Comscore Tracker

Cerita Gak Biasa, 6 Film Ini Punya Kisah yang Diadaptasi dari Lagu!

Sudah tahu belum?

Seperti yang kita ketahui, suatu film bisa saja diadaptasi dari sebuah novel, kisah nyata, ataupun cerita fiktif pengarang. Nah berbeda dengan yang lain, beberapa film Indonesia berikut ini justru cerita filmnya berasal dari sebuah judul lagu. Biasanya lagu yang diadaptasi menjadi sebuah film merupakan salah satu lagu yang populer pada masanya.

Lagu tersebut dijadikan sebagai alur cerita dalam film. Tentu saja tidak mudah mengubah sebuah lagu menjadi film yang berisi adegan serta dialog yang beragam. Hal itu pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi sang produser sekaligus menjadi suatu kebanggaan jika dapat merealisasikannya.

Kalian pasti penasaran kan film apa sajakah kah yang ternyata diadaptasi dari sebuah lagu? Langsung simak ulasan di bawah ini ya!

1. Kamulah Satu-Satunya - 2007

https://www.youtube.com/embed/PxOC-ueaxZg

Film "Kamulah Satu-Satunya" ini tak hanya berisi tentang kisah romantis, namun juga dibumbui komedi-komedi segar yang mampu membuat kalian tidak akan jenuh saat menonton. Alur cerita dalam film ini berasal dari sebuah lagu hits berjudul sama yang dibawakan oleh Band Dewa.

Kisah Baladewa yang sangat ingin bertemu pujaan hatinya ini sayang banget untuk dilewatkan. Bukan hanya lagunya yang sukses besar, film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini juga masuk nominasi Piala Citra lho. Keren banget ya!

2. Gelas - Gelas Kaca - 2016

https://www.youtube.com/embed/sWZHoFnp_T8

Lagu yang dibawakan oleh Nia Daniati berjudul “Gelas Gelas Kaca” ini memang sangat populer pada zamannya yaitu saat 31 tahun lalu. Bahkan lagu tersebut mampu bertahan selama berminggu-minggu dan selalu diputar.

Oleh karena itulah, lagu ini juga diadaptasi menjadi sebuah film menarik pada tahun 2016. Film ini merupakan sebuah film bergenre romantis yang cocok banget kalian tonton bersama orang tersayang. Bisa nostalgia juga lho!

3. Asal Kau Bahagia - 2018

https://www.youtube.com/embed/DRIph8rsBCI

Film ini diadaptasi dari lagu populer yang dibawakan oleh band Armada. Film yang rilis pada bulan Desember lalu ini dibintangi sederet artis muda dan berbakat diantaranya Aliando, Aurora Ribero, dan Teuku Rasya.

Film yang berjudul "Asal Kau Bahagia" ini menceritakan tentang kisah cinta segitiga di mana seorang cowok yang lagi koma berusaha merelakan ceweknya dekat dengan cowok lain. Dalam film ini, nama pemeran utama diambil dari nama asli mereka lho. Wajib nonton nih!

Baca Juga: Dari Horor hingga Romantis, 10 Film Indonesia Siap Tayang April 2019

4. Rectoverso - 2013

https://www.youtube.com/embed/Mbm9LJg0ZXY

Film yang tayang pada tahun 2013 ini berbeda dengan film yang diadaptasi dari lagu lainnya lho. Pasalnya dalam film ini terdapat lima cerita sekaligus yang diadaptasi dari lima lagu.

Diantaranya cerita dari lagu “Malaikat Juga Tahu”, “Firasat”, “Cicak di Dinding”, “Curhat buat Sahabat” serta “Hanya Isyarat”. Rectoverso merupakan judul album dari Dee Lestari lho. Tak hany punya cerita yang unik, film ini juga mampu mengaduk-aduk emosi para penontonnya sekaligus bikin baper lho. Sudah nonton?

5. Surat Cinta Untuk Starla - 2017

https://www.youtube.com/embed/CEwLJnrT3X0

Film yang dibintangi oleh Jefri Nichol dan Caitin Helderman ini juga merupakan adaptasi dari sebuah lagu populer lho. Lagu yang diadaptasi tersebut berjudul sama yang dibawakan oleh Virgoun.

Seperti lagunya, film “Surat Cinta untuk Starla” ini juga mampu membius para remaja dengan kisah roman segarnya yang bikin meleleh. Selain menghadirkan kisah romantis ala remaja, film ini juga sarat akan beberapa pesan moral yang dapat dijadikan pelajaran hidup. Harus nonton nih!

6. Mantan Terindah - 2014

https://www.youtube.com/embed/5ZvyMGg7bpE

Satu lagi nih film yang mengadaptasi alur dan isi ceritanya yang berasal dari lagu. Apalagi kalau bukan film yang berjudul "Mantan Terindah". Dalam film yang tayang pada tahun 2014 ini mengadaptasi lagu populer berjudul sama milik Kahitna. Film ini mengisahkan tentang cewek bernama Nada yang diperankan oleh Karina Salim, seorang cewek yang dilahirka dengan kemampuan yang sangat istimewa.

Nada lalu bertemu dengan cowok bernama Genta yang diperankan oleh Edward Akbar. Genta secara tidak langsung dapat mengembalikan kenangan yang sempat hilang dari Nada. Karena mengangkat kisah cinta yang gak biasa dan segar.

Nah itulah ulasan mengenai beberapa film Indonesia yang ternyata diadaptasi dari sebuah judul lagu. Sama halnya dengan lagunya, film-film di atas juga mempunyai alur yang menarik lho. Yuk, nonton!

Baca Juga: Reza Rahadian Kembali, 7 Film Indonesia yang Tayang Maret 2019

Nanda Rista Noviati Photo Community Writer Nanda Rista Noviati

Punya hobi menulis cerpen dan membaca novel genre rom-com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You