Comscore Tracker

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021

#IDNTimesHype Siapa yang jadi favoritmu?

Gak terasa tahun yang penuh dengan tantangan akan segera usai. Meski harus menjerit bak naik Roller Coaster, masih ada banyak hal yang patut disyukuri. Ingin buru-buru menyongsong tahun yang baru, beberapa sektor mulai menggeliat serta beranjak mempersiapkan masa depan.

Gak terkecuali dunia musik. National Academy of Recording Arts and Sciences, Amerika Serikat yang menaungi ajang Grammy Awards bahkan sudah memiliki daftar nominasi tahunan ke-63. Dari sekian banyak kategori, para nominee dari Best New Artist cukup mencuri perhatian. Siapa saja, nih? Kenalan, yuk!

1. Ingrid Andress

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021instagram.com/ingridandress

Pada urutan pertama kategori Best New Artist, diisi oleh penyanyi country yang benar-benar masih hijau, Ingrid Elizabeth Andress atau Ingrid Andress. Wanita kelahiran Southfield, Michigan pada 21 September 1991 ini pernah mengikuti ajang menyanyi The Sing-Off yang ditayangkan NBC.

Di bawah naungan Warner Nashville, Andress merilis single pertama, 'More Hearts Than Mine' pada bulan Julis 2019 silam. Single tersebut dapat bertengger di posisi ketiga dalam Billboard Country Airplay mingguan Amerika dan mendapat sertifikasi platinum dari Recording Industry Association of America pada 18 Juni lalu.

Single tersebut pun mendapat nominasi dari Country Music Association Awards dan CMT Music Awards. Pada Grammy Awards 2021, Andress tak hanya mendapat satu nominasi, melainkan tiga. Yaitu: Best New Artist untuk dirinya sendiri, Best Country Song untuk single debutnya, dan Best Country Album untuk album Lady Like yang rilis pada 27 Maret lalu.

2. Phoebe Bridgers

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021instagram.com/_fake_nudes_

Posisi selanjutnya diisi oleh penyanyi Indie kelahiran 17 Agustus 1994, Phoebe Lucille Bridgers. Percaya atau tidak, Bridgers kecil pernah menjadi pengamen di Farmers Market yang berada di kota kelahirannya, Pasadena, California. Semangatnya dalam meraih cita-cita patut diacungi jempol.

Dibantu penyanyi Ryan Adams, Bridgers mengeluarkan debut lagunya, 'Killer' pada Maret 2014. Di bulan Juni 2017, ia akhirnya mendapat kontrak dari rumah produksi yang cukup ternama, Dead Oceans. Gak butuh waktu lama, pada September 2017 Bridgers menelurkan album pertamanya, Stranger in the Alps yang mendapat respon positif.

Pada Grammy Awards ke-63, Bridgers memborong beberapa nominasi. Selain Best New Artist, ia mendapat nominasi Best Alternative Music Album untuk album keduanya Punisher yang rilis pada 18 Juni 2020. Serta Best Rock Performance dan Best Rock Song untuk single 'Kyoto' yang dirilis pada 9 April 2020.

3. Chika

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021instagram.com/chikalogy

Rapper bernama lengkap Jane Chika Oranika merupakan salah satu selebriti berbakat yang viral lewat media sosial. Gak hanya sensasi, gadis asal Montgomery, Alabama ini juga sangat kritis dengan isu-isu sensitif. Ia menjunjung tinggi akan kedamaian dan cinta diri sendiri.

Pada April 2019, rapper kelahiran 9 Maret 1997 merilis single perdananya, 'No Squares'. Berkat single tersebut, Chika dapat bergabung dengan Warner Records. Di tahun yang sama, ia merlis dua single lagi, 'High Rises' dan 'Can't Explain It'.

Kolaborasi wanita keturunan Nigeria ini dengan penyanyi Jojo dalam lagu 'Sabotage' berhasil menduduki posisi ke-18 pada tangga lagu R & B Billboard. Pada 12 Maret lalu, ia baru saja merilis EP keduanya, 'Industry Games'.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, 7 Film Hollywood yang Tayang di Bioskop Desember Ini

4. D Smoke

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021instagram.com/dsmoke7

Jika sebelumnya wanita, rapper dari kalangan pria gak mau ketinggalan meramaikan Grammy Awards 2021 untuk kategori ini. Selain Best New Artist, pria bernama Daniel Anthony Farris atau lebih dikenal sebagai D Smoke pun mendapat nominasi Best Rap Album untuk Black Habits yang rilis pada 7 Februari lalu.

Selain prestasi tersebut, ada hal yang lebih mencengangkan lagi dari pria kelahiran 17 Oktober 1985 ini. Selain menghasilkan musik, D Smoke yang merupakan lulusan University of California, Los Angeles (UCLA) menjadi guru bahasa Spanyol dan Musik di Inglewood High School.

Menjadi guru kesayangan para murid di SMA, D Smoke memang berasal dari keluarga yang dekat dengan musik. Meski karier profesionalnya dimulai sejak memenangkan ajang Rhythm & Flow Netflix pada 2019, ia sudah bernyanyi dan bermain alat musik sejak masa sekolah.

5. Kaytranada

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021instagram.com/kaytranada

Sama seperti D Smoke, meski masuk kategori Best New Artist, Disk Jockey bernama Kaytranada atau hanya Kaytra gak benar-benar baru di industri musik. Ia telah menghasilkan karya sejak tahun 2010 di bawah kredit nama Kaytradamus. Nama tenarnya saat ini berganti pada 2012.

Selain belasan lagu dan puluhan remix, Kaytranada sudah menelurkan total dua album. Album pertama, 99.9% rilis pada 2016 dengan 15 track dan berada di bawah naungan XL Recordings. Debut album DJ asal Haiti ini berhasil meraup 8. 0 dari Pitchfork. Ia juga memenangkan Polaris Music Prize 2016.

Pada Grammy Awards ke-63, pria kelahiran 25 Agustus 1992 ini pun mendapat dua kategori lainnya. Yaitu: Best Dance Recording untuk lagunya yang berjudul '10%', dan Best Dance/Electronic Album untuk album keduanya, Bubba yang rilis pada 13 Desember 2019.

6. Doja Cat

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021instagram.com/dojacat

Siapa di sini yang masih asing dengan Doja Cat? Penyanyi yang selalu berpenampilan seksi ini lahir dari media sosial seperti TikTok, YouTube, dan SoundCloud. Bukan sekadar sensasi, ia menghasilkan karya musik ciamik di platform tersebut yang ia pelajari secara autodidak.

Penyanyi bernama asli Amala Ratna Zandile Dlamini ini mempelajari segala hal tentang musik dari internet. Meski bukan hal yang patut ditiru, Doja memilih 'drop-out' dari SMA di tahun pertama. Setahun kemudian, tepatnya pada usia 17 tahun ia mendapat kontrak dari RCA Records.

Sebelum masuk rumah produksi, rapper kelahiran 21 Oktober 1995 ini sempat merilis sebuah lagu berjudul So High di SoundCloud. Salah satu lagu terhits dari album kedua, Hot Pink (2019) berjudul 'Say So', mengantarkan penyanyi penuh kontroversi ini ke dua kategori Grammy lainnya, yaitu Record of the Year dan Best Pop Solo Performance.

7. Megan Thee Stallion

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021instagram.com/theestallion

Publik mungkin masih ingat dengan keterlibatan Agnez Mo dalam sebuah video musik yang mengundang banyak kontroversi masyarakat Tanah Air pada tahun 2019 silam. Yap, video musik berjudul 'Hot Summer Girl' tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak karya Megan Thee Stallion yang berkolaborasi bersama Nicki Minaj dan Ty Dolla $ign.

Penyanyi dan rapper bernama asli Megan Jovon Ruth Pete ini juga lahir dari media sosial. Wanita yang lahir pada 15 Februari 1995 menempuh pendidikan di Prairie View A&M University. Sempat terhenti karena karier, kini Megan Thee Stallion tercatat sebagai mahasiswi Administrasi Kesehatan di Texas Southern University.

Tahun 2019 dan 2020 menjadi tahun keberuntungan baginya. Selain makin tenar di industri musik global, ia pun meraih banyak nominasi serta penghargaan. Selain Best New Artist pada ajang Grammy Awards 2021, Megan mendapat nominasi Record of the Year untuk lagu kolaborasinya bersama Beyonce, untuk lagu 'Savage', Best Rap Song, dan Best Rap Performance.

8. Noah Cyrus

Ada Adik Miley Cyrus, Yuk Kenalan dengan 8 Best New Artist Grammy 2021instagram.com/noahcyrus

Namanya sudah gak asing, ya! Menjadi nominasi termuda pada kategori Best New Artist, penyanyi bernama lengkap Noah Lindsey Cyrus ini telah aktif berakting sejak usia dua tahun, lho! Saat itu, anak bungsu dari Billy Ray Cyrus membintangi serial 'Doc' dan berperan sebagai Gracie Herbert.

Karier musik adik Miley Cyrus ini dimulai saat dirinya bergabung bersama perusahaan rekaman RECORDS dan Maverick pada 2016. Gadis kelahiran 8 Januari 2000 pun aktif menciptakan karya hingga berkolaborasi dengan para penyanyi ternama.

Sepanjang karier musiknya, Cyrus telah merilis dua mini-album, 17 single, dan 4 single promosi. Selain nominasi pada Grammy Awards 2021, di tahun 2020 ia mendapat satu nominasi BreakTudo Awards untuk single 'Young & Sad'.

Itu dia delapan selebriti industri musik yang menjadi nominasi dalam kategori Best New Artist pada ajang tahunan Grammy Awards ke-63. Penghargaan bergengsi bagi para insan musik tersebut akan digelar pada 31 Januari 2021. Dari delapan nama di atas, siapa yang jadi favoritmu, nih?

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

edith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya