Comscore Tracker

Tak Kalah dari Oppa Korea, Inilah UN1TY Boyband Baru Indonesia

Dibentuk oleh produsernya Coboy Junior!

Famous All Stars dengan bangga memperkenalkan boyband terbaru sekaligus pertama jebolan dari 1ID Music Project. 1ID Music Project sendiri merupakan sebuah music training program yang dicetuskan oleh Patrick Effendy dan Famous All Stars yang ingin berkontribusi agar industri musik Indonesia lebih konsisten dan produktif.

Senin (9/12) Patrick Effendy bersama dengan Famous All Stars memperkenalkan kedelapan cowok kece yang sudah terpilih dalam sebuah boyband bernama UN1TY. Ingin tahu infonya lebih lanjut? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Dari 500 kontestan, terpilih menjadi 8 orang dengan keunikan masing-masing

Tak Kalah dari Oppa Korea, Inilah UN1TY Boyband Baru Indonesia(paling kiri) Main Producer & Head Judge, Patrick Effendy dalam press conference UN1TY di Jakarta. 9 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Setelah melalui tahap audisi secara online maupun offline yang diadakan pada bulan Juli 2019 lalu, sebanyak 500 kontestan menunjukkan talentanya masing-masing, setelah melalui proses wawancara, terpilihlah19 kandidat untuk mengikuti pelatihan dan seleksi selama 8 minggu. Patrick Effendy selaku Main Producer dan Head Judge dibantu oleh Dimas Wibisana selaku Music Director, Uchie Wiby selaku Vocal Coach, dan Sandree Ha selaku Dance Coach untuk memilih 8 kandidat terbaik yang akhirnya debut sebagai UNITY.

"Awalnya kita para juri dan coach gak ada kepikiran untuk mendebutkan 8 orang ini, tapi masing-masing dari mereka memiliki warna sendiri. UN1TY bukan untuk menggantikan posisi CJR, melainkan mengenalkan warna baru untuk industri musik Indonesia," ujar Patrick Effendy.

Sedangkan Dien Tirto Buwono selaku Business Innovation Director Famous All Stars sekaligus pencetus 1ID Music ungkapkan rasa lega begitu UN1TY debut, "Akhirnya ada satu PR yang sudah selesai. Senang sekaligus deg-degan. Tujuan untuk membentuk UN1TY memang saya ingin membuat sesuatu yang berbeda dan saya sudah berdiskusi dengan Patrick tentang hal ini, Patrick adalah orang yang tepat," ujarnya.

2. Patrick jelaskan perbedaan UN1TY dengan boyband lainnya

Tak Kalah dari Oppa Korea, Inilah UN1TY Boyband Baru Indonesia(ki-ka) Business Innovation Director Famous All Stars, Dien Tirto Buwono dan Main Producer & Head Judge, Patrick Effendy dalam press conference UN1TY di Jakarta. 9 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Datang dari penjuru Indonesia, bukan hanya karakter dan budaya mereka saja yang berbeda guys. "Yang menjadikan UN1TY berbeda dari boyband lainnya adalah di setiap lagu yang rilis akan ada 1 member yang mendominasi lagu tersebut. Tenang saja, semua member kedapatan kok," ujar Patrick Effendy. 

Nah, kamu gak perlu lagi meragukan bakat kedelapan cowok-cowok kece ini guys, karena mereka sudah mengikuti masa trainee hingga 3 bulan dan tentunya mendapatkan pelajaran khusus dari para coach. "UN1TY adalah perpaduan yang komplit dan solid," tambahnya.

Baca Juga: Avengers Versi Boyband, 7 Fakta "Super M" Buatan SM Entertainment

3. Rilis dua single, UN1TY punya jadwal padat hingga tahun 2020

Tak Kalah dari Oppa Korea, Inilah UN1TY Boyband Baru Indonesia(paling kanan) Business Innovation Director Famous All Stars, Dien Tirto Buwono dalam press conference UN1TY di Jakarta. 9 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Bertepatan dengan debutnya, UN1TY telah merilis single yang berjudul Coba Cintaku yang sudah bisa kamu tonton di YouTube channel 1ID atau UN1TY, sementara satu single-nya lagi masih menunggu hingga bulan Januari 2020 nih guys.

