Comscore Tracker

Sang Vokalis Meninggal Dunia, Inilah 11 Lagu Paling Hits dari Roxette

Jadi lagu wajib para anak muda di zamannya nih!

Roxette adalah grup duo beraliran pop dan soft rock yang berasal dari Swedia. Duo ini digawangi oleh Gun-Marie Fredriksson sebagai vokalis sekaligus keyboard dan Per Gessle sebagai vokalis dan gitaris.

Bagi anak generasi 80 akhir hingga sepanjang tahun 90-an, lagu-lagu Roxette pasti menjadi lagu wajib dalam daftar musik. Terlebih bagi mereka yang gemar dengan aliran musik rock.

Namun kabar duka kembali menghiasi dunia permusikan dunia. Salah satu vokalis dari Roxette, Marie Fredriksson dikabarkan meninggal dunia setelah berjuang melawan tumor otaknya di usia 61 tahun.

Mengenang kembali sosok sang vokalis, berikut lagu-lagu hits dari Roxette yang menjadi idola pada jamannya!

1. Listen To Your Heart (1989)

https://www.youtube.com/embed/yCC_b5WHLX0

Listen To Your Heart menjadi perwakilan karya lagu terhebat dari aliran balada pop tahun 80-an. Vokal khas FM-rock Amerika yang kuat dan gitar utama yang menonjol adalah fitur klasik dari gaya musik lagu ini.

Lagu ini adalah salah satu lagu Roxette yang paling sukses walaupun awalnya hanya dirilis di Swedia (1988). Menyusul keberhasilan lokal, lagu ini dirilis secara lebih luas pada tahun 1989 dan Roxette langsung menikmati kesuksesan di seluruh dunia.

2. The Look (1989)

https://www.youtube.com/embed/LlVI7ZNiFlI

The Look dianggap sebagai lagu yang mengantarkan Roxette ke panggung internasional. Ia menjadi lagu pembuka dan single kedua pada tahun 1989 dari album Look Sharp!. Ia menduduki puncak tangga lagu di Amerika dan 24 negara lainnya.

Hebatnya, The Look diputar di radio AS sebelum resmi dirilis secara luas. Semua itu terjadi berkat seorang pelajar Amerika yang mendapatkan kesempatan untuk belajar di Swedia. Setelah kembali ke Amerika Serikat, ia meyakinkan stasiun radio setempat untuk memutar lagu tersebut.

The Look sudah diputar secara luas di radio berkat salinan kaset. Lagu ini ditulis oleh Per Gessle dan juga menampilkan vokal yang menonjol darinya.

3. Dangerous (1989)

https://www.youtube.com/embed/VFNRh26TPmM

Dangerous adalah single kelima dari album Roxette yang sangat sukses, Look Sharp!. Lagu ini ditulis oleh Per Gessle pada malam tur pertama keduanya pada tahun 1987, tetapi baru dirilis pada akhir tahun 1989.

Lagu ini sukses dan menghabiskan dua minggu di urutan ke-2 Billboard Hot 100 setelah Janet Jackson, dengan Escapade-nya. Klip film untuk Dangerous diambil di Borgholm Castle, Oland dan menampilkan campuran latihan dan pertunjukan langsung dari konser Roxette.

4. It Must Have Been Love (1990)

https://www.youtube.com/embed/k2C5TjS2sh4

Semua orang tahu jika It Must Have Been Love adalah sebuah soundtrack epik dari film klasik 90-an, Pretty Woman. Sebenarnya, lagu tersebut pertama kali dibuat untuk balada Natal bagi orang yang patah hati.

EMI Jerman meminta Roxette untuk menulis single Natal pada tahun 1987 dan kemudian menjadi single top 10 di Swedia. Tidak sampai tahun 1990 lagu tersebut diterima dengan baik secara internasional setelah ditampilkan dalam film Julia Roberts dan Richard Gere.

Meskipun tampil di soundtrack film Pretty Woman, It Must Have Been Love tidak tampil di album Roxette sampai rilis pada tahun 1995. Lagu tersebut sangat sukses di seluruh dunia termasuk di Australia di mana berada pada urutan pertama.

5. Spending My Time (1991)

https://www.youtube.com/embed/eG0IYV6G0I0

Kumpulan lagu dari album Joyride menjadi yang paling banyak diminati. Spending My Time ditulis oleh Per Gessle dan Mats Persson, lalu diproduksi oleh Clarence Öfwerman. Single ini meraih kesuksesan secara luas dan menjadi sepuluh besar di Jerman dan Italia.

Lalu menjadi dua puluh teratas di Australia, Austria, Belgia, Kanada, Finlandia, Swedia dan Swiss, hingga memuncak di nomor 22 di UK Singles Chart, dan nomor 32 di Billboard Hot 100 di Amerika Serikat.

Sebuah remix dibuat oleh MC King Carli dan Dr Renault (nama samaran yang digunakan oleh Öfwerman & Anders) di EMI Studios, Stockholm, Swedia pada Juli 1991. Versi Spanyol dari lagu tersebut, berjudul "Un día sin ti" (A Day Without You), dirilis pada tahun 1996 sebagai single utama dari album kompilasi berbahasa Spanyol duo Baladas en español.

Baca Juga: Vokalis Roxette Marie Fredriksson Meninggal Dunia pada Usia 61 Tahun

6. Fading Like A Flower (1991)

https://www.youtube.com/embed/8fGLiIvKKys

Single kedua dari album Joyride menjadi top 10 di Amerika Serikat sejak pertama kali dirilis. Bahkan grafiknya terus naik hingga bertengger di puncak nomor ke dua. Sementara di Inggris, lagu tersebut bertengger di angka 12.

7. Joyride (1991)

https://www.youtube.com/embed/xCorJG9mubk

Mengikuti jejak kesuksesan besar album Look Sharp!, Roxette menelurkan sebuah album dengan salah satu lagu berjudul sama, Joyride. Lagu ini menjadi mega hit di seluruh dunia dan mencapai posisi teratas di banyak negara termasuk Australia, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Belgia, Austria, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Swiss.

Menariknya, kalimat pembuka lagu itu berasal dari sebuah catatan yang ditulis oleh pacar yang sekarang menjadi istri Per Gessle kepadanya, yaitu ‘Hello, you fool, I love you’.

8. How Do You Do! (1992)

https://www.youtube.com/embed/nx2iLOvP0rM

Pada lagu How Do You Do!, Per Gessle memainkan vokal terbaiknya. Yang pastinya dengan diiringi oleh sang vokalis wanita, Marie. Lagu ini berhasil merajai tangga lagu Amerika maupun Inggris, khususnya Swedia.

9. What's She Like? (1994)

https://www.youtube.com/embed/Y_QtVFxDOCg

Lagu tentang balada patah hati dan romansa cinta dari album Crash!Boom!Bang! ini pun laris manis bersama lagu Sleeping In My Car di pasaran. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu favorit dari salah satu vokalis Roxette sendiri, Per Gessle seperti dilansir dari www.dailyroxette.com.

10. Sleeping In My Car (1994)

https://www.youtube.com/embed/KXYk-mzkhWI

Sleeping In My Car menjadi lagu hits sepanjang tahun 90-an. Semua radio di seluruh dunia setiap harinya pasti memutar lagu ini. Selain di negara asal sang duo yaitu Swedia, lagu epik ini merajai tangga lagu di Amerika dan negara Eropa lainnya.

11. Wish I Could Fly (1999)

https://www.youtube.com/embed/ZzvuKgQqwOY

Lagu dari album keenam Roxette, Have A Nice Day menjadi lagu terakhir mereka di tahun 90-an yang merajai tangga lagu di berbagai negara, khususnya di Swedia yang mencapai nomor 4 di tangga lagu.

Itulah sebelas lagu hits sepanjang karir Roxette yang dimulai pada tahun 80-an. Rest In peace, Marie Fredriksson. 

 

Baca Juga: ILY 3000 Stephanie Poetri dan 8 Lagu Paling Digemari di Spotify 2019

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

EDITH # "Never discourage anyone...who continually makes progress, no matter how slow." - Plato

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya