Comscore Tracker

Satu Tema, 5 KDrama Ini Bisa Kamu Tonton setelah 'Record of Youth'

Sama-sama tentang perjuangan meraih mimpi #WaktunyaKorea

Tak terasa, popularitas Record of Youth sebentar lagi akan digantikan KDrama lain karena sudah hampir tamat. Apa kamu menikmati KDrama ini? Dengan cerita yang lengkap mulai dari pengembangan diri, meraih karir impian, keluarga, persahabatan dan cinta, Record of Youth layak jadi pemegang rating kuat selama penayangannya. 

Kalau kamu menyukai KDrama bertema serupa, sebetulnya ada banyak lho KDrama yang dapat menyemangatimu seperti Record of Youth ini! Lima deret KDrama di bawah misalnya!

Kelima KDrama ini sengaja direkomendasikan karena kurang populer, walau sebenarnya padat isi! Tonton mereka setelah Recod of Youth tamat!

1. Drinking Solo 

Satu Tema, 5 KDrama Ini Bisa Kamu Tonton setelah 'Record of Youth'hancinema.net

Drinking Solo mengambil latar belakang yang unik dalam ceritanya. KDrama ini menggambarkan kisah murid, guru, dan para staf di lembaga swasta persiapan ujian PNS Korea Selatan. 

Judulnya sendiri mempunyai makna bahwa orang-orang yang gemar minum sendirian, punya alasan melakukannya. Buat kamu yang suka menonton KDrama dengan pengambangan karakter yang bagus serta hangat, Drinking Solo haram dilewatkan!

2. Backstreet Rookie  

Satu Tema, 5 KDrama Ini Bisa Kamu Tonton setelah 'Record of Youth'seoulbeats.com

Kesombongan, rasa rendah diri, dan rasa iri adalah hal-hal terselubung di antara para pemuda usia 20-an yang memiliki nasib karir berbeda. Dan Backstreet Rookie adalah KDrama yang mencoba untuk menyampaikan pada penonton bahwa kita tidak boleh meremehkan pekerjaan seseorang.

Terlepas dari banyak kritik dan kisah romance yang kurang ngegas, Backstreet Rookie tetap menyampaikan banyak pesan moral. Terutama tentang self-development. KDrama satu ini mendorong penontonnya untuk tidak malas berubah!

Baca Juga: Jelang Tamat, 5 Hal Ini Bakal Bikin Kamu Kangen Record of Youth

3. Radiant Office 

Satu Tema, 5 KDrama Ini Bisa Kamu Tonton setelah 'Record of Youth'mydramalist.com

Radiant Office adalah KDrama yang berempati pada kenyataan bahwa banyak anak muda usia 20-an hingga mendekati 30-an yang susah mencari kerja atau setelah dapat kerja pun, realitanya tak selembut yang dibayangkan. Sempitnya pilihan yang sesekali membuat hidup terasa hopeless, juga dibingkai dengan baik dalam KDrama ini.

Menariknya, kenyataan hidup yang jahat seperti itu dapat membuat seseorang memutuskan mengubah pencitraannya di depan orang lain. Itulah yang dilakukan tokoh utama KDrama ini, Eun Ho Won (Go Ah Sung). Kalau penasaran dengan bagaimana kisah hidupnya setelah memutuskan mengubah pencitraan, tonton KDrama ini segera!

4. Strongest Deliveryman  

Satu Tema, 5 KDrama Ini Bisa Kamu Tonton setelah 'Record of Youth'kdramapal.com

Strongest Deliveryman memang tak seterkenal Record of Youth ataupun Itaewon Class. Tapi, layaknya pepatah "jangan menilai buku dari sampulnya", KDrama satu ini tak bisa diremehkan.

Kalau kamu membutuhkan KDrama yang bisa memberikan semangat, tapi tetap ringan dan penuh empati, Strongest Deliveryman harus kamu tonton! KDrama ini sangat berimbang dalam menyajikan cerita tentang meraih karir, cinta, serta kehangatan keluarga dan bertetangga.

Strongest Deliveryman juga mempunyai banyak pesan tentang kegigihan, kebaikan hati, hingga betapa pentingnya cara didik orang tua. 

5. Hit the Top 

Satu Tema, 5 KDrama Ini Bisa Kamu Tonton setelah 'Record of Youth'viki.com

Hit the Top mempunyai tema yang serupa dengan Record of Youth. KDrama ini pun berkutat pada dunia entertainment, tapi di tahun 90-an. 

Tak cuma mengisahkan tentang cita-cita, cinta, dan persahabatan di tahun 90-an, Hit the Top punya keunikan sendiri karena mengandung unsur time travel. Jadi, kalau kamu tonton KDrama ini, ada banyak sisi menarik perbandingan dunia entertainment Korea di tahun 1993 dan 2017 yang bisa kamu ketahui.

Kalau kamu suka melebarkan pengalamanmu dalam nonton KDrama, jangan lewatkan kelima KDrama di atas. Mereka juga punya banyak pelajaran yang sayang jika disia-siakan lho.

Baca Juga: 10 Aktor KDrama Ini Dijuluki Best Kisser, Bikin Jantung Berdebar

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya