Comscore Tracker

5 Fakta George Lucas, Pria Genius di Balik Suksesnya Film Star Wars!

Kerja kerasnya membuat film ini booming

George Lucas adalah seorang pria asal Amerika Serikat yang sukses lewat karyanya di industri perfilman. Salah satu karya populernya adalah Star Wars dan juga trilogi Indiana Jones. Selain sebagai produser, ia juga merupakan penulis skenario dan sutradara film. Lucas merupakan salah satu dari nama-nama besar di kancah Hollywood selama lebih dari 40 tahun. Berikut merupakan beberapa fakta menarik seputar George Lucas yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Dia merupakan seorang operator kamera pada film The Rolling Stones 1970 

5 Fakta George Lucas, Pria Genius di Balik Suksesnya Film Star Wars!britannica.com

Pada masa awal kariernya, Lucas pernah bekerja sebagai seorang operator kamera. Ia bekerja untuk memproduksi film dokumenter Gimme Shelter dengan sutradara Albert dan David Maysles. Film ini tentang band legendaris Rolling Stones yang dibuat dengan dokumentasi konser band tersebut di Altamont Speedway, California.

2. Membuat film bukan merupakan hal yang dia inginkan 

5 Fakta George Lucas, Pria Genius di Balik Suksesnya Film Star Wars!unsplash.com/Daniel Cheung

Mimpi besarnya saat masih remaja bukanlah berada di dunia hiburan yang membesarkan namanya seperti sekarang. Dilansir dari The Hollywood, Lucas bercita-cita menjadi seorang pembalap mobil profesional saat masih muda. Namun ia harus mengubur cita-citanya karena terlibat kecelakaan fatal saat SMA.

Ia juga pernah ingin bergabung dengan Angkatan Udara namun ditolak karena ia punya banyak catatan tilang karena ngebut. Hingga akhirnya pilihan terakhirnya adalah masuk industri bisnis pertunjukan film.

3. Salah satu sumber inspirasi terbesar filmnya adalah anjing peliharaannya 

5 Fakta George Lucas, Pria Genius di Balik Suksesnya Film Star Wars!starwars.com

Saat menulis film Star Wars IV: A New Hope, ia duduk bersama anjingnya jenis Alaskan Malamute. Anjingnya yang berukuran besar dan memiliki rambut pirang selalu menemaninya saat menulis. Anjing itu bernama Indiana menginspirasi pembuatan karakter Harrison Ford di serial Indiana Jones. Selain itu tampilan karakter Chewbacca, sahabat setianya Han Solo ternyata terinspirasi dari pup anjingnya tersebut. Ada-ada saja ya!

Baca Juga: Meninggal karena Corona, 10 Fakta Bintang Star Wars Andrew Jack

4. Seorang filantropi yang memberikan setengah dari hartanya untuk pendidikan 

5 Fakta George Lucas, Pria Genius di Balik Suksesnya Film Star Wars!unsplash.com/Susan Yin

Di balik kesuksesannya di dunia perfilman, ia adalah seorang filantropi yang sangat peduli pendidikan. Pada tahun 2010, Lucas pernah menandatangani perjanjian bahwasanya akan menyumbangkan setengah dari kekayaan selama hidupnya untuk dunia pendidikan. Pada tahun 2012 ia menjual perusahaannya Lucasfilm Limited ke The Walt Disney Company seharga 4 miliar dolar AS. Dan kekayaannya kini ada lebih dari 6 miliar dolar AS. Ia merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan dunia pendidikan.

5. Faktanya penjualan awal Star Wars tak mudah baginya 

5 Fakta George Lucas, Pria Genius di Balik Suksesnya Film Star Wars!unsplash.com/Agnieszka K

Kesuksesan besar dari film Star Wars tak lepas dari perjalanan panjangnya di masa lalu. Pertunjukan film luar angkasanya ini pernah ditolak oleh United Artists and Universal. Menampilkan pesawat ruang angkasa dan robot terlihat sangat tidak menjual di kala itu. Ia tidak bisa menyalahkan sepenuhnya penolakan itu karena orang-orang berpikir skeptis film ini akan menghasilkan secara komersial. Beruntungnya kesuksesan filmnya terdahulu American Grafitti mampu membuat orang-orang di 20th Century Fox percaya dan membuktikan kemampuannya.

Ternyata banyak kisah menarik di balik kesuksesan sebuah film. Itulah beberapa fakta menarik seputar George Lucas yang karyanya dikenal dunia.

Baca Juga: Akhir Saga, 6 Plus dan Minus Star Wars: The Rise of Skywalker

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya