Comscore Tracker

Bruce Willis dan 4 Publik Figur Hollywood Mengalami Afasia

Gangguan kesehatan yang tak pandang usia

Beberapa waktu belakangan, afasia ramai menjadi perbincangan di dunia maya setelah pengumuman pensiun aktor kenamaan Hollywood, Bruce Willis. Laki-laki kelahiran 19 Maret 1955 terpaksa berhenti dari dunia yang disukainya karena menderita gangguan tersebut.

Afasia adalah gangguan bahasa yang mengakibatkan penderita sulit berkomunikasi. Biasanya, ia menjadi efek samping stroke, tumor, atau cedera kepala yang memengaruhi fungsi otak untuk mengolah bahasa baik secara lisan maupun tulisan. Rupanya tidak hanya Bruce Willis, beberapa publik figur Hollywood berikut ini pernah mengalaminya. Siapa saja?

1. Randy Travis

Bruce Willis dan 4 Publik Figur Hollywood Mengalami AfasiaRandy Travis (instagram.com/therandytravis)

Randy Bruce Traywick atau lebih dikenal sebagai Randy Travis adalah musisi Country ternama nan legendaris asal Amerika Serikat. Laki-laki kelahiran 4 Mei 1959 ini telah merintis karier di dunia musik sejak akhir dasawarsa 1970-an.

Hingga saat ini, Travis telah sukses menelurkan 22 album studio dan 17 album kompilasi. Karyanya dihargai dengan 7 Grammy Awards, 6 CMA Awards, 11 ACM Awards, 10 AMA Awards, dan 8 GMA Dove Awards. Ia juga aktif berakting di film serta serial televisi.

Pada 2013, Travis mengalami kardiomiopati atau kelainan otot jantung yang disebabkan infeksi virus. Hal itu menyebabkan stroke parah dan harus menjalani operasi otak. Pasca operasi, ia mengalami afasia yang mengakibatkannya tidak dapat bebicara dan bernyanyi. Kemampuan bahasanya kembali normal setelah 3 tahun menjalani terapi.

2. Sharon Stone

Bruce Willis dan 4 Publik Figur Hollywood Mengalami AfasiaSharon Stone (instagram.com/sharonstone)

Hayo, siapa yang belum kenal dengan ikon femme fatale satu ini? Tenar di tahun 90-an, aktris Sharon Stone memulai profesi sebagai model di pertengahan dasawarsa 1970-an. Selain waralaba Basic Instinct, masih banyak film dan serial televisi hits yang dibintanginya.

Sebut saja film The Specialist (1994), Casino (1995), Sphere (1998), The Mighty (1998), Catwoman (2004), Alpha Dog (2006), Lovelace (2013), dan Fading Gigolo (2013), serta serial lm If These Walls Could Talk 2 (2000), Mosaic (2017), dan Ratched (2020).

Namun, di awal dekade 2000-an, Stone sempat menghilang beberapa tahun dari layar lebar. Pada 2001, ia mengalami pendarahan otak setelah mengalami aneurisma atau pembesaran pembuluh darah otak. Ia kehilangan kemampuan membaca, menghafal, dan berbicara.

3. Emilia Clarke

Bruce Willis dan 4 Publik Figur Hollywood Mengalami AfasiaEmilia Clarke (instagram.com/emilia_clarke)

Tak kenal usia, gangguan afasia dapat menyerang siapa saja. Baik tua maupun muda. Salah satunya aktris Emilia Clarke. Ia pernah merasakannya pada tahun 2011 setelah merampungkan proses syuting musim pertama serial hits HBO, Game of Thrones.

Saat sedang berolahraga bersama sang pelatih, Clarke tiba-tiba merasakan sakit kepala hebat dan dilarikan ke rumah sakit. Gejala tersebut rupanya imbas dari pendarahan di permukaan otak yang tidak disadarinya. Padahal ia mengalaminya sebanyak dua kali.

Dua minggu pasca operasi, Clarke benar-benar kehilangan kemampuan berbahasa. Ia bahkan tidak dapat mengingat namanya sendiri. Aktris kelahiran 23 Oktober 1986 ini menjalani pengobatan yang cukup lama dan dinyatakan sembuh total pada tahun 2019.

Baca Juga: Mengenal Afasia, Gangguan Berbahasa akibat Kerusakan pada Otak

4. Kirk Douglas

Bruce Willis dan 4 Publik Figur Hollywood Mengalami AfasiaKirk Douglas (instagram.com/michaelkirkdouglas)

Aktor yang memiliki nama lahir Issur Danielovitch Demsky ini mungkin tidak dikenali banyak kalangan milenial dan Gen Z. Mulai berakting di awal dekade 1940-an, mendiang Kirk Douglas merupakan salah satu artis peran terbaik era Klasik dan Golden Age Hollywood.

Aktor yang lahir pada 9 Desember 1916 dan wafat pada 5 Februari 2020 mengalami afasia setelah terserang stroke hebat pada tahun 1996 silam. Masih dalam masa pengobatan dan terapi, ayah Michael Douglas ini tetap menjalani syuting hingga dua film sekaligus.

Bukan uang, tetapi hal itu dilakukannya sebagai bentuk pelatihan bahasa dan gerak tubuh. Meski merasa depresi, ia tak ingin penyakit menghentikan hal yang ia sukai sekaligus semangat hidupnya. Sang dokter menyarankan Douglas berlatih bicara selama sisa usianya.

5. Bruce Willis

Bruce Willis dan 4 Publik Figur Hollywood Mengalami AfasiaEmma Heming Willis, Bruce Willis (instagram.com/emmahemingwillis)

Terbaru dan masih menjadi perbincangan, Bruce Willis. Kondisi kesehatan sang aktor dibagikan secara langsung oleh keluarga besar. Afasia yang dialami Willis mengakibatkan kemampuan kognitifnya terganggu. Alhasil, ia harus berhenti dari dunia akting.

Namun, hingga kini belum diketahui secara pasti isu kesehatan apa yang diderita Willis sehingga ia mengalami afasia. Meski kemampuan berbahasanya terganggu, fisik ayah lima anak ini tampak bugar. Hal itu terlihat dari unggahan pihak keluarga di media sosial.

Afasia tidak terjadi dengan sendirinya. Ia merupakan efek penyakit yang menyerang kepala khususnya bagian otak. Seperti stroke, aneurisma, kanker, infeksi virus atau bakteri, hingga benturan kepala. Untuk mencegahnya, kita harus menghindari pemicu penyakit tersebut.

Menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang merupakan cara termudah serta ampuh menghindari berbagai isu kesehatan. Jadi, sayangi fisik sekaligus psikismu mulai sekarang, ya! Nah, dari kelima selebritas di atas, adakah yang menjadi idolamu?

Baca Juga: Fakta Afasia, Kondisi yang Bikin Bruce Willis Pensiun dari Akting

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

edith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya