Comscore Tracker

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kali

Semangatnya gak luntur!

Ketatnya persaingan di industri musik Korea membuat artisnya harus memiliki talenta lebih dari satu. Dinilai cukup kejam, bagi mereka yang tak mampu mengikuti pasar bisa terancam gagal debut atau terpaksa keluar dari agensi.

Ingin tetap berjuang menjadi idol, acara-acara survival menjadi target utama bagi beberapa orang untuk membuka lembaran barunya atau memilih solo karier. Seperti beberapa idola KPop di bawah ini yang merasakan debut lebih dari satu kali.

1.Kim Samuel dan ONE

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/its_kimsamuel dan instagram.com/onlyoneprivate

Sebelum berpisah, ONE dan Kim Samuel sempat bergabung di grup yang sama yaitu 1Punch. Namun sayangnya, di tahun 2017 Samuel memilih untuk mengikuti Produce 101 Season 2 sementara ONE debut bersama YG Entertainment menjadi penyanyi solo di tahun 2017. 

2. Hyun Ah

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/hyunah_aa

Nama Hyun Ah semakin dikenal publik begitu ia debut bersama 4minute. Penyanyi sekaligus penulis lagu kelahiran 6 Juni 1992 ini ternyata sempat menjadi member Wonder Girls sejak bulan Februari 2007. Kini ia resmi menjadi penyanyi solo dan bergabung di P-Nation setelah menghabiskan kontraknya dengan Cube Entertainment. 

3. Mino WINNER

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/realllllmino

Usaha Mino WINNER untuk bisa sukses seperti sekarang tidaklah main-main. Setelah sempat bergabung dalam grup ballad bernama BoM, ia merasa karya-karyanya tidak diapresiasi dengan baik. Kini bersama dengan WINNER, ia bisa lebih berkembang. Mino juga beberapa kali mengeluarkan single solo.

4. Lee Su Ji

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/1998_suji_ya

Bubarnya The Ark di tahun 2016 lalu meninggalkan luka bagi penggemar maupun membernya. Namun hal tersebut tidak membuat harapan Lee Suji putus, dara kelahiran 20 Maret 1998 ini kembali debut bersama UNI.T yang merupakan girlband jebolan reality show The Unit

5. I.O.I

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/ioi_official_ig

Kehadiran I.O.I mampu menyita perhatian KPopers dari berbagai negara. Meskipun girlband ini hanya mempunyai kontrak selama 1 tahun, namun setiap member meneruskan kariernya masing-masing.

Somi, Chungha, dan Sohye menjadi solois, Nayoung dan Pinky menjadi satu tim di PRISTIN, Yeonjung bergabung menjadi member baru WJSN, Mina dan Sejeong debut dengan grup barunya yaitu Gugudan, Doyeon dan Yoojung debut sebagai Weki Meki, dan Chaeyeon kembali melakukan promosi bersama DIA. 

6. Somin K.A.R.D

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/somin_jeon0822

Sudah tahu belum kalau salah satu member K.A.R.D yang debutnya lebih dari satu kali? Yups, dia adalah Jeon Somin. Siapa sangka kalau gadis kelahiran tahun 1996 ini pernah dua kali debut di grup yang berbeda yaitu Puretty dan April.

7. Sooyoung SNSD

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/sooyoungchoi

Jika kamu mengenal Sooyoung hanya sebagai member SNSD, kamu perlu tahu kalau sebelumnya ia sudah lebih dulu debut. Di tahun 2002, Sooyoung menjadi member Route 0 yang melakukan promosi di Jepang. 

8. Kim Woo Seok

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/woo.ddadda

Setelah boyband X1 membawa nama Kim Wooseok kembali bersinar, cowok 23 tahun ini pernah debut menjadi member UP10TION di tahun 2015. Kembali melanjutkan kariernya sebagai idol, Wooseok direncanakan akan debut menjadi penyanyi solo, kita tunggu saja ya guys!

Baca Juga: 10 Potret Kemiripan Luhan dan Wooseok X1, Cocok Jadi Kakak Adik Ya?

9. Wanna One

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/wannaone.official

Bernasib sama dengan I.O.I, tidak membuat member Wanna One patah semangat untuk kembali berkarya. Kang Daniel, Lai Kuanlin, Park Jihoon, Ha Sungwoon, Yoon Jisung, Ong Seongwu, dan Kim Jaehwan memutuskan untuk solo karier. Minhyun kembali kepada grup sebelumnya yaitu NU'EST, Bae Jinyoung memulai lembaran barunya bersama CIX sedangkan Daehwi dan Woojin dipersatukan kembali di grup AB6IX.

10. Jay Park

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/jparkitrighthere

Pada tahun 2008, Jay Park pernah menjadi bagian dari boyband asuhan JYP Entertainment yaitu 2PM dan punya peran penting sebagai leader. Dikarenakan suatu masalah, pria kelahiran Washington ini hengkang dan memutuskan untuk membuat label rekaman bernama AOMG dan debut menjadi rapper solo. 

11. Lee Sunmi

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/miyayeah

Wonder Girls menjadi langkah awal Sunmi untuk meniti karier sebagai idola KPop. Sayangnya keberadaan pelantun lagu Gashina tersebut hanya bertahan 3 tahun bersama grupnya dan debut sebagai penyanyi solo di tahun 2013. Tak lagi bersama JYP Entertainment, Sunmi buktikan kariernya semakin bersinar sejak ia bergabung dengan Makeus Entertainment. 

12. Hyolyn

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/xhyolynx

Dengan usaha keras Hyolyn dan teman-temannya, girlband Sistar yang debut pada tahun 2010 lalu menjadi grup legend hingga saat ini. Perempuan yang memiliki kulit tan ini juga debut sebagai sub-unit dari Sistar yaitu Sistar19 dan kini fokus untuk karier solonya. 

13. 2NE1

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/chaelincl

Banyak penggemar yang sedih begitu mendengar 2NE1 resmi dibubarkan di tahun 2016. Kini seluruh membernya sudah fokus untuk solo karier lho! Meskipun sudah tak lagi bersama, karier CL, Park Bom, Dara, dan Minzy tetap bersinar. 

14. HINAPIA

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/hinapia_official

HINAPIA menjadi harapan baru bagi empat dari lima membernya yaitu Minkyung, Gyeongwon, Eunwoo, dan Yaebin yang sebelumnya pernah bergabung di PRISTIN. Semoga saja HINAPIA bisa menjadi rumah kedua yang lebih nyaman bagi mereka ya!

15. Cho Seungyoun

Memulai Lembaran Baru, 15 Idola KPop yang Debut Lebih dari Satu Kaliinstagram.com/woodz_dnwm

Cho Seungyoun melalui jalan berliku untuk bisa menjadi idol. Dia debut bersama boyband UNIQ. Seungyoun juga pernah muncul dalam acara reality show Show Me The Money dan debut solo dengan nama Luizy dan Woodz. Terakhir dia mengikuti ajang Produce X 101 dan berhasil bergabung bersama X1. Sayang X1 hanya bertahan selama lima bulan.

Itu dia idola KPop yang debut lebih dari satu kali. Kalau sudah keinginannya besar, tantangan sebesar apa pun pasti berani dihadapi, sukses selalu untuk Mino dan teman-teman.

Baca Juga: Wah, Ternyata Nama 10 Idol KPop Ini Lokal Banget!

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya