Comscore Tracker

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Korea

Gak cuma tampan, tapi jiwa leader sangat terlihat

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah. Terlebih saat harus menghadapi anggota tim yang berbeda-beda dari segi karakter, kebiasaan hingga keinginan. Namun sudah menjadi tugas seorang leader dalam sebuah tim, menuntun, mendampingi dan juga mendorong setiap anggota agar terus kompak dan menuju satu tujuan yang sama.

Begitulah hal yang setidaknya dilakukan pula oleh para leader dari boyband Korea Selatan. Mereka bukan hanya dituntut untuk bisa bernyanyi dan menari di depan para penggemar. Bukan juga sekedar pandai berakting di dalam drama maupun film yang dijalani. Namun mereka pun harus mampu menjadi sosok ayah, ibu bahkan kakak bagi anggota tim lainnya.

Meski bukan selalu menjadi yang paling tua di dalam tim, mereka memiliki karisma yang tidak kalah keren sebagai seorang leader. Berat memang, terlebih saat harus melepas satu per satu anggota yang memilih keluar atau harus vakum karena menjalani tugas lainnya.

Ya, tak hanya tampan, mereka pun memiliki bakat menjadi sosok pemimpin yang cukup berkarisma. Berikut ini adalah sosok leader boyband Korea Selatan yang sudah malang melintang lebih dari lims tahun lamanya.

1. Eric Mun - Shinhwa (1998)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/ericmun.shinhwa

Bukan boyband baru di Korea Selatan, Shinhwa sudah mengorbitkan diri sejak tahun 1998. Berawal di bawah naungan SM Entertainment, Shinhwa yang memiliki enam anggota ini nyatanya masih bertahan hingga saat ini. Eric Mun, Kim Dong Wan, Lee Min Woo, Jun Jin, Andy Lee, dan Shin Hye Sung. Di mana Eric Mun merupakan leader dari boyband yang mulai bisa dikatakan sebagai sekumpulan Ahjussi rasa Oppa ini.

Eric Mun sendiri kini sudah berusia 39 tahun. Tak hanya bisa bernyanyi, menari, mengelola tim dengan baik. Eric yang merupakan keturunan Korea - Amerika ini juga cukup ahli dalam bermain peran. Terbukti sembilan drama berhasil diperankan oleh aktor yang memiliki nama Korea Moon Jung Hyuk. Kini Eric telah memiliki istri dan siap mengeluarkan single terbaru bersama Shinhwa yang berjudul "Kiss Me Like That".

2. Yunho - TVXQ (2003)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/yunho2154

Banyak mengalami jatuh bangun, dari yang awalnya memiliki lima anggota, U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu. Namun tiga member memutuskan untuk keluar dan membentuk grup sendiri. Menyisakan Yunho dan Changmin yang terus eksis sejak tahun 2003. Yunho sendiri dikenal sebagai leader yang sangat berkarisma. Bukan hanya karena sudah matang dari segi usia, yaitu 32 tahun. Namun ia pun menjadi sosok yang banyak dikagumi artis SM lainnya.

Gak sekedar aktif sebagai seorang penyanyi, ia juga beberapa kali dijumpai menjadi seorang aktor dalam beberapa judul drama. Semenjak telah menyelesaikan tugas kemiliterannya, Yunho kini lebih fokus mengembangkan karir sebagai seorang aktor dan juga penyanyi dengan Changmin.

3. Leeteuk - Super Junior (2005)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/xxteukxx

Sudah bukan hal baru saat leader berkarisma disematkan kepada leader Super Junior, Leeteuk. Pria berusia 35 tahun ini bukan hanya dikenal memiliki sikap yang ramah dan sangat pandai memimpin sebuah tim. Ia juga dikenal sebagai sosok artis yang serba bisa. Tidak hanya bernyanyi, menari bersama Suju sejak tahun 2005. Ia juga merupakan sosok aktor yang sempat bermain dalam beberapa judul film, salah satunya I am: SMTOWN LIVE WORLD TOUR in Madison Square Garden. Dan web drama besutan Lotte Dutty Free "Secreet Queen Makers".

Leeteuk juga dikenal sebagai pembawa acara yang sangat epik di atas panggung. Salah satu acara yang dibawakannya adalah ajang menyanyi, I Can See Your Voice. Ia juga kerap kali membawakan acara musik bersama rekan artis lainnya. Wah multitalenta banget ya?

4. G Dragon - Big Bang (2006)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/g_draagoon

Berkarisma tak harus tampil rapi dengan setelan jas dan kemeja lo. Buktinya G Dragon adalah leader yang tak pernah malu tampil beda. Punya ciri khas yang sangat unik, pria 30 tahun ini cukup nyentrik di beberapa situasi atau acara yang ia hadiri. Sukses menjadi seorang penyanyi dan pencipta lagu, G Dragon juga sukses membangun bisnis dengan brand yang sampai saat ini masih sangat digemari oleh penggila fashion.

Leader grup Big Bang ini memang cenderung cuek bahkan taerkesan sangat dingin kepada penggemar. Namun siapa sangka berkat kekuatan hatinya, ia mampu membawa Big Bang hingga 12 tahun bersama. Wah kira-kira apa ya rahasianya?

5. Jun. K - 2PM (2008)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/jun2dakay

Grup yang dinaungi oleh JYP Entertainment ini memang bukan grup biasa. Terdiri dari enam laki-laki tampan, keren, suara indah dan dance yang memukau, 2PM memiliki seorang leader yang gak kalah keren. Dikenal dengan sebutan Jun K, pria 30 tahun ini lebih dikenal dengan panggilan Junsu.

Meski terlihat fokus meniti karir sebagai penyanyi, ia pun sempat bermain dalam dua judul drama lho. Sebagai seorang leader, Jun K atau Junsu sangat piawai membantu teman-temannya untuk bisa menampilkan sesuatu yang baru dan memukau penggemar. Hal ini selalu dibuktikan dengan banyaknya penggemar 2PM atau Hottest yang menggilai dan menunggu-nunggu comeback mereka.

Baca Juga: Ini Dia 10 Potret Irene, Leader 'Red Velvet' yang Penuh Pesona!

6. Onew - Shinee (2008)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/dlstmxkakwldrl

Siapa bilang seorang leader harus berwajah galak atau kaku? Onew membuktikan, wajah tampan dan imutnya pun bisa menjadikannya seorang leader yang penuh rasa tanggungjawab terhadap grup Shinee. Sejak tahun 2008, Onew menjadi leader dari empat orang personil Shinee.

Meski sempat terpukul dan merasa kehilangan personil sekaligus sahabat yang paling dicintainya yaitu Jonghyun. Onew tetap menjadi leader yang profesional dan mengayomi personil lainnya. Onew pun tidak hanya berhasil menjadi seorang penyanyi lo, ia juga kerap tampil di beberapa judul drama terkenal. Salah satunya yaitu Descendant of the Sun yang menjadikannya sosok dokter.

7. Seung Ho - MBLAQ (2009)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/mblaqsh1016

Lama rasanya tidak mendengar kabar tentang grup MBLAQ atau Music Boys Live in Absolute Quality. Dibentuk sejak tahun 2009, grup yang beranggotakan Seungho, Mir, dan G.O ini sempat merilis beberapa single dan album. Meski kini mereka lebih banyak mengerjakan project pribadi, namun kekompakan mereka tetap terjaga.

Seungho sendiri selain menjadi seorang penyanyi, ia juga seorang aktor. Beberapa judul drama, film, hingga drama musikal pun pernah ia bintangi. Tidak banyak yang tahu, jika Seungho sempat hiatus atau vakum dari dunia hiburan untuk melaksanakan wajib militernya. Tak tanggung-tanggung, ia aktif sejak tahun 2009 hingga tahun 2017 lho!

8. Yoon Doo Joon - Highlight (2009)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/kdrama.official

Sosok leader yang baru saja berangkat wajib militer ini datang dri grup Highlight. Memang baru berganti nama dari yang awalnya Beast. Beranggotakan Yoon Doo-joon, Yong Jun-hyung, Yang Yo-seob, Lee Gi-kwang, dan Son Dong-woon, grup yang terbentuk sejak tahun 2009 ini sudah mengeluarkan beberapa single, album studio, dan mini album. Tak hanya muncul dalam bahasa Korea, mereka juga mengeluarkan album dalam bahasa Jepang.

Yoon Doo Joon sendiri juga dikenal sebagai salah satu aktor yang piawai bermain peran. Banyak drama yang berhasil ia perankan, salah satunya yang baru saja harus berakhir di episode 14 karena ia harus segera wamil adalah Lets Eat 3. Ia juga pernah bermain dalam drama Radio Romance dan juga IRIS lo. Wah sosok penyayang sangat terlihat dari pria 29 tahun ini. Dibuktikan saat ia menunjukkan kedekatan dengan sang ibu, kakak dan juga keponakan kecilnya.

9. Sunggyu - Infinite (2010)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/gyu357

Sama dengan Onew, mungkin tak banyak yang mengira Sunggyu adalah sosok leader dari grup Infinite. Memimpin Dongwoo, Woohyun, Sungyeol, L, dan Sungjong, Sunggyu pun sangat baik saat menjadi leader. Selain apik di atas panggung sebagai penyanyi dan seorang dancer. Nyatanya pria 29 tahun ini juga aktif bersolo karir.

Mulai dari menjadi aktor di beberapa judul drama dan juga sebagai presenter. Sunggyu pun sempat bermain dalam variety show, Fluttering India bersama Leeteuk dan beberapa anggota idol grup lainnya.

10. Suho - EXO (2011)

Lebih dari 5 Tahun Berkiprah, Ini Karisma 10 Leader Boyband Koreainstagram.com/heysuhoshi

Yang terakhir adalah Suho, sosok ayah bagi para member EXO. Meski harus beberapa kali kehilangan anggota karena memilih untuk bersolo karir. Siapa kira jika EXO masih sangat eksis dan bahkan mungkin menjadi semakin dikenal saat ini. Suho menjadi sosok leader idaman yang memiliki karisma dalam setiap penampilannya. Tak hanya karena terlihat cocok mengenakan jas dan tampil dengan wajah manisnya, ia pun memiliki segudang prestasi yang membuatny layak dibanggakan.

Baru berusia 27 tahun, Suho pun juga sempat bermain dalam beberapa judul drama. Seperti To the Beautiful You, Peime, Minister and I, The Universe's Star hingga yang paling baru adalah Rich Man. Dalam drama terakhirnya Suho mampu memerankan sosok bos yang selalu heboh saat berbicara tentang pekerjaan namun sangat pintar dan cerdas dalam membuat banyak aplikasi. Hal ini dinilai snagat berbeda dengan kesehariannya yang dikenal pendiam dan sangat sopan. Wah pinter akting banget ya.

Berkarisma itu gak perlu kelihatan gagah dan galak. Buktinya para idol Korea ini! Di antara 10 idol ini, mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: Bang Yongguk Resmi Tinggalkan B.A.P, 15 Perjalanan Karier sang Leader

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya