Comscore Tracker

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku Gay

Ada yang sudah wafat hingga nantikan kelahiran anak

Di Amerika Serikat, bulan Juni dirayakan sebagai 'Pride Month'. Sejarah bulan kebanggaan bagi LGBTQ+ ini dimulai dari 'The Stonewall Uprising' yang terjadi di Manhattan pada akhir Juni 1969.

Pemberontakan Stonewall merupakan puncak Gerakan Pembebasan Gay di Amerika Serikat. Jika beberapa tahun sebelumnya tidak mendapat tempat di masyarakat, kini mereka dapat menunjukkan jati diri tanpa intimidasi. Seperti beberapa personel boy band barat berikut ini!

1. Ricky Martin 'Menudo'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayRicky Martin (instagram.com/latinamas)

Jauh sebelum tenar sebagai penyanyi solo dengan julukan 'Latin Music King', Ricky Martin mengawali kariernya bersama boy band Menudo. Martin masih berusia 12 tahun kala bergabung dengan grup musik legendaris Puerto Rico tersebut pada 1984. Menudo sendiri dibentuk pada 1977.

Kehidupan pribadi terutama orientasi seksual Martin sebenarnya sudah jadi atensi sejak akhir dekade 1990. Padahal saat itu, ia tengah menjalin kasih dengan seorang wanita. Pria kelahiran 24 Desember 1971 ini baru menyatakan dirinya seorang gay pada 2010.

Bukan tanpa alasan orientasinya berubah. Martin rupanya trauma dengan wanita. Pada tahun 2000, ayah 4 anak ini pernah diwawancarai seorang jurnalis wanita secara tidak hormat. Pewawancara tersebut melontarkan beragam pertanyaan seputar kehidupan pribadi yang justru mengintimidasi.

2. Angelo Garcia 'Menudo'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayAngelo Garcia (instagram.com/angelogarciaofficialpage)

Kendati negara di Amerika dan Eropa lebih terbuka dengan LGBT sejak puluhan tahun silam, gak dimungkiri ada segelintir masyarakatnya yang mengucilkan. Hal tersebut makin buruk bagi komunitas yang berkecimpung di industri hiburan. Mereka sulit mendapatkan kebebasan untuk menujukkan jati diri.

Kesulitan itu pun sempat dialami oleh personel boy band Menudo termuda, Angelo Garcia. Punya basis penggemar wanita, ia dan Ricky Martin pada awalnya menutupi orientasi seksual mereka. Sama seperti Martin, Garcia berani terbuka pada 2010 silam.

Homoseksualitas Angelo Garcia mungkin dianggap tabu hingga hina oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air. Namun kita gak bisa serta-merta menyalahkannya karena gay. Garcia rupanya seorang korban kekerasan seksual saat kecil. Trauma yang belum sembuh itu besar kemungkinan berimbas pada kehidupan seksualnya di masa depan.

Baca Juga: Bikin Ikut Bergoyang, 6 Lagu Ricky Martin Ini Dulu Hits di Indonesia

3. George Michael 'Wham!'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayGeorge Michael (instagram.com/georgemofficial)

Pelantun lagu 'Careless Whisper', George Michael memiliki perjalanan yang cukup panjang soal orientasi seksualnya. Mantan personel duo 'Wham!' ini mulanya menyukai lawan jenis. Sebelum mengidentifikasi diri sebagai gay, Michael sempat menyatakan jika ia seorang biseksual atau penyuka wanita maupun pria.

Penyanyi yang penuh prestasi dan kontroversi ini wafat pada Hari Natal tahun 2016 kala usianya menginjak angka 53 tahun. Pada Maret 2017, hasil post-mortem menyebutkan kematian Michael disebabkan oleh kardiomiopati dilatasi dengan miokarditis dan steatosis hati.

4. Lee Ryan 'Blue'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayLee Ryan (instagram.com/officialleeryan)

Salah satu personel Blue, Lee Ryan sangat menjaga privasi kehidupan pribadinya. Ia sempat dirumorkan sebagi gay pada 2014. Hal itu bermula setelah sang mantan kekasih, model Jasmine Waltz mengemukakan jika Ryan menyelingkuhinya dengan seorang pria.

Meski mengakui jika ia lebih tertarik pada sesama jenis, Ryan menyatakan diri sebagai biseksual. Ia bahkan memiliki 3 anak dari 3 wanita berbeda. Yaitu putri Bluebell yang lahir pada 2007, putra Rayn pada 2008, dan seorang putri yang lahir pada Juni 2021.

5. Duncan James 'Blue'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayDuncan James (instagram.com/mrduncanjames)

Jika Lee Ryan menyatakan diri sebagai biseksual namun cenderung gay, lain halnya dengan sang karib Duncan James. Ia mengaku secara terang-terangan sebagai gay. Dalam sebuah wawancara pada 2017, James mengatakan jika selama ini ia seperti hidup dalam kebohongan karena menutupi fakta tersebut.

Pria kelahiran 7 April 1978 ini tercatat pernah berpacaran dengan beberapa wanita sebelum menyatakan diri sebagai gay. Salah satunya dengan Claire Grainger, di mana ia dikaruniai putri Tianie Finn yang lahir pada Februari 2005. Kini, ia tengah menjalin kasih dengan Rodrigo Reis.

6. Jonathan Knight 'New Kids on the Block'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayJonathan Knight (instagram.com/jonathanrknight)

Jonathan Rashleigh Knight menambah daftar panjang personel boy band gay. Penggawa New Kids on the Block tersebut gak banyak gembar-gembor soal kehidupan pribadi. Kabar jika dirinya seorang gay justru datang dari mantan kekasih dan sahabat.

Knight sudah menjalin kasih dengan seorang pria bernama Harley Rodriguez sejak 2008. Keduanya bahkan telah bertunangan pada November 2016. Selain bernyanyi, pria kelahiran 29 November 1968 ini terjun ke dunia bisnis real estate.

7. Stephen Gately 'Boyzone'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayStephen Gately (instagram.com/boyzoneofficial)

Hingga kini, kematian Stephen Gately pada Oktober 2009 silam masih menyisakan duka di benak para personel Boyzone dan penggemar setia. Kematian pria yang akrab disapa Steo ini disebabkan oleh penumpukan cairan dalam paru-paru dan kelainan jantung bawaan.

Mendiang penyanyi kelahiran 17 Maret 1976 ini menyatakan diri sebagai gay pada 1999. Pengakuan tersebut dilakukan setelah ia mendapati salah satu rekannya berniat menjual informasi seputar kehidupan pribadi termasuk orientasi seksual Gately pada media.

Sebelum kematiannya, Steo tengah menjalani pernikahan dengan Andrew Cowles sejak 2003. Kendati usia Gately terbilang singkat, ia mendedikasikan diri dalam berbagai kegiatan amal.

8. Lance Bass 'NSYNC'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayLance Bass (instagram.com/lancebass)

Karib Justin Timberlake kala berada di NSYNC, Lance Bass pun menjadi salah satu selebriti yang bangga menunjukkan orientasi seksualnya sebagai gay. Sebelum menyatakan diri sebagai penyuka sesama jenis pada 2006, Bass tercatat menjalin kasih dengan beberapa wanita.

Pria kelahiran 4 Mei 1979 ini menikahi aktor Michael Turchin pada Desember 2014 setelah 3 tahun berpacaran. Sejak saat itu, mereka berusaha memiliki anak dengan bantuan ibu pengganti. Setelah 9 kali gagal, Bass dan Turchin kini sedang menantikan kelahiran sepasang anak kembar yang diperkirakan lahir pada bulan November 2021 nanti.

9. Darren Hayes 'Savage Garden'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayDarren Hayes (darrenhayes.com)

Salah satu anggota band gay yang paling terkenal adalah Darren Hayes, mantan personel duo Savage Garden. Pria kelahiran 8 Mei 1972 ini punya perjalanan kehidupan yang menyayat hati. Perundungan yang ia alami sejak kecil memberi efek besar pada kehidupan dewasa terutama soal orientasi seksualnya.

Setelah menemukan diri sebagai gay, Hayes harus merelakan pernikahannya dengan seorang wanita bernama Colby Taylor. Mareka resmi bercerai pada tahun 2000. Pria berhati lembut ini akhirnya menikah secara diam-diam dengan animator sekaligus produser bernama Richard Cullen pada Juli 2005.

Meski aktif di media sosial, Hayes sangat tertutup dengan kehidupan pribadi. Ia menyadari, jika orang-orang rupanya akan lebih senang menyoroti isu orientasi seksual daripada karyanya. Hayes gak jarang mendapat komentar negatif saat ia membagikan kabar seputar sang suami.

10. Mark Feehily 'Westlife'

Mark Westlife dan 9 Anggota Boy Band ini Mengaku GayMark Feehily (instagram.com/westlife)

Pada posisi puncak tentunya diisi oleh Mark Feehily. Sejak bergabung bersama Westlife pada 1998, Feehily merahasiakan orientasi seksualnya dari fans yang sebagian besar wanita. Kendati menyadari diri sebagai gay sejak remaja, ia baru mengakuinya pada 2005.

Feehily bahkan menyembunyikan fakta homoseksualitasnya dengan menjalin kasih bersama wanita. Hingga kini, ia tertutup soal kehidupan pribadi. Pria kelahiran 28 Mei 1980 ini bertunangan dengan Cailean O'Neill, dan telah dikaruniai putri Layla pada 3 Oktober 2019.

Keputusan Feehily untuk bertunangan dengan O'Neill hingga memiliki anak mendapat komentar beragam dari warganet. Banyak dari mereka yang rupanya lebih fokus pada status gay Feehily daripada karyanya bersama Westlife.

Kendati banyak penggemar gak mempermasalahkan kehidupan pribadi, ada juga yang mencela habis-habisan, nih! Bagaimanapun juga, hal tersebut adalah pilihan dan hak mereka masing-masing. Dari nama-nama di atas, ada idolamu gak?

Baca Juga: 9 Potret Koa Egan, Sulung Kian Egan Westlife yang Siap Jadi Idola

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

edith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya