Comscore Tracker

Bisa Cari Lagu Lewat Lirik Saja, Ini 5 Kelebihan YouTube Music

Ini dia yang paling ditunggu

7 November 2019 lalu, YouTube telah meluncurkan YouTube Music, termasuk di Indonesia. Rabu (20/11) YouTube merayakan peluncuran YouTube Music sekaligus YouTube Premium yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta. 

Mengundang sejumlah musisi tanah air, perayaan yang bertajuk "Journey Into The New World Ini" juga menghadirkan beberapa narasumber termasuk musisi dari luar negeri yaitu James Arthur. Yuk simak seputar YouTube Music dan komentar dari musisi yang hadir sebagai pembicara dalam acara ini, keep scrolling guys!

1. Temukan lagu yang kamu cari lewat lirik

Bisa Cari Lagu Lewat Lirik Saja, Ini 5 Kelebihan YouTube Music(Tengah) Adam Smith selaku VP of Product Management YouTube dalam "Journey Into The New World of Music" di Jakarta. 20 November 2019. IDN Times/Nadia Umara

Apa itu YouTube Music? Yups, YouTube Music ini merupakan aplikasi streaming platform khusus untuk mendengarkan musik. "Melihat tingginya antusias penikmat musik di Indonesia, kehadiran YouTube Music diharapkan menjadi rumah yang memberikan pengalaman baru dalam menikmati musik agar lebih personal," ujar Adam Smith selaku VP of Product Management YouTube. 

Selain itu, kamu bisa menikmati semua genre musik di aplikasi ini dan menemukan ribuan lagu di dalamnya. Jangan khawatir guys, kesulitanmu untuk mencari lagu bisa dengan mudah ditemukan melalui YouTube Music. "Jika kamu tahu liriknya tapi gak tahu judul lagunya, di YouTube Music terdapat fitur penelusuran pintar di mana kamu hanya perlu menulis lirik lagu yang kamu dengar meskipun kamu salah menulis liriknya," tambahnya. 

2. Mau mendengarkan musik tanpa iklan? YouTube Music tawarkan harga berlangganan per bulannya

Bisa Cari Lagu Lewat Lirik Saja, Ini 5 Kelebihan YouTube MusicAdam Smith selaku VP of Product Management YouTube dalam "Journey Into The New World of Music" di Jakarta. 20 November 2019. IDN Times/Nadia Umara

Adam Smith selaku VP of Product Management YouTube mengatakan bahwa pengguna YouTube Music juga dapat berlangganan untuk aplikasi ini tanpa muncul iklan. "Untuk berlangganan YouTube Music per bulannya adalah Rp49 ribu sedangkan YouTube Premium Rp59 ribu. Tidak ada pengaruh kualitas bagi yang berlangganan maupun tidak, kualitas suara sama-sama bagus," ucapnya.

Lalu, benefit apa saja yang didapatkan kalau kamu menjadi pengguna berlangganan? Selain bebas dari iklan, kamu juga akan mendapatkan benefit mendengarkan di latar belakang dan dapat mengunduh videonya. Oh iya guys, di aplikasi ini, kamu juga dapat memilih mode audio atau video sampai menonton konser live, lho. Asyik banget ya!

Baca Juga: 10 Potret Rio Ramadhan, Pacar Online YouTuber Kekeyi yang Lagi Viral

3. Pertama kali ke Indonesia, James Arthur beberkan makanan lokal kesukaannya

Bisa Cari Lagu Lewat Lirik Saja, Ini 5 Kelebihan YouTube Music(Tengah) James Arthur dalam "Journey Into The New World of Music" di Jakarta. 20 November 2019. IDN Times/Nadia Umara

Pelantun lagu "Say You Won't Let Go", James Arthur untuk pertama kalinya ini ke Jakarta. "Ini pertama kalinya saya ke Indonesia dan ya masih terasa jet lag-nya," ucapnya sambil tertawa. "Saya suka dengan orang-orang di Indonesia, mereka menyenangkan. Oh, saya juga suka makanan Indonesia, gado-gado karena saya vegetarian," tambahnya.

Selain bercerita tentang kedatangannya ke Indonesia, James Arthur juga menceritakan tentang inspirasi di single terbarunya yang berjudul "Quite Miss Home". "Lagu tersebut terinspirasi dari kehidupan kakakku sendiri," ucapnya. Kamu sudah dengar lagunya belum nih?

4. Sherly Sheinafia ceritakan pengalaman kakaknya

Bisa Cari Lagu Lewat Lirik Saja, Ini 5 Kelebihan YouTube Music(Tengah) Sheryl Sheinafia sebagai performance dalam "Journey Into The New World of Musik" di Jakarta. 20 November 2019. IDN Times/Nadia Umara

Sheryl Sheinafia, sebagai salah satu musisi yang tampil sebagai performance di "Journey Into The New World of Music", tidak bisa menahan rasa bahagianya. "Aku sangat senang, persiapan untuk penampilanku di acara ini yaitu menyiapkan lagu tahun 90-an," ucapnya.

Sheryl juga menceritakan tentang kehadiran YouTube Music yang berpengaruh besar bagi anggota keluarganya. "Kakakku mengidap autism, ketika ada aplikasi ini tuh sangat membantu buat dia menemukan lagu yang dia cari. Terutama kalau mencari judul lagu, bisa lewat lirik lagu nyarinya, jadi memudahkan," tambahnya.

5. Gamelawan jadikan YouTube Music sebagai sumber inspirasi baru

Bisa Cari Lagu Lewat Lirik Saja, Ini 5 Kelebihan YouTube Music(Kanan) Awan 'Gamelawan' sebagai performance dalam "Journey Into The New World of Musik" di Jakarta. 20 November 2019. IDN Times/Nadia Umara

Sama dengan Sherly Sheinafia, Awan 'Gamelawan' sebagai content creator yang tampil di acara "Journey Into The New World of Music" ternyata deg-degan lho bisa bertemu langsung dengan James Arthur. "Duduk di sini sama mereka deg-degan. Untuk persiapan penampilanku nanti malam, aku menyiapkan lagu 70-an. Kalau menurutku kehadiran YouTube Music ini bisa menemukan inspirasi baru untuk bermusik," ucapnya.

Itulah 5 fakta tentang YouTube Music, memudahkan banget deh untuk kamu mencari dan eksplor musik. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Miliki Subscriber di Atas 1 juta, 5 Beauty YouTuber ini Tajir Melintir

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo

Just For You