Comscore Tracker

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya 

Dikenal tanggung jawab, 2PM hingga iKON kehilangan leader

Sebagian besar boyband dan girlband KPop memiliki satu orang yang dipercayai untuk menjadi leader dalam timnya, namun ada juga grup yang tidak memiliki posisi pemimpin tersebut. Bukan sekadar menghibur fans, tugas seorang leader dalam mengatur timnya agar lebih baik juga tidak mudah.

Dikenal sebagai leader yang bertanggung jawab, hal tidak mengenakan justru menimpa beberapa boyband dan girlband ini. Mulai dari skandal hingga kontrak berakhir, para pemimpin grup ini memilih untuk meninggalkan grup mereka. Berikut adalah nama-namanya.

1. Jay Park

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya instagram.com/jparkitrighthere

Park Jaebum atau dikenal dengan nama panggungnya, Jay Park, memulai kariernya di industri musik Korea Selatan bersama dengan boyband dari JYP Entertainment, 2PM. Pria kelahiran Seattle, Washington tersebut sayangnya harus meninggalkan grup dan agensinya pada awal bulan September 2009 lalu karena kontroversi komentar negatif yang ditulis Jay Park pada akun media sosialnya di masa lalu. 

Setelah keluar dari 2PM, pada tahun 2013 ia kembali bangkit dan membangun sebuah label rekaman yang bernama AOMG. Berkat kerja kerasnya, Jay Park mampu membuktikan bahwa ia tetap bisa melanjutkan kariernya sebagai musisi, ditemani penyanyi AOMG lainnya, seperti Gray, Loco, Simon Dominic, Hoody, dan masih banyak lagi.

2. Zico

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya instagram.com/woozico0914

Pemilik nama asli Woo Jiho ini merupakan leader sekaligus rapper dari boyband Block B. Selama bersama dengan teman-teman grupnya sejak tahun 2011, Zico dinilai oleh KPopers sebagai pemimpin yang jenius, bahkan ia mampu membuat lagu-lagu yang easy listening

7 tahun merasakan jatuh bangun bersama keenam temannya hingga akhirnya di tahun 2018 Zico memilih untuk debut sebagai penyanyi solo dan ia resmi keluar dari Block B. Setahun setelahnya, pria kelahiran tahun 1992 tersebut membangun label rekaman KOZ Entertainment. Zico mampu membuktikan namanya tetap eksis di industri musik saat single Any Song resmi dirilis dan menjadi trending di beberapa negara. 

3. Bang Yongguk

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya instagram.com/bangstergram

Bang Yongguk mengawali kariernya di tahun 2007 dengan menjadi bagian dari grup hip-hop, Soul Connection. Bakat dalam rappernya ini kemudian dilirik oleh TS Entertainment, membuat Yongguk akhirnya bisa debut bersama dengan B.A.P pada tahun 2012.

Dua tahun setelah debut, anggota B.A.P menggugat pihak TS Entertainment selaku agensi yang menaunginya dikarenakan mendapat perilaku tidak adil dan pembagian laba yang merugikan pihak Yongguk dan kawan-kawan. Setelah masalah tersebut mereda, kabar tidak menyenangkan kembali datang begitu sang leader, Yongguk, memilih untuk tidak melanjutkan kontrak dan keluar dari B.A.P.

4. Kim Hanbin

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya instagram.com/withikonic

Keluarnya Kim Hanbin dari grup yang membesarkan namanya, iKON menjadi kabar yang paling menggemparkan di tahun 2019. Pemilik nama panggung B.I ini dikenal oleh fans sebagai leader yang bertanggung jawab dan jenius. 

Bukan tanpa sebab Hanbin keluar dari grupnya tersebut. Pada bulan Juni 2019 lalu melalui berita yang tersebar, cowok kelahiran tahun 1996 tersebut tengah mengalami stres dan mencoba untuk memesan obat terlarang pada salah satu kerabatnya. Meski terbukti tidak jadi mengonsumsi obat terlarang, keputusan Hanbin untuk keluar dari iKON sudah mutlak. 

5. Lim Youngmin

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya instagram.com/ab6ix_official

Saat boyband AB6IX tengah mempersiapkan lagu terbarunya yang akan rilis pada tahun ini, sang leader yaitu Lim Youngmin terlibat dalam kasus mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Sebelum debut dengan AB6IX, Youngmin sudah lebih dahulu dikenal sebagai kontestan Produce 101 season 2 yang berbakat.

Fans sempat berharap dari kejadian ini Youngmin bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagu namun keputusannya untuk keluar dari AB6IX menambah luka mendalam bagi teman-teman dan fans. Kita doakan saja ya Youngmin segera bangkit dari masa lalunya dan kembali bersinar!

Baca Juga: Keluar dari AB6IX, Ini Kronologi Insiden yang Menimpa Lim Young Min

6. Kahi

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya instagram.com/kahi_korea

Jika kamu KPopers sejak tahun 2000-an, pasti tidak asing lagi dengan sosoknya yang satu ini. Park Jiyoung atau dikenal dengan nama lainnya, Kahi. Pada tahun 2009, Kahi menjadi leader dari girlband After School. Bisa dibilang, auranya sebagai pemimpin sangat menonjol saat di atas panggung, gak heran ya kalau fans-nya datang dari berbagai kalangan. 

Di tahun 2012 merupakan momen mengharukan bagi member After School dan fans, Kahi dinyatakan lulus dari grup dan memilih untuk karier solo. Saat ini, wanita berusia 39 tahun tersebut sudah menjadi ibu dari dua anak lho!

7. Min Sunye

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya instagram.com/sunye.m

Selain After School, Wonder Girls merupakan girlband legendaris dari generasi ke-2. Debut di tahun 2007, usaha keras Min Sunye dan kawan-kawannya membuahkan hasil yang sangat memuaskan. 

Akan tetapi, leader Wonder Girls tersebut hanya bertahan di grupnya sampai tahun 2015 saja. Setelah ia menikah dengan James Park, Sunye memilih untuk fokus menjadi ibu rumah tangga. 

8. Viki

Kim Hanbin dan 7 Leader yang Keluar Meninggalkan Grupnya instagram.com/top.eunhye

Kang Eun Hye atau akrab disapa Viki debut bersama girlband asuhan Happy Face Entertainment, Dal Shabet pada 3 Januari 2011. Wanita kelahiran tahun 1988 tersebut dipercayai oleh agensi untuk menjadi leader dalam grupnya.

Perlahan mulai merasakan adanya ketidakcocokan, Viki akhirnya memilih untuk keluar dari Dal Shabet di tahun 2012 dan fokus sebagai penyanyi solo. Selain menjadi penyanyi, Viki juga beberapa kali tampil di layar lebar lho guys dua di antara film yang pernah dibintanginya yaitu Wonderful Radio (2012) dan P.S. Girls (2016). 

Itu dia 8 leader dari boyband dan girlband Korea yang meninggalkan grup. Apapun keputusannya, tetap memberikan dukungan kepada mereka ya guys!

Baca Juga: Terlihat Garang di Panggung, Ini Fakta Unyu Tentang Zico

Topic:

  • Nadia Umara
  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya