pencarian, "Antara food and travel dan beauty tuh sama-sama menarik penonton baik cowok maupun cewek. Sama rata," ujar Reza.

2. Definisi konten yang kreatif menurut Reza

5 Tips Jadi YouTubers Hits dari Creative Lead Google Indonesia, MantapIDN Times/ Nadia Umara

Mungkin dari kamu sudah niat mau bikin suatu video tapi masih ada perasaan ragu atau takut, bertanya-tanya, "Kira-kira ini sudah bagus belum ya?" Atau "Sebenarnya ini video berfaedah gak sih?" Yuk temukan jawabannya sekarang! 

Reza menjelaskan bahwa, "Video yang kita anggap kreatif itu adalah yang mempunyai value buat yang nonton. Apakah itu menghibur, memberikan pengetahuan baru, atau sebagainya. Selain itu,dapat membuat penonton merasakan dan melakukan sesuatu setelah menonton video tersebut. Video yang mempunyai dampak inilah yang kita sebut kreatif."

Baca Juga: 7 Fakta Seputar YouTube Kids, Apakah Aman untuk Anak-anak? 

3. Konten kreator yang di-notice Reza

5 Tips Jadi YouTubers Hits dari Creative Lead Google Indonesia, MantapIDN Times/ Nadia Umara

Sudah berpengalaman di dunia kreatif, tentu saja Reza mempunyai konten kreator favorit nih guys. Ada yang bisa nebak gak siapa sih sosok yang dikagumi Reza selama ini? "Mungkin jarang orang tahu, namanya Cine Crib," jawabnya.

Buat kamu yang belum tahu siapa itu Cine Crib, singkatnya channel tersebut me-review film-film baik lokal maupun internasional. Lho, hanya review film saja kok bisa ya Reza suka dengan Cine Crib?

"Mereka membahas film dari sudut pandang mereka, memang gak terlalu kritis namun penyampaiannya yang unik dan jujur membuat saya suka sama Cine Crib," jelas Reza. Bisa dong sekali-kali Reza berkolaborasi bareng Cine Crib untuk review film?

4. Komentar Reza tentang banyaknya anak muda yang minat menjadi Youtubers

5 Tips Jadi YouTubers Hits dari Creative Lead Google Indonesia, MantapIDN Times/ Nadia Umara

Sudah sering terdengar di telinga Reza bahwa anak-anak gen z banyak yang ingin menjadi YouTubers, hal ini dikarenakan melihat penghasilan konten kreator yang bisa melebihi pekerja kantoran. "Banyak yang ingin jadi YouTubers karena penghasilannya sangat tinggi. Tapi banyak juga konten kreator yang gagal lho," ujar Reza.

"Kita gak tahu kapan ada titik baliknya, dunia YouTube sudah kayak bola salju. Kalau kontennya sudah bagus, ya ke depannya akan lebih bagus lagi," sambungnya.

5. Tips sederhana dari Reza buat kamu yang masih ingin berjuang

5 Tips Jadi YouTubers Hits dari Creative Lead Google Indonesia, MantapIDN Times/ Nadia Umara

Seperti yang dikatakan Reza di atas, kalau gak sedikit juga konten kreator yang mengalami kegagalan. Lalu tips apa sih yang ingin Reza bocorkan? Singkat saja lho, kuncinya adalah sabar guys.

"Banyak lakuin riset. Jangan cuman ikutin tren saja, tapi karyanya juga original, kita harus mencari uniknya kita itu di mana," jelas Reza. 

Reza juga menambahkan, "Seandainya gak ada yang nontonin video pun, ya harus tetap semangat. Buat konten yang kira-kira kalau dikerjain itu bawaannya selalu semangat, walaupun gak ada yang nonton."

Itu dia guys cerita dan juga pesan dari Ishak Reza buat kamu yang ingin menjadi konten kreator. Ingat ya guys jangan langsung menyerah kalau belum ada yang nonton video kamu. Semangat terus, pantang mundur!

Baca Juga: Anti Skip Club, Inilah 10 Iklan Terpopuler Versi YouTube

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo

Just For You