Comscore Tracker

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!

Goo Hye Sun ternyata sudah menerbitkan empat buku lho!

Untuk semakin mengenali idolamu, selain menonton reality atau variety show , kamu juga bisa membaca buku mereka lho! Iya, di antara seabrek seleb Korea, ternyata beberapa dari mereka ada yang sudah pernah merilis buku!

Jika orang biasanya hanya tahu Tablo dan Goo Hye Sun, sebenarnya sebagian idol-idol Korea yang lain juga pernah merilis buku. Siapa saja mereka?

1. Hyo Yeon - SNSD

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!koreaboo.com

Bagi kamu yang belum lama menjadi fans Kpop, mungkin belum tahu bahwa Hyo Yeon pernah menerbitkan sebuah buku bertema fashion berjudul Hyo Style. Buku ini dirilis pada tahun 2015 dan berisi style pribadinya, serta berbagai tips makeup.

2. Lee Hong Ki - FT Island

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!hancinema.net

Musisi, aktor, MC, DJ radio, sekaligus nail artist ini memang sering memamerkan kebolehan dalam menghias kuku. Pada tahun 2013, Hong Ki merilis Lee Hong Ki Nail book dan buku ini memuncaki pre-order di Jepang serta jadi best-seller di Korea. 

3. Jong Hyun - SHINee

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!soompi.com

Berbagai pemikiran Jong Hyun yang mendalam sempat ia bukukan dengan judul Skeleton Flower: Things That Have Been Released and Set Free yang dirilis pada 2015. Selain menceritakan perjalanannya menulis lagu, Jong Hyun juga menyertakan tulisan motivasi dan berbagai foto yang ia ambil sendiri. 

4. Tablo - Epik High

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!kstarlive.com

Lulusan master dari Stanford University ini memang mekaniknya kata-kata dari Korea. Pada 2008, Tablo merilis kumpulan cerpen berbahasa Inggris berjudul Pieces of You yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Korea. Kemudian, pada 2016 ia merilis lagi sebuah buku berjudul BloNote.

Baca Juga: Bertabur Bintang, Ini 10 Drama Korea yang Tayang September 2019

5. Lee Hyori

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!kpopchart.net

Pada 2012, Lee Hyori menulis sebuah buku berjudul Closer: The Story of Hyori and Soon Shim dan langsung sold-out dalam lima hari. Buku yang bergaya foto esai ini menceritakan berbagai kisah Hyori tentang adopsi dan perlindungan hewan. Tidak hanya sampai di situ, semua keuntungan buku ini juga ia donasikan ke PETA.

6. BigBang

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!The Washington Post via scmp.com

BigBang pernah menuliskan autobiografi mereka ke dalam sebuah buku berjudul Shouting Out to the World. Buku yang rilis pada 2009 ini juga berisi ungkapan para member sebagai idol termasuk berbagai tantangan yang harus dihadapi. Dan sudah bisa diduga, buku ini menjadi best-seller nomor satu di Korea saat itu.

7. Goo Hye Sun

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!koreaboo.com

Aktris, musisi, sutradara, seniman, serta penulis buku ini tidak terasa telah menulis empat buku sejak tahun 2010. Buku-buku yang ia tulis adalah The Making of Magic (2010), Tango (2009), The Peach Tree (2012), dan terakhir Tears are Heart-Shape yang baru dirilis Juli lalu.

Dalam novel terbarunya ini ia mengungkapkan ada banyak cerita tentang hubungannya dengan Ahn Jae Hyun.

8. Hee Chul - Super Junior

8 Seleb Korea yang Diam-diam Pernah Merilis Buku, Ada BigBang!sg.carousell.com

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Jepang, ada baiknya kamu melihat buku milik Hee Chul ini dulu. Buku yang berjudul My Ramen-Ful Life ini berisi kumpulan foto yang menceritakan perjalanan Hee Chul menjelajahi kuliner ramen di seantero Jepang. 

Untuk idol-idol yang katanya suka baca buku seperti RM, Kai, dan Cha Eun Woo, kira-kira mereka punya rencana menulis buku juga tidak ya?

Baca Juga: 5 Aktor Korea Ini Pernah Berperan Jadi Duda di KDrama, Bikin Kesemsem!

Novia Aisyah Photo Community Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You