10 Dance Ikonik Grup KPop Generasi Kedua yang Selalu Populer

Hayo, kamu sudah pernah coba cover belum?

KPop generasi kedua adalah era yang sangat notable dalam dunia permusikan Korea. Pada era ini, para boyband dan girlband mampu menembus sekat hingga menciptakan Hallyu Wave di dunia.

Para grup yang debut di generasi kedua ini contohnya Super Junior dan SNSD, BEAST, KARA, 2PM dan 2AM, TVXQ, BigBang, Rain dan lain-lain. Hingga lebih dari 10 tahun kemudian, lagu dan tarian mereka tetap abadi. Kira-kira dance mereka yang paling ikonik apa saja ya?

1. SNSD- Gee

https://www.youtube.com/embed/nMVVGj0iLSI

Saking populernya, kamu akan kesulitan menghitung berapa banyak akun YouTube yang me-cover lagu ini. Bahkan beberapa tahun lalu, ada sekumpulan bapak-bapak dari Jepang yang hobi menirukan tarian-tarian SNSD, salah satunya Gee

Di awal MV Gee, video sudah terlihat eye-catching dengan para member yang berpose manequin. Dan gerakan yang paling dihafal penonton tentu saja gerakan ke samping ala kepiting, cute dan unik!

2. Super Junior- Sorry Sorry

https://www.youtube.com/embed/-PW0F6cdsvk

Gerakan menggosokkan kedua tangan ala Sorry Sorry sudah pasti dikenali tidak hanya oleh kalangan penggemar, bahkan orang yang awam KPop sekalipun. Gerakan dalam lagu Sorry Sorry sebenarnya cukup sulit lho, namun orang-orang suka menirukannya.

Lagu ini bahkan tetap populer hingga saat ini, dan hingga lintas benua. Dalam banyak program TV, lagu Sorry Sorry masih sering dinyanyikan, seperti di salah satu episode Hello Councelor di mana beberapa member Super Junior jadi bintang tamunya.

3. Brown Eyed Girls- Sign

https://www.youtube.com/embed/BA2-a-Kg6aY

Dance dalam lagu Brown Eyed Girls yang berjudul Sign ini sangat populer karena mereka menyertakan kipas sebagai properti tarian. Brown Eyed Girls sendiri adalah girlband yang memiliki konsep cukup berbeda, yaitu gelap dan seksi.

Lagu-lagu milik Brown Eyed Girls juga selalu menyajikan imej fierce. Namun, di lagu ini, tarian lebih banyak berpusat pada gerakan tangan menggunakan kipas.

4. TVXQ- Mirotic

https://www.youtube.com/embed/dWVd84BpaUk

Lagu berjudul Mirotic ini adalah comeback spektakuler TVXQ. Lagu ini bahkan tidak hanya disukai oleh fans Korea, khususnya perempuan. Hal ini karena lagu Mirotic juga salah satu playlist dalam game online internasional Ayo Dance.

Sehingga, banyak gamers di seluruh dunia juga menyukainya. Tarian dalam lagu ini juga banyak di-cover karena memiliki gerakan yang temponya tidak terlalu cepat dan mudah ditirukan. Wah, jadi kangen sama mereka ya?

Baca Juga: Genius Dancer, 5 Idol KPop Ini Dapat Mengingat Koreo dengan Cepat Lho!

5. KARA- Mister

https://www.youtube.com/embed/c4Dplb8He_U

Girlband bergenre imut memang sangat populer di KPop generasi kedua. Salah satu girlband yang paling notable adalah KARA. Kelima member KARA ini bahkan sepanjang karir juga berjaya di Jepang.

Dalam lagu ini, mereka memiliki kostum dan gerakan yang sangat ikonik. Kostum mereka yang ala montir sangat cocok digunakan untuk gerakan dance Mister.

6. 2PM- Hands Up

https://www.youtube.com/embed/zYEJopt2Kds

Grup yang pernah dibilang Kyu Hyun SuJu sebagai pria-pria sehat kebanggaan Korea ini di awal debutnya memiliki Jay Park sebagai salah satu member sekaligus leader. Karena suatu hal, kemudian Jay Park memilih karier solo.

Sejak awal debut, 2PM sangat mudah merebut perhatian dengan lagu-lagu mereka. Salah satunya adalah lagu Hands Up yang memiliki gerakan sangat mudah ditirukan, yaitu mengangkat tangan ke atas sambil berjingkrak-jingkrak.

7. Beast- Shock

https://www.youtube.com/embed/RMYXJn8tc6k

Sebelum berubah menjadi Highlight, sebelumnya boyband ini bernama Beast. Beast terkenal lewat lagu debut yang berjudul Bad Girl dan MV mereka yang berjudul Beautiful dibintangi oleh Naeun (sebelum tergabung menjadi member Apink). 

Lagu yang berjudul Shock sendiri memiliki gerakan ikonik dengan tangan yang mengisyaratkan sebuah hentakan. Lagu ini memiliki nuansa maskulin dan gelap, membuat penampilan Beast terlihat gahar.

8. BigBang-Fantastic Baby

https://www.youtube.com/embed/Gn8mfNvGVYQ

Jika kamu ingin membuat cover lagu BigBang yang sungguh unik dan dance-nya tidak sulit, lagu ini bisa banget. Fantastic Baby juga memiliki MV yang sungguh menarik karena konsep yang dihadirkan.

Gerakan dalam lagu Fantastic Baby sangat mudah dihafal, selain itu di sini GD memiliki gaya rambut yang tidak akan pernah dilupakan. Bahkan, gaya rambutnya sendiri sudah sering diparodikan oleh berbagai artis dan komedian.

9. Wonder Girls- Nobody

https://www.youtube.com/embed/3ODKAhLm1oU

Lagu dengan MV yang berkonsep klasik ini mampu membuat Wonder Girls terkenal tidak hanya di Korea, bahkan di berbagai belahan dunia. Para member di sini memiliki kostum yang juga sangat unik dan belum pernah ditampilkan girlband Korea mana pun sebelumnya.

Gerakan  menolak dengan jari telunjuk, bertepuk tangan, serta mengangkat satu kaki adalah rangkaian gesture ikonik lagu Nobody. Saat lagu ini booming, siapa pun suka menirukannya dikarenakan juga tariannya yang cukup mudah dan lucu.

10. Rain- Love Song

https://www.youtube.com/embed/hIxCkSu759A

Suami dari Kim Tae Hee ini selain aktif berkarier sebagai aktor, ia adalah salah satu solois pria yang cukup sukses. Salah satu lagu milik Rain yang hingga saat ini sering di-cover atau diparodikan adalah yang berjudul Love Song ini.

Tidak jarang, para seleb pria menirukan gerakan body wave ala Rain. Sudah lama sejak Rain terakhir promosi sebagai penyanyi solo, semoga ia segera comeback dengan lagu-lagu yang baru ya!

Para idola ini masih sangat aktif lho sampai sekarang. Walaupun sebagian sudah mengalami perombakan anggota dan pasang surut karier, tapi kita perlu salut karena mereka mampu membuat KPop mendunia. Melegenda sekali ya!

Baca Juga: 5 Dance Ini Sering Dicover di Kalangan Idol KPop, Populer Banget!

Novia Aisyah Photo Community Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You