Comscore Tracker

Tak Didukung Istri, 5 Perjalanan Hijrah Arie Untung & Fenita

Mulai dari tersiram air panas sampai dijauhi teman

Memutuskan untuk hijrah, bukanlah suatu keputusan yang mudah bagi pasangan seleb Fenita Arie dan Arie Untung. Lewat acara Indonesia Millennial Summit 2020 yang diadakan pada 17-18 Januari 2020 lalu, penonton di panggung Hijrah dibuat kagum dengan kisah perjalanan keduanya. 

Penuh kejadian tak terduga sampai ditolak oleh istri dan teman-temannya ketika hijrah, yuk simak kisah perjalanan Arie Untung dan Fenita dalam berhijrah yang penuh lika-liku.

1. Fenita awalnya menolak untuk berhijab

Tak Didukung Istri, 5 Perjalanan Hijrah Arie Untung & FenitaIDN Times/Panji Galih Aksoro

Arie Untung memantapkan diri untuk hijrah, hal tersebut ia buktikan dengan mendalami ilmu agama dan aktif mendatangi acara kajian islam. Melihat perubahan pada suaminya, Fenita mengaku bahwa Arie sering mendorongnya untuk segara berhijab.

"Pokoknya dia tuh setiap hari cuman 'aku pengin banget deh punya istri berhijab'. Sampai setiap hari aku dikirimin Whatsapp tentang dalih-dalih ustaz gitu yang lagi tausiah isinya, wajibnya wanita berhijab," ucapnya.

Merasa terganggu dengan tindakan Arie, Fenita menolaknya secara terang-terangan. Fenita mengaku bahwa ia tidak suka dengan cara Arie yang menurutnya memaksa. "Aku tipikalnya adalah orang yang memang benar-benar penginnya dari hati, benar-benar aku yang pengin langsung menikmati pembelajaran itu, jadi gak mau yang disuruh-suruh gitu," tambah Fenita.

2. Arie Untung sempat tak disukai istri dan teman-temannya saat hijrah

Tak Didukung Istri, 5 Perjalanan Hijrah Arie Untung & FenitaIDN Times/Panji Galih Aksoro

Baru memulai perjalanannya untuk hijrah, cobaan dari orang terdekat Arie pun terlihat. Yups, siapa yang menyangka kalau Fenita dan teman-teman Arie justru kurang menyukai perubahannya itu.

"Waktu dulu saya jadi ingat, waktu mulai belajar agama. Haters itu semakin banyak, haters terbesar itu Fenita. Saya nge-post apa-apa langsung ke kamar kan bilang hijrah, hijrah, lebay! Teman-temannya dia which is teman-teman saya juga, sempat juga jadi haters saya. Dia ngumpul sama teman-temannya, saya datang, bubar, ada Arie, ada Arie, bubar gitu," ujarnya. 

Menurut Arie, saat itu makna hijrah sering disalahartikan oleh sebagian orang. Beberapa teman Arie sampai menuduh bahwa dirinya pernah mengunggah ujaran kebencian di Instagram. Bagi Arie, tuduhan dan fitnah selama dirinya berhijrah bisa diambil nilai positifnya.

"Hijrah ini perjalanan, menurut saya it's a journey, it's an adventure. Jadi, selama saya masih dalam perjalanan, saya pun gak punya hak untuk men-judgement sama orang lain. Saya gak bisa tembak, saya lebih bagus dari kamu," tambahnya.

Baca Juga: IMS 2020: Fenita Arie Mengaku Awalnya Tak Cantik Saat Pakai Hijab

3. Fenita ceritakan bagaimana cara Allah menegur dirinya

Tak Didukung Istri, 5 Perjalanan Hijrah Arie Untung & FenitaIDN Times/Panji Galih Aksoro

Sempat dibuat galau antara memakai hijab atau gak, Fenita terang-terangan menjelaskan bahwa merasa tidak cantik saat mengenakan hijab. Sejak kejadian tersebut rupanya menjadi tamparan keras bagi Fenita, dirinya sempat mengalami kecelakaan kecil yang membuatnya cukup syok.

"Besok paginya kejadian kesiram air panas, kejadian itulah yang membuat aku seakan-akan marah, seakan-akan aku bertanya-tanya saat itu, karena ya Allah kenapa Engkau berikan cobaan yang begitu besar ke saya, gitu. Padahal saya lagi mau belajar untuk berhijab, saya mau belajar agama lebih baik lagi," ungkapnya. 

Setelah melewati proses penyembuhan di rumah sakit selama satu bulan, Fenita perlahan sadar dan semakin yakin untuk memakai hijab. Ia menjelaskan bahwa seperti ada seseorang yang membisikkan telinganya, mengatakan bahwa panasnya air belum seberapa dengan panasnya api neraka. Subhanallah sekali ya.

4. Tantangan terbesar Fenita ketika mantap berhijab

Tak Didukung Istri, 5 Perjalanan Hijrah Arie Untung & FenitaFenita dan Arie Untung di panggung hijrah IMS 2020, 18 Januari, IDN Times/Nadia Umara

Bagi Fenita, meninggalkan pekerjaan yang membuat namanya terkenal cukup berat. "Saat itu karena yang saya pikirkan adalah saya gak bisa kerja lagi, terus saya ngapain habis ini? Apa yang bisa saya lakuin? Itu ketakutan yang lumayan cukup menghadang saya ketika saya pengin mencoba untuk berhijab. Karena memang pertelevisian mungkin belum begitu banyak ruang untuk orang-orang berhijab," ujarnya.

Namun ketika ia memberanikan diri untuk berubah, banyak kejadian-kejadian tak terduga diterima olehnya. Fenita merasa bersyukur bagaimana cara kerja Allah yang langsung menggantikan pekerjaan lamanya dengan pekerjaan baru yang lebih baik, keputusannya untuk hijrah bersama suami menjadi hal terbaik di hidupnya. 

5. Inilah sikap toleransi Arie Untung terhadap perbedaan

Tak Didukung Istri, 5 Perjalanan Hijrah Arie Untung & FenitaIDN Times/Kevin Handoko

Pentingnya toleransi dan menerima perbedaan adalah hal penting bagi Arie untuk dirinya ajarkan kepada anak-anaknya. Arie menjelaskan bahwa perjalanan hijrahnya tidak membuat dirinya semakin membatasi pergaulan dari teman-temannya yang non muslim.

"Teman-teman non muslim saya masih banyak banget. Partner bisnis saya non muslim semua, tapi apa yang berada di luar menjadi gambaran untuk teman-teman hijrah sudah berubah tidak mau berkenalan atau juga berteman dengan yang lain," ucapnya.

"Padahal Rasulullah SAW di Madinah dulu bukan hanya memimpin untuk muslim. Dia memimpin kaum yahudi, nasrani, anshor, semuanya digabungin jadi satu dan gak ada pernah berita, sejarah pembantaian yang dilakukan Rasulullah untuk non muslim, gak ada," tutupnya.

Itulah fakta perjalanan hijrah Arie Untung bersama Fenita Arie. Subhanallah, bikin terharu sekaligus takjub banget dengan pasangan suami istri yang satu ini deh!

Baca Juga: IMS 2020: Perjalanan Hijrah Pasangan Artis Arie Untung & Fenita Arie

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya