5 Genre KDrama yang Perlu Ditonton saat Kamu Butuh Pesan Mendalam

Cocok buat kamu yang suka mikirin hidup

Mungkin terkadang kamu menginginkan sebuah tontonan yang lebih dari menghibur, yaitu sekaligus membuatmu mendapat banyak pelajaran darinya. Tontonan seperti ini, tentu kita semua tahu, bisa sekali didapatkan dari KDrama.

Namun, ada beberapa genre tertentu yang memang dapat dipastikan akan memberikanmu puluhan pesan yang mendalam. Ini dia 5 genre KDrama tersebut!

1. Investigasi-thriller

5 Genre KDrama yang Perlu Ditonton saat Kamu Butuh Pesan Mendalam.hancinema.net

Genre thriller-misteri-investigasi dalam KDrama sama sekali tidak bisa diremehkan. Banyak sekali KDrama dalam genre ini yang mempunyai cerita penuh detil dan kompleks, namun di samping itu juga rapi.

KDrama genre ini membuat penonton keluar dari imajinasi yang nyaman menuju gambaran kenyataan hidup yang aneh dan terkesan tak tersentuh. Tidak jarang, KDrama genre ini mengangkat isu-isu sangat sensitif seperti pelecehan seksual di panti asuhan, kekerasan terhadap anak berkebutuhan khusus, hingga berbagai problem kesehatan mental yang serius.

Beberapa contoh KDrama investigas-misteri-thriller yang bisa kamu tonton sebagai permulaan adalah, Voice 1-3, 365: Repeat the Year, Class of Lies, Extracurricular, dan SKY Castle.

2. Slice of life

5 Genre KDrama yang Perlu Ditonton saat Kamu Butuh Pesan Mendalamsoompi.com

Tidak dipungkiri, KDrama genre ini adalah sumbernya pesan-pesan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. KDrama slice of life memang tidak punya plot yang bombastis, dramatis, dan neko-neko, tapi punya banyak makna yang seringkali justru kita lewatkan. 

Selain itu, aspek paling indah dari KDrama bergenre slice of life adalah sensasinya yang membuat penonton merasa nyaman. KDrama genre ini tidak membuat penonton banyak berpikir saat menontonnya, tapi mendorong penonton melakukan banyak refleksi setelah menontonnya. 

Beberapa KDrama genre slice of life yang pasti tak asing di telingamu adalah Reply series, Prison Playbook, Because This is My First Life, dan My Mister. 

Baca Juga: 5 KDrama Bergenre Slice of Life, Relatable Banget!

3. Healing romance

5 Genre KDrama yang Perlu Ditonton saat Kamu Butuh Pesan MendalamInstagram.com/tvndrama.official

Meski genre healing romance telah muncul sejak beberapa tahun lalu, baru pada 3 tahun belakangan KDrama genre ini semakin mendulang popularitas. KDrama healing romance selalu menarik untuk ditonton karena menghadirkan empati dan membangkitkan kesadaran diri pada diri para penonton sendiri. 

Genre ini harus diakui juga berperan dalam mendorong penerimaan masyarakat atas segala bentuk penyakit mental, melalui dialog-dialognya yang mereduksi stigma dan mengedukasi. Saat ini, KDrama healing romance paling diminati adalah It's Okay to Not be Okay. Selain KDrama tersebut, beberapa contoh lain yang tak kalah ciamik adalah Fix You, Kill Me Heal Me, atau It's Okay, That's Love.

4. Female-focused

5 Genre KDrama yang Perlu Ditonton saat Kamu Butuh Pesan Mendalamhancinema.net

Kesadaran akan ketimpangan gender telah memanas selama beberapa tahun belakangan di berbagai belahan dunia. Hal ini membuat KDrama genre female-focused yang seringkali bercirikan tokoh perempuan mandiri dan antistereotip, menjadi sangat ramai penonton. 

Penonton, terutama kalangan perempuan, seakan mendapatkan energi dari KDrama bergenre ini. Untuk lebih membuka pikiran, genre female-focused memang tidak seharusnya dilewatkan. Dari sekian banyak contoh KDrama genre ini, beberapa yang sangat berkesan adalah Search WWW, Empress Ki, Rookie Historian Goo Hae Ryung, atau juga Hotel del Luna

5. Profesi

5 Genre KDrama yang Perlu Ditonton saat Kamu Butuh Pesan Mendalamhancinema.net

KDrama genre profesi biasanya bercampur dengan genre turunan seperti slice of life atau bahkan thriller. Sebetulnya, genre ini sama sekali tidak membosankan seperti yang beberapa fans KDrama kira. Malahan, genre profesi banyak menyuguhkan seluk beluk karir tertentu berdasarkan riset penulisnya.

Genre ini memang terkadang tidak menyajikan dialog dan adegan yang membuat penonton terbawa perasaan karena kebanyakan makna utamanya tentang struggling/perjuangan. Tapi, KDrama profesi adalah rujukan yang akan senantiasa membuatmu sadar dengan hidup ini sebetulnya seperti apa.

Jika kamu menginginkan KDrama profesi yang cukup pedas, cobalah tonton Money Game atau Incomplete Life. Jika kamu menginginkan KDrama yang mengulik sebuah profesi dengan mendalam, maka Black Dog ataupun Hospital Playlist adalah rujukan yang tepat. 

Genre dalam KDrama memang sangat bervariasi. Tidak menutup kemungkinan, selain 5 genre di atas ada genre lain yang juga penuh dengan pesan-pesan mendalam. 

Baca Juga: 5 KDrama Ini Tunjukkan Pentingnya Cewek untuk Mandiri

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya