Comscore Tracker

5 Sifat yang Dapat Menggambarkan Kondisi Psikologis Seseorang

Pahami dirimu dan orang-orang disekitarmu

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan mereka. Kehadiran orang lain terkadang dapat memberikan dampak besar di hidup seseorang. Namun tak jarang ada orang yang cenderung menyembunyikan perasaan mereka yang sebenarnya dari orang lain. Ingin terlihat kuat dan tegar padahal ternyata mereka butuh dukungan dari orang lain. Beberapa hal di bawah ini adalah tanda yang sebenarnya dapat menggambarkan kondisi seseorang dilihat dari kacamata psikologi.

1. Jika seseorang suka tertawa terbahak-bahak, bahkan untuk hal sepele maka kemungkinan besar ia sedang merasa kesepian

5 Sifat yang Dapat Menggambarkan Kondisi Psikologis Seseorangpixabay.com/This Is My Url

Banyak yang mengatakan bahwasanya di balik senyuman dan tawa seorang penghibur, ia menyimpan kesedihan yang mendalam di hatinya. Kita tidak pernah tahu apa yang sebenarnya dirasakan oleh seseorang di dalam hatinya. Tetapi ternyata orang yang mudah sekali tertawa bahkan untuk hal-hal yang menurut orang lain biasa saja adalah tanda bahwa ia sedang sangat butuh orang lain. Ia menutupi rasa kesepiannya dengan tertawa terbahak-bahak untuk melepaskan emosi dalam jiwanya.

2. Jika seseorang terlalu sering tidur, maka ia sedang merasakan kesedihan

5 Sifat yang Dapat Menggambarkan Kondisi Psikologis Seseorangunsplash.com/Adi Goldstein

Tak sedikit orang yang sering mengurung diri di kamar seharian karena habis putus cinta atau kehilangan seseorang dalam hidupnya. Ia mencoba melupakan kesedihan dengan berdiam diri, tidur seharian dan tidak berinteraksi dengan orang lain. Cobalah pahami bahwasanya orang yang seperti ini sedang merasakan kesedihan yang mendalam. Dengan tidur ia dapat melupakan kesedihannya sekejap dan mengistirahatkan pikirannya yang sangat lelah.

3. Jika seseorang tidak dapat menangis, maka ia sebenarnya adalah orang lemah

5 Sifat yang Dapat Menggambarkan Kondisi Psikologis Seseorangpexels.com/Nathan

Pernahkah melihat seseorang menangis karena kehilangan sesuatu atau seseorang yang sangat berarti? Tentunya itu normal dan manusiawi karena setiap manusia memiliki perasaan. Namun jika menemukan seseorang yang tidak dapat menangis bahkan di momen yang menurut orang sangat menyedihkan, maka ia benar-benar orang lemah. Kenapa lemah? Karena ia bahkan tidak dapat mengeluarkan emosi yang seharusnya ia keluarkan dan ekspresikan. Sebenarnya ia adalah orang yang paling lemah dan terpukul karena tidak mampu menangis.

Baca Juga: 7 Olahraga Favoritmu yang Bisa Gambarkan Kepribadianmu

4. Jika seseorang mudah menangis terhadap hal kecil sekalipun, maka ia adalah orang yang lugu dan berhati lembut

5 Sifat yang Dapat Menggambarkan Kondisi Psikologis Seseorangunsplash.com/_mxsh_

Sikap sebaliknya dari poin di atas adalah seseorang yang terlalu sering menangis bahkan untuk hal-hal kecil. Ia kerap menangis melihat sesuatu yang menyentuh hatinya dan sangat sensitif terhadap sesuatu yang terkait perasaan. Maka sebenarnya ia adalah orang yang sangat lugu, memiliki hati yang bersih dan lembut. Ia adalah orang yang memandang dunia dengan penuh kedamaian dan tidak ingin ada kesedihan sedikitpun.

5. Jika seseorang mudah menjadi marah terhadap hal-hal sepele, maka sebenarnya ia butuh cinta

5 Sifat yang Dapat Menggambarkan Kondisi Psikologis Seseorangpexels.com/Gratisography

Tanda yang terakhir adalah sifat seseorang yang mudah sekali menjadi marah, bahkan untuk hal-hal sepele. Ia kerap marah dan meluapkan emosinya yang kadang tidak terkontrol. Maka sebenarnya ia adalah orang yang butuh dicintai dan disayangi. Ia membutuhkan orang untuk menghadirkan cinta di hidupnya dan melunakkan semua amarahnya. Ia menjadi keras hati karena ia tidak memiliki cinta dan butuh dicintai. Sehingga kehadiran orang yang mampu memberinya cinta akan mampu mengubah hidupnya menjadi lebih berarti.

Jadi, apakah kamu merasakan salah satu tanda tersebut di atas? Atau ternyata ada orang di sekitarmu yang memiliki tanda di atas? Cobalah untuk mengerti orang di sekitarmu dan beri dukungan padanya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Pacar yang Kepribadiannya Berlawanan, Seru Lho!

Nur Mar A. Siregar Photo Community Writer Nur Mar A. Siregar

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You