Video klip Coba Cintaku ini syutingnya spesial di Seoul, Korea Selatan lho! Salah satu member UN1TY mengaku harus bisa menahan dinginnya kota Seoul. "Dingin banget! Kayaknya hari terdingin di Korea. Kan gak pakai sarung tangan juga, jadi bener-bener gemetar banget saking dinginnya," ucap Fiki UN1TY.

Sebagai pencetus 1ID Music sekaligus Business Innovation Director Famous All Stars, Dien Tirto Buwono mengaku ingin konsisten dengan project-nya tersebut. "Kita ingin menunjukkan bahwa para talent dapat berkembang dengan baik dan kita berkomitmen untuk mendukung penuh talenta mereka bahkan dalam waktu yang lama," ujarnya. 

Dien juga menambahkan nih bahwa hingga bulan Januari 2020 mendatang, UN1TY sudah punya jadwal yang padat lho! "Bulan Desember ini sudah ada tiga event yang akan dikunjungi. Untuk bulan Januari 2020 mendatang akan rilis lagu yang kedua, pokoknya sudah ada schedule hingga tahun depan," tambahnya.

 

4. Ungkapan para member setelah debut

Tak Kalah dari Oppa Korea, Inilah UN1TY Boyband Baru Indonesia(pegang mic) Fiki UN1TY dalam press conference UN1TY di Jakarta. 9 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Ini dia guys kedelapan member UN1TY yaitu Fajri, Farhan, Fenly, Fiki, Gilang, Ricky, Shandy dan Zweitson. Mereka datang dari suku yang berbeda dengan usia mulai dari 16 hingga 23 tahun, wah masih muda-muda banget ya! Perbedaan karakter mereka ini nih yang paling serasi dalam membentuk sebuah sinergi sesuai dari visi para produser.

Salah satu member UN1TY yaitu Fiki mengungkapkan rasa syukurnya bisa sampai pada tahap debut bersama ketujuh member lainnya, "Perasaannya lega banget, akhirnya debut juga dengan proses training yang cukup lama. Kita ingin memberikan warna baru untuk musik Indonesia. Banyak pelajaran yang kami dapatkan di sini dan semoga UN1TY bisa diterima oleh masyarakat Indonesia," ujarnya. 

5. Saling terbuka adalah kunci untuk tetap bersama

Tak Kalah dari Oppa Korea, Inilah UN1TY Boyband Baru IndonesiaMember UN1TY dalam press conference UN1TY di Jakarta. 9 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Pasti gak mudah ya guys menyatukan karakter dan usia yang berbeda di dalam suatu grup. Hm, kira-kira bagaimana cara UN1TY menjaga kekompakkan mereka ya? "Kita saling terbuka, saling peduli satu sama lain. Itu yang membuat kita semakin kompak," ujar Farhan. Farhan juga menambahkan bahwa semua member tidak segan untuk berdiskusi dan tetap mendukung apabila ada salah satu member yang membuat kesalahan.

"Diselesaikan secara kepala dingin saja lah, ya kita tetap mendukung kalau ada dari mereka yang salah gerakan atau gimana, sama-sama belajar dan biar kompak," tambahnya. Semangat terus ya, UN1TY!

https://www.youtube.com/embed/XJqonq0HRIA

Wah, selamat ya untuk UN1TY atas debutnya, semoga dapat membawa nama baik Indonesia khususnya untuk industri musik. Sukses selalu untuk UN1TY!

Baca Juga: 5 Fakta Ajang Pencarian Bakat Boyband Indonesia, Bak Produce 101!

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo

Just For You