Comscore Tracker

Hits dan Viral, 11 Lagu KPop Ini Akan Berumur Satu Dekade, Lho!

Bukti bahwa 2011 adalah tahun keemasan KPop #WaktunyaKorea

Tahun 2011 seperti surga bagi pendengar KPop. Hal ini karena, lagu-lagu hits boy band dan girl band generasi kedua dirilis pada tahun tersebut. Jangan ditanya bagaimana persaingan tangga lagu mingguan Korea Selatan, super ketat dan gak bisa ditebak siapa pemenangnya.

Mau tahu apa saja? Ini dia sebelas lagu KPop rilisan 2011 yang sebentar lagi akan berusia satu dekade. KPopers lama pasti enggak akan asing dengan lagu-lagu ini. Yuk, bernostalgia!

1. Mr. Simple (Super Junior)

https://www.youtube.com/embed/r6TwzSGYycM

Siapa yang baca kutipan di atas sambil nyanyi? Selain musiknya yang asyik didengar, lagu yang diluncurkan pada 4 Agustus 2011 ini memang memiliki lirik yang super catchy.

Perilisan "Mr. Simple" berhasil memperkuat fandom Super Junior yang bernama E.L.Fbahkan menggaet banyak fans baru, lho.

Bwara Mr. Simple, Simple

Geudaeneun geudaeneun geudaero meotjyeo

2. The Boys (SNSD)

https://www.youtube.com/embed/6pA_Tou-DPI

Sempat ditunda karena kecelakaan salah satu member, yaitu Sooyoung, "The Boys" akhirnya dirilis pada 18 Oktober 2011 secara global. Banyak agensi yang mengundurkan jadwal comeback artisnya, karena tidak mau bersaing dengan SNSD.

Gak heran, sih. Pada saat itu, SNSD memang menempati puncak tertinggi dari keseluruhan grup KPop. Jadi, publik dan penggemar sangat menanti-nantikan comeback mereka. 

Girls' Generation make you feel the heat

Jeon segyega neoreul jumokhae

B-bring the boys out

3. Hot Summer (f(x))

https://www.youtube.com/embed/z-rftpZ7kCY

Lagu yang dirilis pada 17 Juni 2011 ini sudah ditonton sebanyak 61,4 juta kali. Selain liriknya mudah diingat, "Hot Summer" juga memiliki tarian yang super catchy dan relatable. Memangnya, siapa yang gak pernah mengipas-ngipas dan mengusap kepala saat musim panas tiba?

Hot summer ah hot hot summer

Hot summer ah hot hot

Neomu deoweo

4. I am The Best (2NE1)

https://www.youtube.com/embed/j7_lSP8Vc3o

Lagu "I am The Best" diperdengarkan pertama kali kepada publik pada 28 Juni 2011. Dengan musik yang kuat, lirik yang berapi-api, dan penampilan anggota yang karismatik, lagu ini berhasil mendapatkan pujian dari berbagai kritikus.

2NE1 bahkan berhasil menyabet penghargaan Song of The Year tahun 2011 di Mnet Asian Music Award. Fakta itu seolah-olah semakin menegaskan lirik "I am The Best", bahwa merekalah yang terbaik.

Naega jeil jal naga

Naega jeil jal naga

Naega jeil jal naga

Naega jeil jal naga

Je je jeil jal naga

Baca Juga: Rekomendasi 11 Lagu Jadul 2NE1 yang Cocok buat Generasi Galau

5. Tonight (BIGBANG)

https://www.youtube.com/embed/8d5QEWdHchk

Setelah kosong selama dua tahun, BIGBANG kembali dengan "Tonight" pada 1 Maret 2011. Lagu EDM ini diproduksi langsung oleh dua anggota BIGBANG, yaitu G-Dragon dan T.O.P. Jadi, gak heran, kalau lagunya keren banget!

Geudael chajaseo oh eh oh oh oh

Kkeuchi eodinji moreugetjiman

Hey, tonight tonight tonight tonight

6. Hands Up (2PM)

https://www.youtube.com/embed/KgrB2KBZws4

Setelah dirilis pada 20 Juni 2011, lagu "Hands Up" berhasil menguasai tangga lagu Korea Selatan dan menarik perhatian penggemar internasional. Dengan lirik yang mudah diingat dan musik yang energik, "Hands Up" memang paling asyik untuk didengarkan sambil menggila bersama teman-teman.

Hullyeo peojineun umage matchweo

Everyone put your hands up and get your drinks up

7. Be My Baby (Wonder Girls)

https://www.youtube.com/embed/3fy4cqWMhyI

Pada 6 November 2011, Wonder Girls merilis "Be My Baby" setelah hiatus selama lebih dari setahun. Gak kalah hits dari "Nobody", video klip "Be My Baby" sudah ditonton 48,5 juta kali, lho.

Please be my baby, please be my baby

Neoman saenggakhamyeon michigesseo

Niga neomuneomu gatgo sipeoseo

8. Good-bye Baby (Miss A)

https://www.youtube.com/embed/EYKO1za5mX0

Miss A menguatkan posisinya sebagai salah satu girl band papan atas di generasi kedua dengan rilisnya lagu "Good-bye Baby" pada 18 Juli 2011. Lagu ini berhasil merajai tangga lagu dan memenangkan peringkat pertama di berbagai acara musik Korea Selatan.

Good bye baby good bye

Dwidoraseo geudaero

Apeuro gamyeon dwae

Baca Juga: Resmi Bubar, Ini 10 Potret Perjalanan Karier Girlband KPop Miss A

9. Roly Poly (T-ARA)

https://www.youtube.com/embed/3Xolk2cFzlo

Dirilis pada 3 Agustus 2011, "Roly Poly" sempat viral pada masanya. Hal ini karena tarian yang unik dan irama yang mudah diterima telinga. Setelah peluncurannya, "Roly Poly" berhasil mendapatkan peringkat tinggi di tangga musik Korea Selatan. Bahkan, lagu ini menjadi lagu KPop yang paling banyak diunduh pada tahun 2011.

Roly Poly Roly Roly Poly

Nal mireo naedo nan

Dashi negero daga ga seo

10. Fiction (BEAST)

https://www.youtube.com/embed/ZAzWT8mRoR0

Begitu dirilis pada 17 Mei 2011, "Fiction" sukses melompat tinggi di tangga musik. Lagu yang terkenal dengan tarian kakinya ini, berhasil mengantarkan BEAST (sekarang bernama Highlight) untuk meraih peringkat pertama di berbagai acara musik Korea Selatan.

Ireoke nan tto

Fiction in fiction

Itji motago

Fiction in fiction

11. Ma Boy (SISTAR19)

https://www.youtube.com/embed/X6XXia5B2Wg

Hyorin dan Bora SISTAR membentuk unit bernama SISTAR19, kemudian meluncurkan lagu pertamanya "Ma Boy" pada 2 Mei 2011. Meskipun hanya lagu debut, "Ma Boy" cukup berprestasi di tangga musik dan menempati TOP 5 selama beberapa minggu pertama. Video klip "Ma Boy" sudah ditonton hingga lebih dari 100 juta kali, lho.

Lets go! S I S T A R Sistar

Baby stop breakin' my heart

You heard me? No more next time!

I hope you got that boy

Nah, itu dia sebelas lagu hits KPop yang akan berumur satu dekade pada 2021. Meski dirilis pada 2011 silam, tapi lagu-lagu di atas masih membekas dan asyik untuk didengarkan, bukan?

Baca Juga: 8 Lagu Barat yang Pernah dibawakan Hyolyn Eks Sistar, Suaranya Merdu!

Nali IDN Photo Writer Nali IDN

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya