Comscore Tracker

5 Film dan Serial India yang Mengangkat Isu Rasisme 

Banyak pesan moral yang dapat dipetik 

Perbincangan tentang isu rasisme merupakan isu lama yang ternyata tidak ada habisnya hingga saat ini. Masih banyak perlakuan yang menunjukkan tindakan rasisme yang seolah-olah dinormalisasikan oleh masyarakat.

Seperti beberapa film India dan serial India berikut ini yang mengangkat cerita tentang isu rasisme yang kerap terjadi di masyarakat. Simak judulnya berikut ini, yuk!

1. Axone (2019) 

https://www.youtube.com/embed/jAW1U8PLwY0

Axone merupakan film ber-genre drama komedi India, yang telah rilis pada 2019 silam. Film ini disutradarai oleh Nicolas Kharkongor dan dibintangi oleh Sayani Gupta, Vinay Pathak, Lin Laishram, Dolly Ahluwalia, Adil Hussain, Lanuakum Ao, Tenzin Dalha, dan Rohan Joshi.

Film ini menceritakan tentang sekelompok imigran India Timur Laut yang berusia dua puluh tahun. Mereka adalah Zorem (Tenzing Dalha), Chanbi (Lin Laishram), Upasana (Sayani Gupta) yang datang ke kota New Delhi, India untuk menyelenggarakan pesta pernikahan teman mereka.

Namun, setelah sampai di kota New Delhi ada banyak tantangan yang hadir. Mereka diejek karena adanya perbedaan budaya dengan masyarakat setempat. Seperti dalam sebuah adegan dari film ini, Chanbi (Lin Laishram) yang diejek oleh dua pria dari masyarakat lokal karena adanya perbedaan budaya dan statusnya yang hanya menjadi seorang imigran.

Tak hanya itu, mereka bertiga juga mendapatkan diskriminasi rasis karena etnis dan juga bentuk fisik mereka yang berbeda. Mata mereka yang sipit tentunya akan sangat berbeda dengan orang India lokal pada umumnya.

2. Jugaadistan (2022)

https://www.youtube.com/embed/FJH-ntJO8sw

Jugaadistan merupakan serial yang baru rilis pada tahun 2022. Film ini disutradarai oleh Akarsh Khurana dan dibintangi oleh Rukshar Dhillon, Taaruk Raina, Sumeet Vyas, Arjun Mathur, Parambrata Chatterjee, dan Ahsaas Channa sebagai pemeran utama.

Film ini berfokus menyajikan kisah yang membahas tentang isu-isu seperti rasisme, dunia percintaan, politik, dan persaingan dalam pendidikan. Seperti Lucky (Taaruk Raina) dan Ruhi (Rukshar Dhillon) yang menjadikan momen ujian untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Lalu, Bhati (Sumeet Vyas) yang melibatkan dirinya dalam politik kampus. Sedangkan Ayesha (Ahsaas Channa), seorang jurnalis mahasiswa yang ingin mengekspos sisi jenaka dari perguruan tinggi.

Dalam sebuah adegan yang menunjukkan adanya diskriminasi rasisme terjadi saat Kenny (Lukram Smil) dipukuli dan diintimidasi oleh timnya sendiri, hanya karena dia tidak mengoper bola ke rekan satu timnya. Hal itu terjadi karena ia merupakan siswa minoritas dari Timur Laut yang kerap kali diintimidasi dan dilecehkan.

Baca Juga: 5 Film India tentang Dunia Prostitusi, Keras!

3. 2 States (2014) 

https://www.youtube.com/embed/CGyAaR2aWcA

2 States merupakan film ber-genre drama komedi romantis, yang telah rilis pada 2014 silam. Film ini disutradarai oleh Varman sebagai debutnya sebagai sutradara. Dibintangi oleh Arjun Kapoor dan Alia Bhatt sebagai pemeran utama.

Film ini diadaptasi berdasarkan novel Chetan Bhagat tahun 2009. 2 States: The Story of My Marriage ini menceritakan tentang kisah percintaan seorang pria yang berasal dari keluarga Punjabi dari kota Delhi bernama Krish Malhotra (Arjun Kapoor). Ia berkuliah di IIM Ahmedabad, Gujarat jurusan IIT. Ia pun bertemu dengan seorang mahasiswi BBA holder bernama Ananya Swaminathan (Alia Bhatt) yang berasal dari keluarga Tamil dan tinggal di Chennai.

Keduanya saling jatuh cinta hingga Krish akhirnya melamar Ananya pada saat sedang melakukan interview pekerjaan. Sayangnya, kisah percintaan mereka terhalang oleh perbedaan budaya yang membuat keluarga mereka saling tidak setuju dengan hubungan itu.

Sebab terjadinya perbedaan budaya, keluarga Krish maupun Ananya telah melakukan rasisme satu sama lain. Seperti dalam adegan, ibu Krish berkomentar tentang betapa beruntungnya Ananya seorang gadis Tamil bisa mendapatkan pria tampan seperti Krish yang seorang etnis Punjabi.

4. Chak De India (2007)

https://www.youtube.com/embed/6a0-dSMWm5g

Chak De India merupakan film olahraga yang telah rilis pada 2007 silam. Film ini disutradarai oleh Shimit Amin dan dibintangi oleh Shah Rukh Khan sebagai pemeran utama.

Film ini menceritakan tentang kisah seorang mantan kapten tim hoki lapangan nasional India, bernama Kabir Khan (Shah Rukh Khan) yang menjadi korban diskriminasi rasisme masyarakat setelah ia mengalami kekalahan besar saat pertandingan melawan Pakistan. Ia juga menjadi korban rasisme karena perbedaan agama.

Namun, setelah tujuh tahun kemudian, Kabir Khan (Shah Rukh Khan) bisa membuktikan bahwa ia menjadi pelatih tim hoki wanita nasional India, dengan tujuan mengubah enam belas pemainnya yang kontroversial menjadi tim pemenang penghargaan.

5. What The Folks (2017)

https://www.youtube.com/embed/1rQJXDGc6OY

What The Folks merupakan serial yang dibuat oleh Dice Media. Serial ini dibintangi oleh Eisha Chopra, Veer Rajwant Singh, Deepika Amin dan Renuka Shahane sebagai pemeran utama.

Bercerita tentang sebuah keluarga sederhana yang saling mencoba menjalin ikatan dekat satu sama lain dengan saling bercanda, menyesuaikan diri, saling memahami dan menyatukan semuanya dengan cinta. Serial ini menjadi pengingat bahwa dengan adanya sekumpulan karakter yang berbeda-beda dan unik bisa bersatu, jika saling memahami.

Dalam salah satu episode diserial ini juga menunjukkan adanya rasisme, yaitu disaat ayah mertua Nikhil menggeneralisasikan etika kerja orang-orang India Selatan secara keseluruhan hanya karena ia memiliki mantan bosnya yang juga berasal dari Chennai. Namun, Nikhil menunjukkan bahwa bosnya yang berasal dari Chennai itu merupakan pribadi yang giat bekerja.

Deretan film dan serial India tentang isu diskriminasi rasisme di atas mengajak kita sadar bahwa sudah saatnya menuntaskan tindakan-tindakan rasisme yang kerap kali menindas kelompok minoritas. Buruan nonton dan siap-siap geregetan sendiri saat menontonnya!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Film India yang Menginspirasi dan Menguras Air Mata

Nur Irdawana Nasution Photo Verified Writer Nur Irdawana Nasution

Instagram @Irda_nasution17 "Let's learn new things every day"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya