Comscore Tracker

7 Konsep yang Paling Sering Dipakai untuk MV KPop!

Bisa kamu temukan di semua grup KPop!

Seperti kita tahu, yang membuat KPop mampu mendunia bukan hanya dandanan, musik, dan tarian ikonik para boyband dan girlband saja. MV para grup idol juga adalah salah satu faktor yang mampu menarik orang dari seluruh dunia. 

Hingga akhirnya, beberapa tahun terakhir ini orang-orang semakin ramai membuat MV reaction segera setelah sebuah MV dirilis. Dari ratusan, atau mungkin ribuan MV KPop, ada beberapa konsep yag paling sering digunakan, dan 7 tema ini di antaranya!

1. Sci-Fi atau futuristik

https://www.youtube.com/embed/vLbfv-AAyvQ

Tema futuristik cukup sering ditemukan dalam video-video milik para boyband, seperti Jopping milik Super M atau Error milik Vixx. Tapi, ada juga beberapa girlband yang pernah menggunakan konsep ini.

Dari girlband generasi kedua, ada MV Like Money milik Wonder Girls feat. Akon atau Come Back Home milik 2ne1. Untuk girlband kekinian, ada MV Secret milik Cosmic Girls. 

2. Seragam sekolah

https://www.youtube.com/embed/0VKcLPdY9lI

Konsep seragam sekolah memang awal yang manjur untuk memperkenalkan KPop ke seantero dunia. Hingga kini, konsep MV menggunakan seragam sekolah masih sangat sering digunakan.

Beberapa MV yang menggunakan konsep ini adalah Rough (GFriend), Growl (EXO), bahkan Boy in Luv (BTS). Sepertinya, konsep ini akan populer selamanya karena seragam sekolah ala Korea memang lucu-lucu!

3. Bad girl atau bad boy

https://www.youtube.com/embed/nVCubhQ454c

Kalau membaca konsep bad boy, pasti kamu langsung ingat MV Red Velvet yang judulnya Bad Boy kan? Tapi, baik konsep atau lagu KPop yang judulnya bad boy/girl  sebenarnya ada banyak lho!

Ngomong-ngomong, yang cukup sering menggunakan konsep MV seperti ini adalah Blackpink. Beberapa contoh MV dengan tema bad boy/girl adalah Kill This Love (Blackpink), Bad Girl Good Girl (Miss A), Lion Heart (SNSD), dan sebagainya. 

Baca Juga: 5 MV Girl Grup KPop yang Berkonsep Polos dan Elegan, Tambah Memesona!

4. Seluruh member menyukai orang yang sama

https://www.youtube.com/embed/2O6dRaBbFoo

Tema seperti ini bisa jadi adalah yang paling bikin iri para KPopers. Pasti kalian juga pernah berpikir kalau yang jadi modelnya sangat beruntung kan?

Konsep ini bisa kamu temukan di I Got a Boy (SNSD), Confession (ASTRO), Goodbye Road (iKON), dan banyak lagi. MV dengan jalan cerita seperti ini sering banget kok ditemukan!

5. Retro

https://www.youtube.com/embed/GHu39FEFIks

Tema MV yang bernuansa retro sebenarnya cukup sering terlihat dalam video-video untuk lagu K-Indie. Tapi, tidak jarang juga digunakan para idola KPop.

Salah satu idol yang paling sering menggunakan konsep ini adlaah IU! Tema ini bisa kamu temukan di MV Sogyeokdong (IU), Rolly Polly (T-Ara), Hoot (SNSD), dan banyak lainnya. 

6. Seragam dinas

https://www.youtube.com/embed/6SwiSpudKWI

Kostum panggung seragam dinas memang masih sangat diminati hingga saat ini. Padahal, konsep ini bahkan sudah ada sejak KPop generasi-generasi sebelumnya.

Salah satu konsep seragam dinas yang sangat legendaris dan ikonik adalah, di MV Genie punya SNSD atau Everybody punya SHINee. Kalau untuk MV yang lebih kekinian, kamu bisa menemukannya di MV Boss milik NCT U.

7. Fairy tales

https://www.youtube.com/embed/Q0xvVgKJxfs

Selain konsep sci-fi atau futuristik, konsep fairy tale juga sangat imajinatif dan bisa membuatmu terkagum-kagum saking kerennya. Meskipun konsep fairy tale terkadang tidak ditampilkan secara lugas, tema ini bisa dibilang sangat sering digunakan. 

Kamu bisa melihat tema fairy tale di MV Red Shoes (IU), Sweat Blood Tears (BTS), Good Evening (SHINee), TT (Twice), dan banyak lagi lainnya. Yang paling membuat KPopers terkagum dengan konsep ini tidak lain adalah properti dan kostum dalam MV tersebut!

Kreatifitas dalam MV KPop memang bisa dibilang sangat inspiratif dan membuat penasaran tiap ada comeback baru. Dari sederet konsep ini, mana yang jadi favorit kalian?

Baca Juga: 5 MV KPop Ini Akan Memanjakan Matamu dengan Pemandangan yang Indah 

Novia Aisyah Photo Community Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You