Comscore Tracker

Profil Lisa Hanna, Miss World yang Disebut Jutek pada Kate Middleton

Figur politik berpengaruh Jamaika

Untuk pertama kalinya selama dua tahun pandemik COVID-19, pasangan Prince William dan Catherine Middleton melakukan perjalanan kenegaraan ke luar negeri. Disebut sebagai Tur Kepulauan Karibia, mereka menyambangi Belize, Jamaika, dan Bahama.

Tugas kerajaan satu minggu penuh ini guna memperingati Platinum Jubilee atau Peringatan ke-70 Queen Elizabeth II bertakhta memimpin Monarki Inggris dan Persemakmuran. Seperti biasa, Duchess of Cambridge selalu mencuri perhatian terutama soal penampilan primanya.

Namun, ada sebuah kejadian unik yang menjadi perhatian warga dunia maya. Viral di media sosial, sikap salah satu politisi Jamaika bernama Lisa Hanna dianggap menghina istri William. Disebut jutek pada Kate Middleton, ini dia profil singkatnya!

1. Mantan ratu kecantikan dunia

Profil Lisa Hanna, Miss World yang Disebut Jutek pada Kate MiddletonLisa Hanna (instagram.com/lisahannamp)

Sebelum terjun ke dunia politik, Lisa Rene Hanna merupakan ratu kecantikan sekaligus artis peran, lho! Perempuan kelahiran 20 Agustus 1975 ini merupakan Miss Jamaica dan Miss World tahun 1993. Ia menjadi orang ketiga Jamaika yang meraih gelar Miss World.

Pasca memenangkan ajang beauty pageant bergengsi dunia, Hanna mencoba peruntungan di industri hiburan. Ia mendapat peran kecil di film How Stella Got Her Groove Back (1998), di mana ia beradu akting dengan Angela Bassett, Taye Diggs, Whoopi Goldberg, dan Regina King. Ia pun pernah menjadi pembawa acara sebuah talk show di Jamaika.

2. Sukses berpolitik hingga menjadi menteri

Profil Lisa Hanna, Miss World yang Disebut Jutek pada Kate MiddletonLisa Hanna (instagram.com/lisahannamp)

Master Komunikasi University of the West Indies ini akhirnya banting stir ke dunia politik di tahun 2007. Ia bergabung dengan partai oposisi People's National Party. Hanna menjadi perempuan termuda Jamaika yang menjadi anggota parlemen untuk Saint Ann South East.

Karier politiknya terbilang mulus. Ibu satu anak ini bahkan menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Kebudayaan Jamaika untuk masa bakti tahun 2012-2016. Perempuan keturunan Lebanon-Jamaika-China ini maju dalam pemilihan ketua partai People's Nation Party pada 2020. Namun, ia kalah suara dari pengacara sekaligus politikus Mark Golding.

Baca Juga: Ini Lho Beda Miss Universe, Miss World, dan Miss Grand International

3. Duta organisasi internasional serta pebisnis andal

Profil Lisa Hanna, Miss World yang Disebut Jutek pada Kate MiddletonLisa Hanna (instagram.com/lisahannamp)

Sosok Hanna sudah memiliki wibawa dan pengaruh sejak ia masih berada di bangku sekolah. Saat mengenyam pendidikan Sekolah Menengah Atas di The Queen's School Jamaica, ia dinobatkan sebagai Goodwill Ambassador oleh United Nations Development Programme (UNDP). Peran tersebut masih ia jalankan dengan baik hingga kini.

Bersama suami, Richard Lake, Hanna menjalankan Lydford Logistics Ltd Group yang berpusat di Kingston, Jamaika. Perusahaan berskala internasional itu bergerak di bidang agrikultura, manufaktur, logistik, pemrosesan makanan, penyediaan bahan baku obat-obatan, penyimpanan dan pengiriman barang-barang besar di wilayah Karibia.

4. Vokal menentang rasisme dan perbudakan

Profil Lisa Hanna, Miss World yang Disebut Jutek pada Kate Middletonpotret Lisa Hanna dan putra, Alexander (instagram.com/lisahannamp)

Hanna tidak sepenuhnya berasal dari Jamaika. Ayahnya, Rene Hanna merupakan petani keturunan Lebanon. Sementara ibunya, Dorothy Hosang memiliki keturunan China. Tak pelak, instruktur karate ini mengalami rasisme dan perundungan saat kecil karena latar belakang keluarga yang multiras. Pengalaman tersebut mengakibatkannya trauma.

Selain rasisme, perempuan kelahiran Retreat, St. Mary Parish ini pun sangat vokal dengan sejarah Jamaika. Termasuk peristiwa kelam masa lampau saat orang-orangnya mengalami perbudakan dan penjajahan oleh bangsa Eropa terutama Inggris. Sampai saat ini, ia terus menggaungkan keadilan untuk rakyat Jamaika khususnya keturunan korban perbudakan.

5. Klarifikasi soal sikap jutek pada Kate Middleton

Nama Lisa Hanna viral beberapa hari ini berkat video berdurasi singkat yang memperlihatkan dirinya bersikap dingin dengan tak membalas senyuman Kate Middleton. Saat rombongan Kerajaan Inggris mendarat pertama kali di Jamaika, Hanna menjadi salah satu delegasi yang menyambut kedatangan Duke dan Duchess of Cambridge.

Hanna menyangkal tuduhan warga dunia maya atas sikap tidak menyenangkannya pada Kate Middleton lewat unggahan media sosial dan sebuah artikel di laman The Guardian. Ia menyatakan bahwa Jamaika dan seluruh masyarakat menyambut baik kehadiran anggota Kerajaan Inggris. Ia menyayangkan segelintir pihak yang memelintir fakta.

Dalam pernyataannya, Hanna pun menyinggung perbudakan bangsa kulit hitam yang dilakukan Kerajaan Inggris saat menjajah Jamaika dan Kepulauan Karibia ratusan tahun silam. Ia berharap, monarki tak hanya menunjukkan rasa sesal semata. Namun, memberi aksi nyata berupa kata maaf resmi dan tulus serta ganti rugi materil yang pantas. Sikap berani dan vokal Hanna sontak mendapat sambutan meriah serta pujian netizen Jamaika.

Baca Juga: 10 Potret Kunjungan Pangeran William dan Kate Middleton ke Belize

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

edith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya