Comscore Tracker

5 Fakta Oprah Winfrey, Miliarder Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Kerja kerasnya membuahkan hasil luar biasa 

Oprah Gail Winfrey adalah seorang host kenamaan asal Amerika Serikat yang populer lewat shownya The Oprah Winfrey Show. Sebelum publik mengenal namanya yang begitu besar hingga ke seluruh penjuru negeri, ternyata ia memiliki lika-liku kehidupan yang sangat pelik. Tak banyak yang mengetahui perjalanan berat yang dilaluinya dari kecil hingga meraih kesuksesan.

Dia juga dikenal sebagai seorang filantropi yang banyak mendedikasikan diri untuk urusan kemanusiaan. Siapa sangka pengalaman pahit di masa lalunya mampu dilalui dan membuktikan kepada semua orang siapa pun bisa sukses asal berusaha keras. Berikut merupakan sekelumit kisah hidupnya yang dapat dijadikan pelajaran dan menginspirasi banyak orang.

1. Menghabiskan waktu kecil bersama neneknya dan pernah mengalami pelecehan seksual saat remaja

5 Fakta Oprah Winfrey, Miliarder Wanita Paling Berpengaruh di Duniainstagram.com/Oprah

Ia dilahirkan pada tahun 1954 di sebuah pedesaan oleh seorang ibu yang telah menjadi single-parent. Kehidupannya sulit dan ia harus diurus oleh neneknya hingga berusia enam tahun. Baru setelahnya ia tinggal bersama ibunya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Wisconsin.

Sulitnya perekonomian menyebabkan ibunya harus bekerja keras dari pagi buta hingga larut malam. Sehingga jarang sekali ia diperhatikan oleh ibunya sampai pada suatu hari ia mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh sepupunya sendiri, di saat usianya baru menginjak 9 tahun. Namun ia memilih bungkam dan menyembunyikannya hingga akhirnya dia melahirkan sang anak, namun tak lama kemudian anaknya meninggal dunia.

2. Prestasi akademiknya kurang begitu baik dan ia menghabiskan masa remaja bersama ayahnya yang keras

5 Fakta Oprah Winfrey, Miliarder Wanita Paling Berpengaruh di Duniainstagram.com/Oprah

Saat bersama ibunya, Oprah yang sangat kurang perhatian diketahui pernah melarikan diri dari rumahnya. Tidak tahan dengan itu kemudian sang ibu mengirimnya untuk tinggal bersama ayahnya seorang pebisnis di Nashville. Diketahui Oprah sangat takut pada ayahnya yang keras, tegas dan sulit diajak berkompromi.

Namun ternyata sang ayahlah yang dapat membentuk karakternya menjadi pekerja keras, tangguh dan lebih ramah. Nilai-nilai akademiknya yang tadinya banyak mendapatkan C mau tidak mau harus bisa mendapatkan nilai A agar bisa diterima oleh sang ayah.

3. Memiliki acara televisi yang membesarkan namanya “The Oprah Winfrey Show” 

https://www.youtube.com/embed/AJRpjWroQrw

Kesuksesannya mulai bermunculan satu per satu, bahkan saat ia masih berusia 17 tahun. Karier pertamanya sebagai penyiar radio membuatnya terjun di industri hiburan. Saat ia memasuki universitas tepatnya di Tennessee State University ia mendapat tawaran pekerjaan sebagai penyiar televisi. Mulai dari memandu acara People Are Talking, A.M Chicago dan bahkan mampu menyingkirkan saingannya Phil Donahue dengan jumlah penonton lebih dari seratus ribu orang.

Puncaknya adalah di saat ia memiliki acara sendiri yang dikenal dengan The Oprah Winfrey Show pada tahun 1986. Bahkan acara tersebut mampu bertahan selama 25 tahun dan ditayangkan di lebih dari 100 negara.

Baca Juga: Memotivasi, Ini 5 Kunci Kesuksesan Oprah Winfrey yang Patut Diteladani

4. Banyak penghargaan yang telah diperoleh bahkan memiliki stasiun TV sendiri 

5 Fakta Oprah Winfrey, Miliarder Wanita Paling Berpengaruh di Duniainstagram.com/Oprah

Selain menjadi pembawa acara fenomenal, Oprah juga merupakan seorang aktris di beberapa film dan seorang produser. Sejumlah penghargaan berbeda selalu diraih di setiap tahunnya. Di tahun 2002, ia dinobatkan untuk sebuah penghargaan humaniter dari The Academy of Television Arts and Sciences’s Bob Hope. Selain itu juga ia mendapatkan penghargaan Presidential Medal of Freedom.

Selepas karirnya di The Oprah Winfrey Show di tahun 2011 ia bekerja sama dengan Discovery Communications. Oprah memiliki stasiun TV dengan namanya sendiri Oprah Winfrey Network (OWN). Oxygen Media ‘O Magazine’ juga merupakan salah satu media cetak yang ia miliki dan dikhususkan untuk kaum wanita.

5. Menjadi miliarder wanita berkulit hitam pertama di Amerika Serikat

5 Fakta Oprah Winfrey, Miliarder Wanita Paling Berpengaruh di Duniainstagram.com/Oprah

Kesuksesannya dalam memandu acara telah membawa namanya ke puncak kejayaan. Bahkan di tahun pertamanya acara tersebut ia memperoleh keuntungan sebesar 30 juta dolar AS atau sekitar Rp480 miliar. Oprah juga merupakan wanita Afrika-Amerika terkaya pertama di abad ke-20 dan menjadi wanita paling berpengaruh di masanya.

The whole point of being alive is to evolve into the complete person you were intended to be” (Oprah Winfrey).

Itulah sederet kisah perjalanan hidup seorang Oprah Winfrey yang dapat dijadikan pembelajaran. Pada dasarnya ia telah menginspirasi banyak orang dari kehidupannya yang sangat kacau hingga bisa menjadi sukses. Intinya terus berusaha dan berjuang agar menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Baca Juga: Ini Pertanyaan Oprah Winfrey yang Selalu Gagal Dijawab Bintang Tamunya

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya