Comscore Tracker

5 Pesan Paruh Awal 'My Unfamiliar Family' sebelum Jalin Relasi Serius

Terkadang hubungan toksik juga gara-gara kamu sendiri lho

Selain It's Okay to Not Be Okay, KDrama lain dari tvN yang tak kalah menarik saat ini adalah My Unfamiliar Family. KDrama ini fokus pada cerita tentang keluarga, self-healing, empati, romansa, seksualitas, dan sebagainya. 

Banyaknya dialog dan kejadian yang bersentuhan dengan situasi psikologis, membuat drama ini dapat menyalurkan banyak pesan ke penonton, utamanya dalam menjalin relasi serius. Karena itu, simak 5 pesan dari paruh awal drama ini sebelum jalin relasi serius ya!

1. Menjadi bucin tidak boleh sampai membuatmu selfless

5 Pesan Paruh Awal 'My Unfamiliar Family' sebelum Jalin Relasi SeriusInstagram.com/tvndrama.official

Kamu tidak pernah mengatakan yang kamu suka atau tidak suka.
Jangan lakukan itu kali ini.

-Park Chan Hyuk-

Banyak orang berusaha begitu keras agar dicintai sehingga membuat pasangannya merasa mudah dalam memanfaatkan perasaan orang tersebut. Salah satu alasan dari bucin berlebihan ini adalah rasa harga diri yang rendah. 

Oleh karena itu, sebelum menjalin hubungan, sadari dulu bahwa dirimu berharga. Jangan mengabaikan perasaan atau insting yang menyebutkan 'seharusnya tidak begini'. Hanya fokus memberi tanpa memperhatikan dirimu sendiri hanya akan mengarahkan pada hubungan yang penuh toksik dan merusak diri sendiri. 

2. Dorong dirimu untuk lebih jujur, transparan, dan vokal terhadap pasangan

5 Pesan Paruh Awal 'My Unfamiliar Family' sebelum Jalin Relasi SeriusInstagram.com/tvndrama.official

Dalam drama ini, ada kesalahpahaman yang telah berjalan selama puluhan tahun, meskipun sebetulnya dapat diselesaikan dalam kurang dari sehari. Kesalahpahaman tersebut adalah Lee Jin Sook (Won Mi Kyung) yang mengira dan menyimpulkan sepihak bahwa suaminya, Kim Sang Shik (Jung Jin Young) berselingkuh hingga berkeluarga lagi. 

Padahal, faktanya Kim Sang Shik hanya bertanggung jawab menanggung sebuah keluarga yang pernah ia celakakan. Begitu juga Kim Sang Shik yang tak mau jujur atas persoalan ini turut menumbuhkan dan menyuburkan kesalahpahaman. 

Andai saja masing-masing pasangan ini memaksa diri mereka lebih jujur, transparan, dan vokal, persoalan tak akan sampai berlarut dan memborok lebih besar. Apalagi, defisiensi komunikasi seperti ini tidak jarang menimbulkan kegaduhan pada anggota keluarga lain juga.

3. Sebelum berumah tangga, 'rapikan' dulu apa yang ada dalam dirimu

5 Pesan Paruh Awal 'My Unfamiliar Family' sebelum Jalin Relasi SeriusInstagram.com/tvndrama.official

Aku membenci caramu berusaha keras memiliki keluarga saat kamu muak dan lelah dengan keluargamu.
Kamu membenci keluargamu, tapi apa keluarga kita baik-baik saja?

-Yoon Tae Hyung-

My Unfamiliar Family juga menceritakan bagaimana imbas dari inner self yang masih terlampau carut-marut terhadap rumah tangga. Ini digambarkan pada rumah tangga Kim Eun Joo (Chu Ja Hyun) dan Yoon Tae Hyung (Kim Tae Hoon).

Keduanya memutuskan menikah ketika sama-sama lelah dengan keluarganya dan tidak punya gambaran keluarga yang hangat dari asal masing-masing. Karena sama-sama belum pernah menyembuhkan diri sendiri, keduanya jadi tidak cukup kuat untuk membentuk keluarga yang kokoh dan hangat, terlepas dari rahasia pribadi Yoon Tae Hyung yang akhirnya terungkap. 

Baca Juga: 10 Potret Kim Ji Seok, Pemeran Park Chanhyuk di 'My Unfamiliar Family'

4. Sebelum berkomitmen dengan pasangan yang baru, beri definisi yang jelas dengan hubungan sebelumnya

5 Pesan Paruh Awal 'My Unfamiliar Family' sebelum Jalin Relasi SeriusInstagram.com/tvndrama.official

Tolong jelaskan perbedaan antara putus dan menjauh.

-Kim Eun Joo-

Sebagian penonton mungkin gemas ketika melihat Im Gun Joo (Shin Dong Wook) secara blak-blakan meminta tetap berkencan dengan Kim Eun Hee (Han Ye Ri), padahal dirinya masih dalam status yang 'pacaran-tidak pacaran' dengan Jeon Ha Ra (Bae Yoon Kyoung).

Hubungan sebelumnya dengan status yang tak jelas seperti itu, tidak hanya berpotensi polemik pada hubungan yang selanjutnya, tapi juga melukai pasangan yang baru. Karena itu, sikap dan status definitif juga perlu untuk memberikan batas serta rasa kepastian. 

5. Jangan memaksakan diri jika memang tidak benar-benar ingin berkomitmen

5 Pesan Paruh Awal 'My Unfamiliar Family' sebelum Jalin Relasi SeriusInstagram.com/tvndrama.official

Beruntung sekali kita berada di waktu di mana kesadaran untuk tidak buru-buru menikah dan pilihan menikah/tidak menikah digalakkan. Di masa orang tua kita, keputusan menikah mungkin tidak cukup memberi kesempatan untuk mengalami dilema, diakibatkan oleh kultur yang ada saat itu. 

Situasi layaknya orang tua kita tersebut digambarkan oleh Lee Jin Sook (Won Mi Kyung) dan Yoon Tae Hyung (Kim Tae Hoon). Dikarenakan kultur yang menyesakkan, keduanya memutuskan menikah. 

Di zaman sekarang di mana semuanya jauh lebih manusiawi, kita beruntung dapat benar-benar mempertimbangkan soal komitmen, utamanya pernikahan. Karena itu, manfaatkan keuntungan ini sebaik-baiknya dan tangguhkan dirimu ya.

Itu dia beberapa pesan yang dapat diperoleh dari paruh awal My Unfamiliar Family. Putuskan dan jalankan komitmen apa pun dengan kesadaran penuh ya. 

Baca Juga: 12 Quotes KDrama 'My Unfamiliar Family' yang Cocok untuk Self-Healing

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya