Comscore Tracker

7 Tokoh Publik yang Berkontribusi Peduli Kemanusiaan Akibat COVID-19

Semoga segera membaik dan normal kembali 

Warga dunia dalam beberapa bulan terakhir dihebohkan dengan pandemi yang mematikan yakni virus corona. Kasus pertama ditemukan di Indonesia pada awal bulan Maret dan kasusnya melonjak drastis hingga kini. Masyarakat panik dan berusaha melindungi diri dengan membeli masker, hand sanitizer, sarung tangan hingga alkohol. Hal ini juga berdampak pada kurangnya kebutuhan di beberapa rumah sakit yang menjadi rujukan dalam menangani kasus virus corona.

Para tenaga medis kekurangan akan alat-alat pelindung diri (APD), masker, maupun sarung tangan. Bahkan banyak beredar di sosial media mereka hanya menggunakan alat perlindungan seadanya bahkan hingga memakai jas hujan. Belum lagi para tenaga medis yang kelelahan menangani ratusan pasien dan mereka juga rentan tertular virus tersebut.

Hal ini membuat hati beberapa public figure tanah air tergerak untuk membantu ataupun membuka donasi. Mereka berupaya untuk meringankan beban dengan beragam cara. Yuk simak siapa saja!

1. Anne Avantie

7 Tokoh Publik yang Berkontribusi Peduli Kemanusiaan Akibat COVID-19instagram.com/Anne Avantie Heart

Perancang busana kenamaan ini turut ambil bagian dalam menghadapi pandemi yang sedang melanda khususnya di tanah air. Melalui kemampuan yang sesuai dengan bidang yang digeluti sehari-hari, beliau membantu dalam menyediakan APD. Bersama yayasan Anne Avantie, beliau dan tim membuat baju APD bahkan secara manual karena keterbatasan mesin yang ada. Selanjutnya akan disebar ke beberapa rumah sakit yang khusus menangani pasien virus corona. Aktivitas perusahaan sementara dihentikan guna membantu para tenaga medis mendapatkan APD yang layak. Donasi kemanusiaan pun dibuka bagi siapa saja yang ingin membantu.

2. Rachel Vennya

7 Tokoh Publik yang Berkontribusi Peduli Kemanusiaan Akibat COVID-19instagram.com/rachelvennya

Pebisnis muda sukses yang satu ini patut diapresiasi dalam keseriusannya dalam memberi kontribusi. Hatinya juga tergerak dalam memberi bantuan kepada para tenaga medis yang sedang kesulitan dalam mendapatkan APD. Bersama timnya ia menggalang dana yang bahkan telah mencapai Rp5 miliar. Dana tersebut disalurkan dalam bentuk bantuan Hazmat Suit (APD) dan menyalurkannya ke 82 rumah sakit rujukan COVID-19 di seluruh Indonesia.

3. Cathy Sharon

7 Tokoh Publik yang Berkontribusi Peduli Kemanusiaan Akibat COVID-19instagram.com/cathysharon

Lama tak terdengar kabarnya, ternyata aktris Cathy Sharon juga turut berkontribusi dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Melalui laman penggalangan dana online ia dan teman-temannya termasuk Maia Estianty menggalang dana untuk disalurkan. Dana yang terkumpul digunakan untuk membeli APD dan kebutuhan medis lainnya. Kemudian selanjutnya bantuan disalurkan ke banyak rumah sakit yang membutuhkan.

Baca Juga: Idris Elba Positif Corona, 10 Doa dan Dukungan dari Publik Figur Dunia

4. Putri Indahsari Tanjung

7 Tokoh Publik yang Berkontribusi Peduli Kemanusiaan Akibat COVID-19instagram.com/putri_tanjung

Berikutnya ada seorang pengusaha muda yang sukses meniti kariernya dari nol. Menjadi anak dari seorang pemimpin perusahaan terkemuka tidak membuatnya berleha-leha. Bersama timnya ia pun berkontribusi dalam keadaan Indonesia yang sedang berjuang melawan pandemi virus corona. Namun kali ini caranya berbeda, ia bersama tim membantu memenuhi kebutuhan tenaga medis dalam memberikan asupan makanan bergizi. Ada sekitar 2000 porsi makan siang yang dibagikan secara bergiliran ke rumah sakit rujukan COVID-19.

5. Nikita Mirzani

7 Tokoh Publik yang Berkontribusi Peduli Kemanusiaan Akibat COVID-19instagram.com/nikitamirzanimawardi_17

Selanjutnya ada aktris yang terkenal blak-blakan yang juga turut menyumbangkan dananya untuk kemanusiaan. Tak tanggung-tanggung, Nikita bahkan merogoh dari tabungannya sendiri. Ia berdonasi sebesar 100 juta rupiah untuk disumbangkan dalam meringankan pandemi virus corona ini. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli APD dan keperluan tenaga medis lainnya. Memang sedari dulu ia terkenal royal dan baik hati khususnya kepada orang-orang yang membutuhkan.

6. Awkarin

7 Tokoh Publik yang Berkontribusi Peduli Kemanusiaan Akibat COVID-19instagram.com/awkarin

Karin Novilda atau yang akrab dikenal Awkarin juga ambil bagian dalam urusan kemanusiaan ini. Selebgram yang satu ini kini dikenal karena rasa kemanusiaannya yang tinggi. Berbeda dari image-nya yang dulu, Karin sudah banyak memberikan bantuan kemanusiaan bahkan sejak bencana gempa dan tsunami di Palu. Selanjutnya ia juga ikut turun lapang memberi bantuan makanan kepada mahasiswa saat demonstrasi di bulan September tahun 2019. Kini ia juga turut ambil bagian dalam menghadapi pandemi COVID-19. Bersama timnya turun langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa tempat ibadah.

7. Atta Halilintar

7 Tokoh Publik yang Berkontribusi Peduli Kemanusiaan Akibat COVID-19instagram.com/attahalilintar

Youtuber dengan pengikut terbanyak di Indonesia ini juga ambil bagian penting dalam melawan virus corona. Melalui postingan di Instagram pribadinya ia menuliskan kalimat yang menyentuh banyak hati. Adapun penghasilan dari akun YouTube yang membesarkan namanya akan didedikasikan untuk para pejuang nafkah di tengah pandemi yang sedang melanda ini. Semoga semuanya dapat bermanfaat dan mampu meringankan beban sesama.

Itulah dia beberapa public figure tanah air yang membantu dan peduli terhadap pandemi virus corona. Semoga semakin banyak yang tergerak hatinya untuk saling membantu dan bersama-sama berupaya melawan pandemi virus corona.

Baca Juga: Tom Hanks Publik Figur Dunia Pertama yang Positif Virus Corona

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya