Comscore Tracker

Perkaya Pikiran, 5 Hal yang Cuma Kamu Dapatkan dari KDrama Thriller

Bikin senam otak juga 

Buat kalian yang sudah terbiasa nonton KDrama dengan genre suspense thriller atau psychological thriller, tentu sudah tau dong, daya tarik KDrama genre ini di mana. Tapi, buat kalian yang belum pernah menonton atau tertarik dengan KDrama genre ini, kalian mungkin tidak tahu kalau KDrama thriller bukan cuma menyajikan tantangan adrenalin.

Terlepas dari sensasi seremnya, KDrama thriller punya bobot yang serius dalam memperkaya pikiran penonton. Mungkin itu salah satu alasan lain kenapa sebagian fans KDrama bisa menonton genre ini tanpa pernah bosan. Memperkaya pikiran bagaimana sih? Ini, lho 5 hal yang hanya kamu dapatkan dari nonton KDrama thriller!

1. Mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan psikologi manusia, termasuk yang jarang diketahui 

Perkaya Pikiran, 5 Hal yang Cuma Kamu Dapatkan dari KDrama Thrillerthewomenjournal.com

Kalau kamu menonton KDrama Signal, Voice, atau Tell Me What You Saw misalnya, para tokoh profiler-nya sering membahas hal yang berkaitan dengan psikologi manusia. Dari dialog-dialog tersebut, kita jadi mengetahui kondisi mental tertentu, baik yang cukup umum atau bahkan yang jarang sekalipun.

Tidak jarang, para penonton juga jadi bisa memanfaatkan pengetahuan tersebut di kehidupannya sendiri. Para penonton seperti kita jadi paham, misalkan gestur seseorang ketika resah bagaimana, cara seseorang mengobati rasa takut bagaimana, dan sebagainya.

2. Melatih berpikir dengan runut 

Perkaya Pikiran, 5 Hal yang Cuma Kamu Dapatkan dari KDrama ThrillerInstagram.com/finehana_

KDrama psychological thriller yang mengangkat tema investigasi kriminal atau detektif, memang sudah pasti turut memberikan teka-teki ke penonton. Justru di situlah serunya. Penonton yang terbawa, jadi ikutan berpikir dengan cara yang digunakan tokoh detektif.

Kita jadi ikutan merunut bukti apa saja yang sudah terkumpul, dialog-dialog, dan adegan apa saja yang penting. Bisa jadi, secara menyenangkan, para penonton jadi melatih cara berpikir yang teratur dan runut saat menonton KDrama tersebut.

Baca Juga: 5 KDrama Psychological Thriller Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

3. Membuat penonton lebih waspada melalui dialog-dialog para tokoh  

Perkaya Pikiran, 5 Hal yang Cuma Kamu Dapatkan dari KDrama Thrillerdramabeans.com

Tidak semua kasus yang diceritakan dalam KDrama thriller adalah kasus-kasus yang amat jarang. Walau menceritakan tentang investigasi pembunuh berantai sekalipun, selalu ada kasus turunannya yang sangat realistis untuk terjadi di kehidupan sehari-hari.

Melalui dialog para detektif dan profiler, penonton jadi tahu apa motif kejahatan tertentu. Tidak jarang, penonton juga jadi mendapat alarm untuk lebih waspada dan belajar menghindari kejahatan-kejahatan tersebut.

4. Mengajarkan kepekaan sosial seperti kemanusiaan dan empati

Perkaya Pikiran, 5 Hal yang Cuma Kamu Dapatkan dari KDrama Thrillerkdramalove.com

Pada KDrama thriller, intinya bukan cuma sensasi seram saja. Dikarenakan KDrama genre ini lekat menceritakan sisi tergelap manusia dan kehidupan, penonton jadi mengetahui betapa berharganya kehidupan tiap orang.

Tidak jarang, KDrama thriller juga menyentuh batin penonton melalui kisah para korban di KDrama itu sendiri. Pada akhirnya, KDrama thriller membuat penonton untuk lebih berempati, terutama pada orang-orang yang seringkali dianggap tidak memiliki kekuatan dalam bentuk apa pun.

5. Mengajarkan daya juang, integritas, sikap kompeten dan sabar dalam belajar dan bekerja 

Perkaya Pikiran, 5 Hal yang Cuma Kamu Dapatkan dari KDrama Thrillerhancinema.net

Satu hal yang sangat terasa dari para tokoh KDrama thriller adalah, konsentrasi dan intensitas mereka dalam berkegiatan. Saat menonton KDrama ini, penonton terkadang bisa saja berpikir apakah para detektif dan profiler-nya tidak pernah tidur. Tapi bukan soal gila kerja itu intinya.

Para detektif dan profiler dalam KDrama thriller, mau tidak mau harus selalu sabar dalam mempelajari tingkah laku pelaku kejahatan, inilah intinya. Bukan mindset ingin segera selesai, tapi sikap sabar dalam mencari tahu, daya juang untuk berusaha, serta kepribadian dengan integritas, adalah sederet hal yang membuat mereka bisa menyelesaikan kasus dengan transparan.

Setiap genre KDrama memang selalu ada sisi unik dan positifnya. Kalau kamu ingin coba sedikit senam otak dan mental selama #DiRumahAja, buruan nonton KDrama thriller!

Baca Juga: Meski Underrated, 7 KDrama Komedi Romantis Ini Layak Kamu Tonton

Novia Aisyah Photo Verified Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya