Comscore Tracker

6 Film Sedih Bollywood tentang Berakhirnya Cinta karena Kematian

Kisah terbaik dari yang lawas sampai terbaru

Gak ada yang lebih menyedihkan selain cinta yang harus dipisahkan karena kematian. Sebab, sosok yang kamu cintai sudah gak ada lagi di dunia. Hanya ada kata merelakan dan mengikhlaskan saja setelahnya. Tema seperti ini juga cukup banyak diangkat menjadi cerita film, termasuk dalam dunia perfilman Bollywood. 

Berikut beberapa rekomendasi film terbaik yang berkisah tentang kematian tokoh utamanya saat memperjuangkan cinta. Dari kisah yang lawas sampai terbaru, nih!

1. Devdas (2002)

https://www.youtube.com/embed/8tuHQWGMQwY

Film berlatar tahun 1900-an ini mengangkat kisah cinta yang terhalang karena perbedaan kasta. Devdas dari kasta terpandang, sedangkan Parvati atau Paro hanya putri penyanyi yang kala itu masuk jajaran kasta rendah. Tapi Devdas dan Paro sudah mengenal sejak kecil sebab mereka bertetangga. Benih-benih cinta pun muncul di antara keduanya.

Tersinggung karena martabat keluarga Paro direndahkan ibunya Devdas, serta gak ada usaha dari Devdas untuk membela dan menunjukkan cintanya pada Paro, akhirnya ibu Paro menikahkan putrinya dengan lelaki beranak tiga, yang keluarganya lebih kaya raya dari keluarga Devdas.

Terlambat bagi Devdas yang baru menyadari bahwa cintanya ternyata hanya untuk Paro, setelah Paro jadi istri orang lain. Hidup Devdas hancur, ia tak lagi memedulikan kesehatan fisiknya. Dalam kondisi sekarat, Devdas melakukan perjalanan ke istana di mana Paro tinggal. Sayangnya, ia tetap tak mampu melihat Paro meski untuk terakhir kalinya.

2. Kal Ho Na Ho (2003)

https://www.youtube.com/embed/tVMAQAsjsOU

Mencintai tak harus memiliki, inilah kalimat yang pas untuk tokoh Rahul dalam film ini. Karena mengidap penyakit yang bisa merenggut nyawanya kapan saja, Rahul berusaha menyembunyikan cintanya pada Naina, padahal Naina juga menyimpan perasaan yang sama pada Rahul. Agar tak terjadi ikatan cinta, Rahul lantas berbohong pada Naina kalau ia sudah menikah.

Rahul pun menjodohkan Naina dengan sahabatnya, Rohit. Tepat dalam acara tunangan Naina dan Rohit, rahasia Rahul terungkap sebab ia ambruk dan dibawa ke rumah sakit. Naina pun paham, bahwa Rahul sebenarnya sangat mencintainya dan cintanya gak bertepuk sebelah tangan.

Apa yang Rahul lakukan hanya agar Naina tidak hancur melihat kematiannya, sebab kini ada Rohit yang bakal menghibur dan menemani Naina.

3. Ghajini (2008)

https://www.youtube.com/embed/_I0xx8Oj3Ww

Film ini diawali dengan adegan pembunuhan yang mengerikan. Tapi gak lama, kamu bakal dibawa pada kisah cinta Sanjay dan Kalpana yang sangat manis sekaligus kocak. Alur cerita yang maju mundur menghadirkan suasana yang kontras antara kebahagiaan di masa lalu dan kesedihan penuh dendam dimasa kini.

Ghajini yang menjadi judul film ini adalah nama dari tokoh jahat yang telah membunuh Kalpana, padahal sebentar lagi Sanjay akan menikahi gadis itu. Penjualan gelap anak gadis yang dilakukan Ghajini, terbongkar dan berhasil digagalkan oleh Kalpana, itulah yang menyebabkan gadis baik hati itu dibunuh.

Naas bagi Sanjay yang kepalanya juga ikut cedera saat berusaha menolong Kalpana, sehingga ia menderita hilang ingatan saban 15 menit. Kebayang kan seperti apa peliknya usaha Sanjay mencari Ghajini dengan kondisi seperti itu? 

Baca Juga: 10 Selebriti Bollywood Dengan Fobia Mereka yang Cukup Aneh

4. Bajirao Mastani (2015)

https://www.youtube.com/embed/eHOc-4D7MjY

Film berlatar abad ke 18 ini mengisahkan percintaan Bajirao pada Mastani yang ditentang kerajaan. Pertemuan mereka bermula saat Mastani meminta tolong pada Bajirao sebagai Peshwa kerajaan Maratha, untuk menolong kerajaan ayahnya dari serangan pasukan Mughal. Saat berkecamuknya peperangan, Mastani yang ingin menyelamatkan nyawa Bajirao, malah ditusuk belati oleh Bajirao karena kesalahpahaman. Saat mengobati luka Mastani itulah keduanya jatuh cinta.

Mastani rela meninggalkan kemewahannya sebagai putri raja untuk ikut bersama Bajirao, meski di kerajaan Bajirao ia tidak diterima dan diasingkan karena dianggap sebagai gundik biasa, terlebih karena Bajirao sudah memiliki istri sah kerajaan. Mastani tak peduli ia hidup susah dan direndahkan karena cintanya yang begitu besar pada Bajirao. 

Mereka pun dikaruniai seorang putra dan Bajirao ingin Mastani diterima di kerajaannya sebagai ratu. Tapi ibu Bajirao menentang, bahkan pihak saudara lain merencanakan pembunuhan pada Mastani dan sang anak, tapi berhasil diselamatkan Bajirao. Saat Bajirao bertugas melawan musuh dalam perang, Mastani ditangkap, dikurung dan disiksa dalam penjara. Mengetahui kabar itu, Bajirao marah besar, ia melampiaskannya pada musuh hingga peperangan itu dimenangkan olehnya sendirian.

Serangan membabibuta itu membuat Bajirao jatuh sakit dan sekarat. Serupa dengan kondisi Mastani di balik jeruji besi. Keduanya saling memanggil hingga maut merenggut nyawa di waktu yang sama tanpa sempat bersua.

5. Sanam Teri Kasam (2016)

https://www.youtube.com/embed/1IpBoMWRjm8

Saraswati yang dipanggil Saru adalah gadis norak yang sangat lugu. Tapi kepolosannya berhasil menakhlukan hati Inder, lelaki yang terlanjur mendapat label buruk karena pernah mendekam di penjara. Padahal Inder terpaksa membunuh karena ingin menyelamatkan bibinya yang mau diperkosa. Tentu cinta Inder ditentang ayah Saru, sebab ia ingin mendapat menantu lelaki lulusan IIT & IIM, bukan lulusan penjara.

Menyadari hal itu, Inder menyembunyikan perasaannya dan berusaha mencarikan lelaki lulusan IIT & IIM untuk Saru. Bahkan, ia membantu Saru mengubah penampilannya menjadi lebih modis dan cantik. Berhasil, Saru akhirnya berencana menikah dengan pria yang sesuai kriteria ayahnya. Saru berterimakasih pada segala bantuan Inder, kala itu ia belum mencintai Inder. Sedangkan dibalik senyumnya, Inder sedih sejadi-jadinya.

Tanpa diduga, hasil tes kesehatan sebelum menikah menunjukan bahwa Saru mengidap penyakit langka. Pria lulusan IIT & IIM itu mundur, ia tak mau menikahi Saru. Dalam kesedihan itu, Inder hadir menemani Saru dan menghiburnya hingga Saru jatuh cinta. Pada akhirnya mereka menikah meski waktu Saru untuk hidup tak akan lama. Saru pun meninggal dalam pelukan Inder.

6. Padmavaat (2018)

https://www.youtube.com/embed/X_5_BLt76c0

Film yang rilis awal tahun 2018 ini terinspirasi dari sajak epik karya Malik Muhammad Jayassi. Kisah kecantikan Padmavaat memang terkenal di seantero kerajaan kala itu. Seorang Sultan bernama Alauddin dari dinasti Khilji juga terpesona pada Padmavaat dan ingin memiliki ratu Rajput itu dengan segala cara. Perangai Sultan yang buruk dan kejam membuatnya melakukan intrik kotor demi mendapatkan Padmavaat. Hingga diakhir usahnya, Alauddin menyerang kerajaan Rajput dan membunuh sang Raja dengan pertarungan yang licik.

Mengetahui suaminya telah meninggal di tangan Alauddin, Padmavaat ingin menjaga kesucian dirinya dengan melakukan Jauhar, yakni bunuh diri massal kerajaan Hindu dengan cara membakar diri untuk terhindar dari perbudakan penjajah muslim. Ia tak ingin disentuh sedikitpun oleh Sultan Khilji yang bengis itu, hati dan dirinya hanya untuk suaminya. Tragis sekali, ya!

Faktanya aksi Jauhar ini memang pernah dilakoni para wanita kerajaan Hindu Rajasthan pada tahun 1303 Masehi saat menerima kekalahan perang oleh tentara muslim dinasti Khalji. Karena itu, sajak yang menginspirasi film ini memang lahir dari kisah nyata masa lampau.

Itulah keenam film sedih Bollywood yang kisah percintaannya harus pupus oleh kematian. Sudah pernah nonton? Judul mana nih yang menurutmu paling menguras emosi dan air mata?

Baca Juga: 5 Film Populer Hrithik Roshan Buat Kamu yang Suka Bollywood

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya