Comscore Tracker

Review Film Koboy Kampus: Nostalgia Waktu Zaman Kuliah, Bikin Kangen! 

#ReviewFilm Lahirnya Negara Kesatuan Republik The Panasdalam

Kali ini MNC Pictures bekerja sama dengan 69 Production meluncurkan film terbaru yang berjudul "Koboy Kampus". Film ini menceritakan kisah nyata dari Pidi Baiq bersama teman-temannya ketika masih kuliah.

Pidi bersama dengan teman-temannya lalu membuat 'negara baru' yaitu Negara Kesatuan Republik The Panasdalam. Menggunakan latar waktu tahun 90-an, film ini mengajak kamu untuk nostalgia bareng.

Menghadirkan bintang-bintang kece yaitu Jason Ranti, Ricky Harun, David John Schaap, Miqdad Addausy, Bisma Karisma, Steffi Zamora, Danilla Riyadi, Vienny, Christina Colondam, Jennifer Lepas, Anfa Safitri, dan sederat bintang lainnya, siap membuat waktu luangmu menjadi seru. Langsung saja ini dia review film "Koboy Kampus". 

1. Mendirikan 'negara' baru saat masih kuliah

Review Film Koboy Kampus: Nostalgia Waktu Zaman Kuliah, Bikin Kangen! youtube.com/MNCP Movie

Pidi Baiq seolah menutup mata dan telinga tentang politik di Indonesia. Sebagai mahasiswa ITB jurusan seni, kegiatan sehari-harinya menghabiskan waktu di ruang studio dan bersenang-senang dengan teman-temannya.

Merasa muak karena lingkungan kampus hanya fokus pada urusan demo dan orasi, terlintas di pikiran Pidi untuk membuat 'negara'. Dia lalu menamainya dengan Negara Kesatuan Republik The Panasdalam, di mana 'penduduknya' adalah teman-teman Pidi sendiri.

2. Gak melulu dialog antara tokoh, banyak lagu dengan makna mendalam di dalam film ini

Review Film Koboy Kampus: Nostalgia Waktu Zaman Kuliah, Bikin Kangen! youtube.com/MNCP Movie

Ketika menonton film ini, kamu gak akan disuguhkan 100 persen dialog, tapi banyak lagu-lagu yang dinyanyikan Pidi dan teman-temannya di film ini. Lirik dalam setiap lagunya memiliki makna yang dalam dan bahasa yang unik.

Saking kreatifnya Pidi dalam membuat lirik lagu, akan ada suatu kejadian di mana tetangganya syukuran mobil baru dan dengan begitu saja Pidi menyanyikan lagu yang menyindir tetangganya itu. Lucu deh!

Baca Juga: Melibatkan Beberapa Musisi, 5 Fakta Menarik di Balik Film Koboy Kampus

3. Banyak hal menarik yang bisa kamu temui, sekalian nostalgia zaman kuliah nih

Review Film Koboy Kampus: Nostalgia Waktu Zaman Kuliah, Bikin Kangen! youtube.com/MNCP Movie

Mungkin kalau kamu lahir di tahun 2000-an bakal nemuin hal-hal menarik di film ini. Menggunakan latar waktu tahun 1990-an, no smartphone, tapi menggunakan telepon umum bahkan wartel.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa ambil referensi fashion style ala tahun 90-an lho. Sekaligus bisa banget belajar gombalan-gombalan pada masa itu, lumayan buat modusin gebetan.

4. Pengorbanan cinta yang berujung pahit

Review Film Koboy Kampus: Nostalgia Waktu Zaman Kuliah, Bikin Kangen! youtube.com/MNCP Movie

Salah satu anggota The Panasdalam yaitu Rianto (Anfa Safitri) bakal bikin kamu ngakak dan sedih nih. Intinya, film "Koboy Kampus" ini juga mengajarkan pada kita untuk tidak terlalu berharap tinggi, sakit kan kalau ujung-ujungnya malah 'jatuh'?

Film "Koboy Kampus" juga aman banget ditonton karena tidak ada adegan yang terlalu dewasa.

5. Kelanjutan Negara Kesatuan Republik The Panasdalam

Review Film Koboy Kampus: Nostalgia Waktu Zaman Kuliah, Bikin Kangen! youtube.com/MNCP Movie

Sikap cuek Pidi terhadap tanah kelahirannya, Indonesia, justru pada akhirnya menimbulkan konflik batin. Kembali memikirkan apakah negara Panasdalamnya itu akan dipertahankan? Padahal ada beberapa orang yang tertarik untuk masuk kesana. 

Kita tidak bisa melihat dan bahkan menilai sesuatu dari satu sudut pandang aja. Perlu adanya kepedulian terhadap diri sendiri dan bahkan untuk negara. Gak perlu muluk-muluk kok, mulai aja dari hal kecil dan untuk diri sendiri dulu.

Itu dia review dari "Koboy Kampus", IDN Times memberikan nilai sebesar 3/5 untuk film ini. Eits, kalau mau nonton bisa ajak kakakmu atau keluarga lho biar mereka jadi mengenang masa mudanya.

Baca Juga: Diangkat dari Kisah Nyata Pidi Baiq, Ini 5 Fakta Film Koboy Kampus

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya