Comscore Tracker

Ingat 5 Pesan Album Sleepless in Milik Epik High Ini Saat Ambyar!

Epik High emang paham banget sama KPopers ambyar!

Saat merasa ambyar, pasti sebagian dari kamu lebih memilih lagu bernuansa galau daripada yang menyenangkan. Mungkin salah satunya adalah karena kamu mencari sesuatu yang bisa memahami apa yang kamu rasakan. Wajar dan 100% tidak apa-apa kok.

Yang penting, jangan biarkan rasa ambyarmu terlalu lama hinggap dan merenggut hidupmu ya! Karena itu, ingat 5 pesan dari lagu-lagu album Sleepless in milik Epik High ini!

1. Dalam sebuah perpisahan, jangan berpikir hanya kamu satu-satunya yang menderita - No Different (feat. Yuna)

Ingat 5 Pesan Album Sleepless in Milik Epik High Ini Saat Ambyar!Instagram.com/blobyblo/

Baby you and me ain’t no different (sayang, kau dan aku tidaklah berbeda)
We are one and the same, the two of us (kita satu dan sama, kita berdua)
We suffer the same condition (kita menderita situasi yang sama)
Love (cinta)

Terkadang, saat berpisah dengan seseorang kita terlalu fokus menjadikan diri kita sebagai korban. Meski mungkin begitu kenyataannya, dalam perpisahan manapun semua pihak menderita, entah kini atau belakangan yang diikuti penyesalan.

Jadi, lebih baik berpikir bahwa perpisahan adalah sebuah solusi dan tiap pihak turut serta dalam kegagalan hubungan. Dengan begitu, kalian akan lebih bisa merefleksikan kesalahan masing-masing juga. 

2. Perbolehkan dirimu sendiri untuk gagal, karena kesempurnaan tidak pernah ada - No Different (feat. Yuna)

https://www.youtube.com/embed/VGWUeMOP1ms

We tried to build a future (kita berusaha membangun masa depan)
All we got’s a broken past (yang kita dapatkan adalah masa lalu yang hancur)

Masih dalam lagu yang sama, dua baris lirik ini mengirimkan dua pesan. Pertama, tidak ada sesuatu yang berjalan selamanya di dunia ini. Jadi, yang bisa kita lakukan adalah membangun sesuatu termasuk hubungan, sambil melatih diri untuk ikhlas saat kehilangan. Kedua, mengejar kesempurnaan adalah sesuatu yang tidak mungkin. Kita memang harus memaafkan diri sendiri saat berbuat kesalahan atau gagal, demi kesehatan mental serta hubungan kita dengan orang lain. 

3. Jangan berusaha melupakan, lebih baik berusaha menggali hikmahnya - Lovedrunk (feat. Crush)

Ingat 5 Pesan Album Sleepless in Milik Epik High Ini Saat Ambyar!Instagram.com/blobyblo

I’m trying to erase you (aku berusaha menghapusmu)
Like a fool (seperti orang bodoh)
Everything’s so messed up (semuanya berantakan)

Berusaha untuk segera melupakan hanyalah salah satu dari penolakan terhadap perasaan. Dalam situasi yang pedih ini pun, kamu perlu tetap bersikap mindful. Tidak apa-apa, terima perasaan itu sambil tetap menyadarkan diri apa prioritas yang bisa kamu kerjakan saat ini. Sehingga, putus cinta tidak hanya akan memberimu rasa pahit, tapi juga hikmah.

Baca Juga: Menikah Sejak 2015, Ini 10 Potret Manis Mithra Jin Epik High dan Istri

4. Tidak perlu overthinking, terkadang sebuah hubungan memang terlihat sangat ambigu hingga mencapai suatu titik - Lovedrunk (feat. Crush)

https://www.youtube.com/embed/KZztQRgbaXA

You can’t really see how flower paths are really thorn paths (kamu tidak pernah bisa benar-benar melihat apakah jalan berbunga sebenarnya jalan berduri)
Just when the chain cigarette smoke clears up, I’ll wake up (hanya ketika asap rokok menghilang, aku akan bangun)
Just when I reach rock bottom, I’ll wake up (hanya ketika aku mencapai titik terendah, aku akan bangun)

Cinta tidak selalu bisa diletakkan dalam suatu frame hubungan tertentu. Dikarenakan perasaan manusia begitu cair, maka hubungan antar satu sama lain juga bisa demikian. Lebih baik fokus pada hal yang lebih substansial seperti berbagi kasih sayang satu sama lain. Karena, terkadang kita perlu menjalaninya beberapa lama agar menyadari hubungan macam apa yang sedang kita jalin. 

5. Cinta seharusnya membuatmu sama-sama tumbuh, jika tidak maka tinggalkan - Lovedrunk (feat. Crush)

Ingat 5 Pesan Album Sleepless in Milik Epik High Ini Saat Ambyar!Instagram.com/blobyblo

If you can’t bring it back to life, you just need to put it to sleep, break up (jika kamu tidak bisa membuatnya hidup kembali, kamu hanya perlu membuatnya terlelap, akhiri)

Dalam sebuah hubungan, masing-masing pihak memang seharusnya bukan hanya sekedar bertukar kasih-sayang, tapi memberi tempat untuk tumbuh. Jika ternyata kamu berada dalam hubungan toksik di mana pacarmu menetapkan berbagai batasan tidak sehat, lebih baik tinggalkan saja. Jangan mau pengembangan dirimu terkendala karena semua orang berhak memperoleh kehidupan yang baik. 

Hubungan antar manusia memang rumit, tapi tidak ada salahnya jatuh bangun. Jadi, jangan lupakan sederet quotes ini saat kamu ambyar ya!

Baca Juga: 8 Lagu Epik High dengan Lirik Menyentuh yang Penuh Makna Hidup 

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya