Comscore Tracker

Tak Hanya Idolanya, 6 Fandom KPop Ini Bantu Galang Dana Cegah Corona

Like idol, like fans

Penyebaran virus COVID-19 telah menyebar luas hingga ke berbagai negara termasuk Korea Selatan. Para artis yang tinggal di sana tidak sungkan-sungkan menyumbang dana hingga ratusan juta won untuk membantu korban sekaligus pencegahan virus membahayakan ini. Cara tersebut tentu menarik perhatian penggemarnya dari seluruh penjuru dunia dan banyak juga yang memuji aksi heroik mereka.

Saat ini, penduduk Indonesia sedang mengalami peningkatan jumlah orang yang terkena virus COVID-19. Melihat angka yang terus bertambah, KPopers Indonesia dari berbagai fandom tergerak untuk menggalang dana seperti yang dilakukan idolanya di Korea. Berikut ini sudah ada fandom yang mulai bergerak untuk memerangi virus ini. 

1. Cassiopeia

Tak Hanya Idolanya, 6 Fandom KPop Ini Bantu Galang Dana Cegah Coronatwitter.com/TVXQ_INAProject

Dari penggemar TVXQ, @TVXQ_INAProject telah membuka penggalangan dana sejak tanggal 18 Maret 2020 dengan target awal yaitu Rp3,5 juta. Namun dengan tingginya antusias Cassiopeia, dalam waktu 3,5 jam, uang yang terkumpul sudah melampaui target.

Dihubungi pihak IDN Times, Irma yang merupakan perwakilan dari @TVXQ_INAProject mengatakan donasi tersebut akan disalurkan kepada sejumlah rumah sakit rujukan penanganan corona, keluarga dhuafa yang terisolasi, fasilitas publik hingga Mahasiswa Kimia Kedokteran UI.

"Barangnya berupa alat pelindung diri, kebutuhan harian, subsidi cek virus corona, bantuan alat disinfektan dan bahan baku untuk membuat hand sanitizer," ujarnya.

2. ELF

Tak Hanya Idolanya, 6 Fandom KPop Ini Bantu Galang Dana Cegah Coronatwitter.com/elfindonesiacom

Sekaligus merayakan ulang tahun salah satu member Super Junior yaitu Eunhyuk, @elfindonesiacom yang semula ingin memberikan hasil donasi ke Hope Bridge Korea akhirnya berpindah haluan dikarenakan kondisi di Indonesia sudah cukup gawat. Penggalangan dana ini sudah mereka lakukan sejak akhir Februari lalu hingga 30 Maret.

"Tidak ada target donasi, kami akan salurkan apa yg kami kumpulkan," ujar Deelle dari @elfindonesiacom saat dihubungi IDN Times. Ia menambahkan, ketika dana sudah terkumpul akan disumbangkan untuk rumah sakit rujukan yang menangani virus corona berupa alat-alat yang dibutuhkan dan bantuan makanan.

3. SONE

Tak Hanya Idolanya, 6 Fandom KPop Ini Bantu Galang Dana Cegah Coronatwitter.com/TiffanyYoungIDN

Walaupun masih menunggu SNSD merilis album baru, SONE Indonesia tetap aktif lho! Bertujuan untuk mengajak KPopers saling peduli akan situasi yang gawat darurat ini, @TiffanyYoungIDN bersama fanbase SONE lainnya sudah membuka penggalangan dana mulai tanggal 18 Maret 2020 sampai 18 April 2020. 

"Target pertama kami di angka Rp10 juta, donasi ini akan disumbangkan melalui UNICEF Indonesia," ujar Metta dari @TiffanyYoungIDN. Ia menambahkan untuk mewujudkan terkumpulnya dana tersebut sudah disebarluaskan melalui Twitter dan Instagram serta delapan fanbase SONE telah ikut membantu. 

Baca Juga: Cegah Dampak Virus Corona, 18 Artis Korea Sumbang Dana di atas Rp1 M!

4. Shawol

Tak Hanya Idolanya, 6 Fandom KPop Ini Bantu Galang Dana Cegah Coronatwitter.com/SHINeeWorld_Ina

Shawol awalnya mengumpulkan dana untuk mental health issue community sekaligus merayakan ulang tahun mendiang Jonghyun. Namun melihat virus COVID-19 sudah menyebar hingga Indonesia langsung mengganti rencana awal. Sejak tanggal 16 Maret lalu, @SHINeeWorld_INA menargetkan sebesar Rp5 juta sesuai dengan jumlah anggota SHINee, yaitu lima orang.

Sama seperti fandom lainnya, Mega selaku perwakilan dari @SHINeeWorld_INA menjelaskan bahwa nantinya dana tersebut akan disalurkan ke orang-orang yang memerlukan seperti pihak rumah sakit, keluarga yang kurang mampu hingga fasilitas umum. "Donasi ini kami salurkan dalam bentuk dana yang langsung kami kirim ke pihak KitaBisa.com," ujarnya. 

5. EXO-L

Tak Hanya Idolanya, 6 Fandom KPop Ini Bantu Galang Dana Cegah Coronatwitter.com/weareoneEXO

Tidak mau ketinggalan dengan yang lain, pemilik akun Twitter @myvalentine61 yaitu Valentina Krista mewakili EXO-L siap mengumpulkan dana untuk membantu korban sekaligus pencegahan penyebaran virus COVID-19. Valentina mengaku tergerak begitu melihat orang-orang yang tidak mampu kesulitan mendapatkan masker, obat-obatan, dan hand sanitizer.

"Penggalangan dana yang saya mulai baru dimulai hari ini (18/3), dengan target sejumlah Rp 20.120.408 di mana angka itu adalah tanggal Anniversary dari EXO," ujarnya. 

Belum melihat fanbase EXO-L lainnya membuka penggalangan dana, Valentina mengaku tidak terbebani untuk melakukan kegiatan ini sendirian. Yuk EXO-L saling bahu membahu membantu teman-teman di luar sana. 

6. WayZenNi

Tak Hanya Idolanya, 6 Fandom KPop Ini Bantu Galang Dana Cegah Coronatwitter.com/WayV_IDN

Dalam rangka menjalankan misi kemanusiaan, @WayV_IDN menuliskan cuitan di Twitter seputar penggalangan dana. "Kita mulai dari tanggal 15 Maret kemarin sampai 29 Maret. Untuk target, kita gak nentuin berapa karena namanya donasi seikhlasnya saja," ujar Nabila dari @WayV_IDN saat dihubungi IDN Times.

Tak tinggal diam, @nctzenunionina juga membantu menyebarkan berita ini. "Kami dari NCTzen Indonesia ingin membuktikan kepada para pasien yang sedang berjuang melawan corona dan untuk para tenaga kesehatan, bahwa mereka tidak sendiri, ada kami," ujar Ivana dari @nctzenunionina.

Ke depannya, donasi ini akan disalurkan melalui pihak mitra KitaBisa.com. Jenis bantuan berupa Alat Perlindungan Diri (APD), alat disinfektan, subsidi tes corona, sampai kebutuhan harian. 

Wah, fandom KPop kompak sekali ya? Semoga dananya segera terkumpul dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. 

Baca Juga: Nikita Mirzani & Rachel Vennya Awali Gerakan Donasi untuk Lawan Corona

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya