Comscore Tracker

5 Drama Bittersweet yang Membuatmu Ikut Merefleksikan Kehidupan

#ANGPOIN Kdrama memang tiada duanya!

Beberapa tahun belakangan, banyak Kdrama yang mengangkat konflik sensitif disamping tema romantis. Drama-drama yang ada sekarang membuat para pemain dan penonton saling menanyakan atentang kehidupan.

Terkadang drama-drama ini juga membantu menghadirkan solusi ataupun ide bagi penonton yang memiliki kesulitan mirip seperti dalam cerita. Wah, kira-kira drama apa saja ya yang sarat akan makna kehidupan ini?

1. Misaeng (Incomplete Life)

5 Drama Bittersweet yang Membuatmu Ikut Merefleksikan Kehidupanasianwiki.com

Drama ini menceritakan bagaimana Jang Geu Rae (Im Si Wan) harus menerima bahwa hidup tidak pernah adil. Disamping itu setiap saat manusia dihadapkan dengan persaingan yang terkadang membuat kita bingung sebenarnya siapa pesaing itu sendiri.

Walau penuh konflik kehidupan dan guncangan emosional, drama ini berakhir manis untuk setiap tokoh. Jang Geu Rae akhirnya bisa hidup bahagia ketika ia menyadari bahwa satu-satunya pesaing dalam hidupnya adalah dirinya sendiri dan akhirnya ia mampu menghargai dirinya sendiri.

2. Age of Youth 1 & 2

5 Drama Bittersweet yang Membuatmu Ikut Merefleksikan Kehidupandramabeans.com

Untuk para gadis yang baru masuk kuliah, sedang kuliah, atau baru lulus kuliah, drama bertemakan quarter life crisis ini akan sangat membantumu. Ketika quarter life crisis bisa hit you hard like a truck, drama ini mengajarkan bagaimana untuk tetap tenang dan mendukung diri sendiri serta orang lain.

Dengan kombinasi konflik sederhana dan rumit, tiap episode Age of Youth memberikan dukungan tersendiri bagi penontonnya. Drama ini seakan mengingatkan bahwa "kehidupan memang berjalan seperti tali yang rumit, tetapi pada akhirnya kita selalu bisa menguraikannya."

Baca Juga: 6 Web Drama Korea yang Tayang Tahun 2019 Ini Sayang Dilewatkan

3. SKY Castle

5 Drama Bittersweet yang Membuatmu Ikut Merefleksikan Kehidupanforbes.com

Ada tiga pertanyaan besar dalam drama ini, kamu ingin hidup seperti apa, menjadi orang seperti apa, dan apakah yang kamu yakini memang benar-benar baik? Tentunya ini adalah salah satu drama paling mindblowing di jagat Hallyu wave.

SKY Castle mengingatkan kita dan para orang tua, apakah kita hidup dengan baik demi pendapat orang lain atau demi diri sendiri? Selain itu, drama ini juga mengisahkan betapa pentingnya menjaga kesehatan mental.

4. It's Okay, That's Love

5 Drama Bittersweet yang Membuatmu Ikut Merefleksikan Kehidupanseoulbeats.com

Jika kamu ingin belajar menerima diri sendiri dan menghadapi masa lalumu yang tidak cukup mengenakkan, drama ini akan memberimu inspirasi. Tema kesehatan mental, keluarga, dan hubungan romantis bersanding apik di drama ini.

Selain penerimaan diri, It's Okay, That's Love juga mengajarkan bagaimana berdamai dengan orang lain. Dan yang pasti, kamu akan melihat akting DO EXO yang brilian bahkan sejak awal karier!

5. My Mister

5 Drama Bittersweet yang Membuatmu Ikut Merefleksikan Kehidupandramabeans.com

Bagi penggemar IU, kamu akan menemukan kejeniusan akting doi di sini. Belajar dari kisah Ji An (IU) dan orang di sekitarnya, kamu bisa mengambil pelajaran bahwa hubungan antar manusia sesungguhnya sangat indah walaupun rumit.

Karakter Lee Sun Kyun dan IU di sini mengajrakan bahwa kita harus peka terhadap perasaan orang lain di sekitar kita. Terlebih lagi, kita tidak boleh menilai orang dari bagaimana kita melihatnya, tetapi bagaimana kita mengenalnya. 

Selain drama-drama di atas, masih banyak drama lain yang memiliki banyak pelajaran hidup. Pokoknya, kamu tidak akan pernah kehabisan stok drama Korea yang berbobot, deh!

Baca Juga: 7 KDrama Pendek Romantis Ini Cocok Ditonton Maraton Seharian

Novia Aisyah Photo Community Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You