Comscore Tracker

7 Limited Series Netflix yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Ceritanya penuh pejuangan, bikin terharu!

Serial Netflix selalu mampu menggaet puluhan hingga ratusan juta penonton saat penayangannya. Salah satu serial yang digarap Netflix adalah limited series, yakni serial yang diproduksi secara terbatas.

Limited original Netflix hanya diproduksi untuk satu musim saja. Biasanya, serial terdiri dan empat hingga sepuluh episode dengan durasi sekitar satu jam per episodenya.

Banyak yang gak tahu, beberapa serial limited original Netflix terinspirasi dari kisah nyata, lho. Pantas saja kisah-kisahnya mampu menarik perhatian penonton. Termasuk kamu gak, nih?

1. Unbelievable

https://www.youtube.com/embed/QTIkUzkbzQk

Unbelievable didasarkan pada artikel berjudul An Unbelievable Story of Rape yang ditulis oleh T. Christian Miller dan Ken Armstrong. Serial ini mengangkat kisah Marie Adler (Kaitlyn Dever) remaja yang melaporkan bahwa ia menjadi korban pemerkosaan. Namun, orang tua angkat hingga polisi meragukan laporannya tersebut.

Mereka kemudian menyimpulkan bahwa Marie telah membuat laporan palsu. Detektif Karen Duvall (Merritt Wever) dan detektif Grace Rasmussen (Toni Collette) kemudian berusaha menangkap pelaku dan mengungkap kejadian yang berubah menjadi kasus pemerkosaan berantai.

2. When They See Us

https://www.youtube.com/embed/HNOGQSkDDqo

Diangkat dari kejadian nyata, When They See Us mengisahkan kehidupan biasa remaja kulit berwarna yang berubah secara mengerikan. Mereka adalah Kevin Richardson (Asante Blackk), Antron McCray (Caleel Harris), Yusef Salaam (Ethan Herisse), Korey Wise (Jharrel Jerome), dan Raymond Santana (Marquis Rodriguez), yang menjadi tersangka terkait kasus kekerasan seksual.

Pada April 1989, mereka dituduh memerkosa seorang pelari wanita kulit putih di Central Park, New York. Mereka ditangkap secara sewenang-wenang oleh polisi hanya karena berada di taman tersebut.

Para pemuda itu kemudian didorong ke dalam pengakuan palsu. Akhirnya, kejadian itu memberikan kenangan bagi Amerika Serikat hingga saat ini dan menjuluki pemuda tersebut sebagai The Central Park Five.

3. Stateless

https://www.youtube.com/embed/C-Xep8pU_J0

Terinspirasi dari peristiwa nyata, Stateless mengikuti kisah empat orang asing dengan berbagai latar belakang di pusat penahanan imigrasi Australia. Mereka adalah seorang pramugari, pengungsi Afganistan, ayah muda, dan birokrat yang terjebak dalam skandal nasional.

Serial dengan enam episode ini menunjukkan kilas balik untuk mengungkapkan keadaan yang membawa mereka terombang-ambing di sistem imigrasi Australia. Serial yang dibintangi oleh Yvonne Strahovski, Asher Keddie, Fayssal Bazzi, dan Marta Dusseldorp ini telah tayang perdana di Netflix pada 8 Juli 2020.

Baca Juga: 6 Buku tentang Kemiskinan bagi Pencinta Serial Netflix Maid

4. Self Made: Inspired by the Life of Madam C.J. Walker

https://www.youtube.com/embed/yYDJvnDfB2w

Serial Self Made: Inspired by the Life of Madam C.J. Walker Netflix terinspirasi buku karya cicit dari C. J. Walker, A'Lelia Bundles berjudul On Her Own Ground: The Life and Times of Madam C. J. Walker (2002). Dibintangi oleh Octavia Spencer, serial ini mengikuti kisah Walker, buruh cuci Afrika-Amerika yang bangkit dari kemiskinan.

Serial empat episode ini juga menceritakan perjuangan Walker mengatasi rasisme terhadap gender dan ras pascaperbudakan serta perjuangannya untuk perubahan sosial. Walker adalah tokoh ikonik dalam sejarah karena sukses membangun bisnis kecantikan yang membuatnya menjadi jutawan wanita pertama di Amerika.

5. Unorthodox

https://www.youtube.com/embed/so_1l1yYtno

Unorthodox terinspirasi dari memoar Deborah Feldman berjudul Unorthodox: The Scandalous Rejection of My Hasidic Roots. Serial ini mengikuti kisah Esty Shapiro (Shira Haas), remaja 19 tahun yang tinggal bersama kelompok Yahudi Satmar di Williamsburg, Brooklyn, New York. Kelompok tersebut memisahkan diri dari dunia modern dan melarang perempuan untuk mengenyam pendidikan.

Di usianya yang masih belia, Esty juga harus menghadapi pernikahan dengan laki-laki yang dijodohkan kepadanya. Merasa tak betah hidup dalam kurungan, ia pun nekat kabur ke Berlin agar bisa terbebas dari kelompoknya.

6. The Billion Dollar Code

https://www.youtube.com/embed/iDvPvqImb-4

Berlatar di Berlin, Jerman, pada 2017 dan 1990-an, The Billion Dollar Code mengisahkan dua perintis komputer asal Jerman dan perjuangan mereka untuk diakui sebagai pencipta algoritma Google Earth.

Mereka adalah Carsten Schlüter, seorang desainer, dan programmer utama, Juri Müller, serta musuh bebuyutan mereka, Brian Anderson, yang mencuri ide mereka dan menjualnya ke Google.

The Biilion Dollar Code merupakan adaptasi fiksi dari peristiwa nyata Joachim Sauter dan perusahaannya, ART+COM Studios, yang pada 2014 pergi ke pengadilan untuk menggugat Google atas pengembangan Google Earth. Perusahaan ART+COM Studios menuduh Google Earth didasarkan pada proyek mereka yang disebut Terra Vision. Dalam limited series berjumlah empat episode ini, nama tokoh telah diubah untuk alasan tertentu.

7. Maid

https://www.youtube.com/embed/tGtaHcqsSE8

Maid adalah serial limited original Netflix yang terinspirasi dari memoar terkenal Stephanie Land berjudul Maid: Hard Work, Low Pay, and Mother's Will to Survive. Bergenre drama, serial 10 episode ini mengangkat isu sosial dan menyajikan kisah inspiratif tentang perempuan muda yang berjuang demi masa depan.

Dia adalah Alex Russel (Margaret Qualley), seorang ibu tunggal yang berjuang menjadi penyintas kekerasan dan kemiskinan. Setelah melarikan diri dari kekasihnya yang kasar, Alex harus bertahan hidup untuk menghidupi diri dan putrinya yang berusia dua tahun. Tidak memiliki rumah hingga pekerjaan, ia akhirnya mendapat pekerjaan sebagai pembersih rumah di Value Maids.

Ketujuh limited orisinal Netflix di atas menyajikan kisah yang sangat inspiratif karena diambil dari kejadian nyata. Masing-masing memberikan pesan moral yang baik untuk kehidupanmu. Limited series keluaran Netflix mana yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 9 Serial Netflix yang Siap Tayang Desember 2021, Beragam Genre!

Nimas Bella Photo Verified Writer Nimas Bella

I think i'm starting to feel a bit~ more like myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya