Comscore Tracker

Tak Melulu Berkarakter Lucu, Ini 7 Film Terseram Produksi Walt Disney

Film Disney ini tidak disarankan untuk anak-anak

Walt Disney adalah salah satu perusahaan yang memproduksi banyak film animasi kesukaan anak-anak. Pendiri perusahaan ini adalah Walter Elias Disney yang dikenal dengan Walt Disney. Perusahaan yang didirikannya dikenal sebagai The Walt Disney Company, kini memiliki pendapatan tahunan sekitar 35 miliar dolar AS. Sebut saja Cinderella, Snow White and The Seven Dwarfts, Sleeping Beauty dan lainnya adalah beberapa film produksi Disney. Namun tahukah kamu jika ternyata Disney juga memproduksi film yang bisa dikategorikan menyeramkan untuk ditonton anak-anak? Berikut ini merupakan beberapa film garapan Disney yang cukup menyeramkan.

1. Something Wicked This Way Comes (1983)

https://www.youtube.com/embed/Gh1tMSnVWQo

Film ini diangkat dari novel karya Ray Bradbury di tahun 1962 yang memiliki genre dark fantasy. Something Wicked This Way Comes diproduksi pada tahun 1983 yang juga memiliki tema dark fantasy. Film ini disutradarai oleh Jack Clayton dan diproduksi oleh Walt Disney Productions. Judul dari film ini diambil dari sebuah kalimat dalam Act IV-nya William Shakespeare's Macbeth: "By the pricking of my thumbs / Something wicked this way comes.

Film ini mirip film kebanyakan dimana dalam drama pertamanya adalah drama khas yang dimulai dengan adegan manis. Diceritakan tentang dua anak lelaki yang agak nakal Will Halloway, dan Jim Nightshade. Mereka tumbuh dan besar di sebuah kota kecil di Illinois. Singkat cerita mereka mengikuti sebuah karnaval yang awalnya terlihat biasa namun berakhir sangat menakutkan bagi anak-anak.

Salah satu karakter utama adalah Mr. Dark (Jonathan Pryce), yang mengabulkan harapan warga kota dengan cara yang ... yah, katakan saja dengan tidak terlalu baik. Dengan koleksi freaks dan keanehannya, Dark berniat untuk mengambil kendali kota dan menyita lebih banyak jiwa tak berdosa menjadi kutukan.

2. Hocus Pocus (1993)

https://www.youtube.com/embed/F4e6YQFrt1s

Film ini dirilis oleh Walt Disney pada tahun 1993 pada bulan Juli, pilihan yang kurang tepat mengingat film ini mengambil tema Halloween. Disutradarai oleh Kenny Ortega, Hocus Pocus menjadi film yang banyak menuai kontroversi. Film ini adalah film komedi horor fantasi yang bercerita tentang tiga orang penyihir keji, Bette Midler, Kathy Najimy dan Sarah Jessica Parker. 

Salah satu penyihir diperankan oleh Sarah Jessica Parker, yang leluhurnya Esther Elwell dituduh sebagai penyihir di Salem abad ke-17. Kemudian dia lolos dari eksekusi ketika penuntutan dari sihir dilakukan dengan begitu saja. Film ini menerima tinjauan negatif dari kritikus film pada saat rilis. Omri Katz adalah salah satu pemeran pendukung yang memerankan bagian komedi. Namun tetap saja film ini terlalu menyeramkan untuk ditonton oleh anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun.

3. The Skeleton Dance (1929)

https://www.youtube.com/embed/vOGhAV-84iI

Menyeramkan tetapi juga imut: Kenapa tidak keduanya? Itulah yang ingin disampaikan dalam film "The Skeleton Dance" ini. Film in diproduksi pada tahun 1929 oleh Walt Disney dan didistribusikan oleh Columbia Pictures. Anak-anak pasti akan ketakutan jika menonton film animasi yang hanya berupa kerangka manusia. Terdapat empat kerangka yang menari di sekitar kuburan dengan diiringi lagu yang konyol. The Skeleton Dance diciptakan oleh animator Ub Iwerks, yang beberapa tahun sebelumnya telah mendesain Mickey Mouse.

Baca Juga: 8 Pesan Tersembunyi tentang Isu Sosial dalam Film-film Disney

4. Return to Oz (1985)

https://www.youtube.com/embed/14EEGw_sdDQ

Return to Oz adalah film yang diproduksi Walt Disney Pictures pada tahun 1985. Return to Oz adalah satu-satunya film yang disutradarai oleh editor legendaris Walter Murch, yang paling terkenal karena karyanya di Apocalypse Now. Sebagian film ini bercerita tentang Dorothy Gale yang telah kembali ke Kansas setelah petualangannya di Oz. Kemudian ia dikirim ke dokter untuk menjalani terapi kejut listrik untuk menyembuhkan penyakit insomnia dan delusinya. Kemudian dia menemukan bahwa Nome King dan Princess Mombi yang juga berperan sebagai dokter dan kepala perawat ternyata telah menghancurkan Emerald City dan mengubah sebagian besar penghuninya menjadi batu. 

5. The Watcher In The Woods (1980)

https://www.youtube.com/embed/3DFacqQp8uw

Walt Disney Production meluncurkan The Watcher in the Woods yang disutradarai oleh John Hough pada tahun 1980. Film ini tidak hanya menakutkan karena memberi screentime yang cukup lama pada aktris yang masih anak-anak. Berdasarkan novel 1976, film ini menceritakan tentang keluarga yang pindah ke rumah misterius yang dihantui oleh kehadiran sosok misterius. Sosok misterius tersebut dianggap sebagai Karen, putri pemilik rumah yang telah lama menghilang, yang diperankan oleh Davis. Namun ternyata ada dua kehadiran dalam film tersebut yang satunya adalah Karen dan yang lainnya adalah alien. 

6. The Adventures of Ichabod and Mr. Toad (1949)

https://www.youtube.com/embed/w0320rCzp8s

Film yang dirilis pada tahun 1949 ini memiliki dua segmen yang diadaptasi dari novel anak-anak, The Wind in Willows dari penulis Skotlandia, Kenneth Grahame. Kemudian yang kedua dari novel The Legend of Sleepy Hollow, karya penulis Amerika, Washington Irving. Film ini dianggap sangat menakutkan hingga sampai beberapa menit terakhir dari adegan di "Sleepy Hollow,". Saat itu animator habis-habisan untuk membuat animasi terbang seorang guru sekolah Ichabod Crane dari Headless Horseman. Ini dianggap menjadi adegan paling menakutkan yang diproduksi Disney. 

7. Mr. Boogedy (1986)

https://www.youtube.com/embed/sRlcPRTFK88

Film yang rilis di tahun 1986 ini pada awalnya dibuat untuk serial TV yang menceritakan  tentang seorang penjual hadiah dan keluarganya. Diceritakan bahwa sebuah keluarga pindah ke sebuah rumah bobrok di kota yang disebut Lucifer Falls yang ternyata terdapat banyak keanehan disana. Rumah besar tersebut ternyata dihantui oleh tidak hanya satu tetapi tiga roh sekaligus yaitu seorang janda, anaknya, dan Mr.Boogedy. Diketahui bahwa Mr. Boogedy yang kembali ke masa kolonial telah menjual jiwanya kepada Setan untuk sebuah jubah yang dapat memberinya kekuatan magis. Pada akhirnya jubah Mr. Boogedy tersebut tersedot ke dalam penghisap debu yang dimilikinya.

Jadi, udah ada yang pernah kamu tonton dari film-film Disney di atas?

Baca Juga: Keren, 5 Film Kartun Disney dengan Setting Laut Ini Wajib Kamu Tonton!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya