Comscore Tracker

Gundala, Film Superhero Asli Indonesia Garapan Joko Anwar

Dibintangi Abimana hingga Rio Dewanto

Guys, mau nanya nih, siapa sih tokoh superhero favorit kalian? Kamen Rider? Spiderman? Atau Thor? Kalau superhero yang satu ini udah belum tahu? Namanya Gundala. Gundala merupakan superhero asal Indonesia lho, guys.

Gundala berasal dari komik ciptaan Hasmi yang muncul pada tahun 1969. Komik itu kemudian diadaptasi menjadi film pada tahun 1981 yang disutradarai oleh Lilik Sudjio. Selang 29 tahun kemudian, Gundala kembali dibuat ulang filmnya. Kali ini Joko Anwar dipercaya sebagai sutradara film yang akan tayang pada 29 Agustus mendatang.  

Film "Gundala" tahun 2019, dibintangi oleh beberapa artis terkenal Tanah Air, seperti Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, Ario Bayu, dan Rio Dewanto. Selain itu, film ini juga melibatkan 1.800 orang, wow banyak banget ya.

Pada Sabtu (15/6) IDN Times diberikan kesempatan untuk mengahadiri Meet and Greet cast "Gundala" sekaligus Joko Anwar di Mall Taman Anggrek Jakarta. Simak keseruannya berikut ini.

1. Adaptasi dari versi komik ke film yang ternyata sangat sulit

Gundala, Film Superhero Asli Indonesia Garapan Joko AnwarIDN Times/Nadia Umara

Diambil dari komik Gundala, kali ini Joko Anwar akan membuat dalam versi filmnya. Walaupun film "Gundala" pernah tayang pada tahun 1982, pengemasan film "Gundala" pada 2019 tidak kalah kerennya dengan versi komik maupun film sebelumnya.

Joko Anwar mengatakan, film "Gundala" ini dikemas dengan gaya yang lebih modern dengan teknologi efek CGI (Computer Generated Imagery). Gak kalah kerennya dengan film superhero bertara internasional lho, guys! 

"Film ini harus bisa dinikmati sama orang zaman sekarang. Harus mempertahankan spirit walaupun beda jaman," tambahnya.

2. Apresiasi dari fans yang ngebuat Tara Basro merinding

Gundala, Film Superhero Asli Indonesia Garapan Joko AnwarIDN Times/Nadia Umara

Ternyata fans dari superhero Gundala ini memiliki antusias yang sangat tinggi. Ini terbukti dari fan art yang telah di publish ke media sosial seperti instagram @gundalaofficial, sekitar kurang lebih 900 orang membuat fan art dari tokoh Gundala ini.

"Ini Tara sampai berkaca-kaca, nangis, katanya 'kok mereka baik banget ya, Bang?'" ujar Joko Anwar.

Selain di instagram, penggemar juga membuat video dengan konten fans teory, di mana biasanya mereka akan menerka-nerka seperti apa isi dari film "Gundala" terbaru ini. Wah, untuk fans Gundala, siap-siap bakal ada kejutan nih di bulan Juli, ketika komik Gundala akan terbit.

Baca Juga: 6 Fakta Gundala Si Superhero Asli Indonesia yang Jarang Diketahui

3. Banyak yang bisa bikin penasaran soal film "Gundala"

Gundala, Film Superhero Asli Indonesia Garapan Joko AnwarIDN Times/Nadia Umara

Bukan hanya teknologi efek CGI saja yang bakal membuatmu kagum dengan film ini. Kamu juga bisa merasa satu frame dengan para pemainnya, lho. Selain itu, sebanyak 1.800 orang berpartisipasi dalam pembuatan fim "Gundala". 

Joko Anwar mengungkapkan, sebenarnya dia sangat suka dengan superhero dan telah lama menjadi fans Gundala. Karena itulah, dia merasa bangga bisa andil dalam pembuatan film ini.

"From fans to fans", tambahnya.

Sayangnya, Joko Anwar belum bisa bocorin lebih dalam gimana peran masing-masing dari para cast, seperti Abimana Aryasatya dan Tara Basro. Wah, semakin dibuat penasaran, nih.

4. Abimana dan Tara kompak lakukan physical training

Gundala, Film Superhero Asli Indonesia Garapan Joko AnwarIDN Times/Nadia Umara

Abimana bercerita bahwa 90 persen adegan dalam film ini dimainkan oleh dirinya. "Kecuali kalo yang salto ya. Kalo salto sih, pake stuntman," katanya.

Dalam film ini Abimana berperan sebagai Sancaka yang menjadi tokoh utama. Ketika memerankan Sancaka, dia mengaku sampai belajar bela diri agar bisa lebih memperdaam karakter Sancaka.

Sementara itu, Tara Basro juga mengikuti physical training untuk memaksimalkan karakter dalam film ini. Akan tetapi, Tara masih enggan bercerita detail soal perannya dalam film "Gundala".

5. Harapan ke depannya untuk Gundala

Gundala, Film Superhero Asli Indonesia Garapan Joko AnwarIDN Times/Nadia Umara

Joko Anwar memiliki sedikit ketakutan ketika membuat film ini. Pasalnya, dia harus membuat film "Gundala" jauh lebih sukses dibanding film yang pernah ia sutradarai. Proses dari syuting film ini juga memakan waktu yang lama, sekitar 2 tahun. Karena itulah, Dia berharap masyarakat Indonesia mampu memberikan dukungan untuk film "Gundala".

"Film ini Indonesia banget!" tambahnya.

Itulah keseruan meet and great cast Gundala di Jakarta. Kamu sudah menonton trailer film "Gundala"?

https://www.youtube.com/embed/SdAhF3NYvk4

Baca Juga: Superhero Indonesia, 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Film Gundala

Topic:

  • Nadia Umara
  • Edwin Fajerial

Just For You