Comscore Tracker

5 Film India tentang Kekerasan dalam Rumah Tangga 

Bisa sekaligus jadi bahan pembelajaran, nih! 

Perbincangan tentang kekerasan dalam rumah tangga merupakan hal yang ternyata tak ada habisnya hingga saat ini. Betapa banyak korban-korban dari kekerasan dalam rumah tangga khususnya perempuan yang tidak berani untuk speak-up. Terkadang, mereka diancam dan tidak memiliki keberanian untuk keluar dari lingkaran kejahatan tersebut.

Beberapa film India berikut mengangkat seputar kisah tentang kekerasan dalam rumah tangga. Cerita dalam film-film India ini dikemas dengan cerita yang begitu pilu dan juga pastinya menginspirasi. Yuk, simak judulnya!

1. Darlings (2022) 

https://www.youtube.com/embed/Dmx5KDOpqeg

Darlings merupakan film ber-genre drama komedi hitam, yang baru rilis pada tahun tahun 2022. Film ini disutradarai oleh Jasmeet K. Reen dan dibintangi oleh Alia Bhatt, Shefali Shah, Vijay Varma, dan Roshan Mathew sebagai peran utama.

Film ini menyajikan kisah tentang seorang wanita bernama Badru (Alia Bhatt) yang tinggal di Mumbai. Badru (Alia Bhatt) menikah dengan seorang pecandu alkohol bernama Hamzah (Vijay Varma) yang terus-menerus memukuli istrinya, Badru (Alia Bhatt) setelah minum alkohol.

Setiap hari Badru (Alia Bhatt) harus mengalami siksaan dalam rumah tangganya, ia selalu dipukuli dan disiksa oleh suaminya, Hamzah (Vijay Varma). Ia selalu berharap agar suaminya berhenti minum dan berhenti untuk memukulinya. Namun, Hamzah (Vijay Varma) tak juga berubah hingga Badru dan ibunya sudah tidak tahan lagi atas kekerasan yang dilakukan oleh Hamzah (Vijay Varma), Badru dan ibunya pun melapor ke polisi, bahwa Hamza telah melakukan kekerasan dalam rumah tangganya. Lantas, apa yang terjadi selanjutnya pada sang suami, Hamzah (Vijay Varma)?

2. Parched (2015) 

https://www.youtube.com/embed/m69d-KNi2Q0

Parched merupakan film ber-genre drama India, yang telah rilis pada tahun 2015 silam. Film ini disutradarai oleh Leena Yadav dan dibintangi oleh Tannishtha Chatterjee, Radhika Apte, Surveen Chawla, Adil Hussain, Lehar Khan, dan Sayani Gupta.

Film ini berfokus menyajikan kisah yang membahas tentang empat wanita yang tinggal di sebuah desa terpencil di Rajasthan, India dikontrol dan dikelilingi oleh tradisi kuno yang membuat impian yang mereka diinginkan terpaksa harus dilupakan begitu saja. Keempat wanita itu adalah Rani (Tannishtha Chatterjee), Lajjo (Radhika Apte), Bijli (Surveen Chawla, dan Janaki (Lehar Khan).

Mereka memiliki kisah yang sama di mana keempat wanita tersebut mengalami penganiayaan oleh suami mereka sendiri. Setiap hari suami mereka melakukan kekerasan dalam rumah tangga hingga membuat keempat wanita tersebut akhirnya bertekad untuk berani melawan kekerasan dalam rumah tangga serta melawan patriarki yang menindas kehidupan mereka. Lantas, apakah keempat wanita tersebut bisa memperjuangkan hak-hak mereka sebagai seorang wanita di tengah tradisi kuno seperti itu?

3. Hamari Adhuri Kahani (2015) 

https://www.youtube.com/embed/2fiT_TJlySk

Hamari Adhuri Kahani merupakan film ber-genre drama romantis, yang telah rilis pada tahun 2015 silam. Film ini disutradarai oleh Mohit Suri dan dibintangi oleh Emraan Hashmi, Vidya Balan, dan Rajkummar Rao sebagai peran utama.

Film ini menceritakan tentang kisah seorang gadis bernama Vasudha (Vidya Balan) yang dipaksa menikah dengan Hari Prasad (Rajkumar Rao). Sayangnya, Vasudha (Vidya Balan) tidak mendapatkan kebahagiaan menikah dengan Hari Prasad (Rajkumar Rao) melainkan ia diperlakukan tidak baik. Kerap kali Vasudha (Vidya Balan) ditindas dan disiksa oleh suaminya sendiri. Ia sama sekali tidak merasakan kenyamanan dalam rumah tangganya.

4. Thappad (2020) 

https://www.youtube.com/embed/jBw_Eta0HDM

Thappad merupakan sebuah film drama India yang telah rilis pada 2020 silam. Film ini disutradarai oleh Anubhav Sinha dan dibintangi oleh Taapsee Pannu sebagai peran utama.

Film ini menceritakan tentang kisah pasangan suami istri bernama Amrita Sandhu (Taapse Pannu) dengan Vikram Sabharwal (Pavail Gulati) yang awalnya hubungan keduanya bahagia. Mereka juga dikenal sebagai pasangan yang mesra, bahagia dan saling mencintai satu sama lain.

Namun, suatu hari Amrita Sandhu (Taapse Pannu) mengalami kekerasan dalam rumah tangganya. Ia ditampar oleh suaminya yang membuat dia akhirnya sangat sedih dan kecewa. Ia juga tidak menyangka suaminya bisa melakukan kekerasan dalam rumah tangganya.

Baca Juga: 5 Film India tentang Surrogate Mother, Kisahnya Miris!

5. 7 Khoon Maaf (2011) 

https://www.youtube.com/embed/p5Imb62RS8o

7 Khoon Maaf merupakan film yang mengusung genre komedi hitam, telah rilis pada tahun 2011 silam. Film disutradarai oleh Vishal Bhardwaj. Dibintangi oleh Priyanka Chopra, Vivaan Shah, John Abraham, Neil Nitin Mukesh, Irrfan Khan, Alexander Dyachenko, Annu Kapoor, Naseeruddin Shah, dan Usha Uthup.

Film ini diadaptasi dari novelis asal India bernama Ruskin Bond dengan judul Susanna’s Seven Husbands yang bercerita tentang kisah hidup Susanna Anna-Marie Johannes (Priyanka Chopra) yang telah menikah sebanyak enam kali di sepanjang hidupnya. Sayangnya, ia selalu salah dalam memilih pendampung hidupnya.

Memiliki fisik yang cantik tak menjamin Susanna Anna-Marie Johannes (Priyanka Chopra) bisa hidup bahagia dalam rumah tangganya, di setiap pernikahannya ia selalu merasa tersiksa karena menjadi korban kekerasan dalam rumah tangganya.

Lewat film-film India di atas mengajak kita untuk introspeksi dan lebih peduli terhadap sekeliling kita yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangganya. Dan sudah saatnya para korban kekerasan rumah tangga baik itu perempuan maupun laki-laki berani untuk bicara. Jangan takut, dan jangan ragu untuk melawan kekerasan khususnya dalam rumah tangga. Semoga dari kelima film di atas bisa jadi inspirasimu, ya!

Nur Irdawana Nasution Photo Verified Writer Nur Irdawana Nasution

Instagram @Irda_nasution17 "Let's learn new things every day"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya