Comscore Tracker

Menarik, 7 Tokoh Kartun Jadul Ini Nyaris Dikenal dengan Nama Berbeda!

Kamu sudah tahu belum, nih?

Bagi anak generasi 90an, menonton kartun seperti sudah jadi keseharian di masa lalu. Sepulang sekolah atau di akhir pekan, kamu biasa disuguhkan berbagai tontonan kartun yang seru. Saking sukanya, pastinya kamu hapal dong nama-nama karakter kartun yang dulu sering mengisi hari-harimu dan selalu ditunggu kehadirannya. 

Tentu kamu tak merasa asing dengan nama Mickey Mouse, Tweety, bahkan Tom & Jerry. Tapi tahukah kamu, beberapa tokoh kartun berikut ini hampir dikenal dengan nama yang berbeda? Daripada penasaran, yuk langsung simak aja!

1. Tweety (Orson)

Menarik, 7 Tokoh Kartun Jadul Ini Nyaris Dikenal dengan Nama Berbeda!looneytunesshowfanon.wikia.com

Kamu pasti sudah akrab dengan tokoh kartun satu ini, yaitu karakter burung kenari berwarna khas kuning yang dikenal dengan nama Tweety. Ternyata sebelumnya Tweety sempat dikenal sebagai Orson pada awal tahun 1940an, lho.

Hingga pada penampilan keduanya di kartun pendek dengan judul Birdy and the Beast (1944), tokoh seri Looney Tunes ini akhirnya dikenal oleh kita semua dengan nama Tweety. 

2. Mickey Mouse (Mortimer)

Menarik, 7 Tokoh Kartun Jadul Ini Nyaris Dikenal dengan Nama Berbeda!fanpop.com

Tak perlu ditanya lagi, dijamin kamu bisa menebak nama tokoh fiksi dari Disney ini. Saking tenarnya, gambar Mickey Mouse kerap ada di mana-mana. Di kemasan barang tertentu sampai jadi inspirasi berbagai dessert. Sebetulnya ada cerita unik di balik penamaan Mickey si tikus.

Awalnya, Walt Disney ingin memberi nama Mortimer pada Mickey. Tapi sang istri, Lilian merasa nama Mortimer kurang cocok. Akhirnya ditentukanlah Mickey sebagai nama karakter legendaris yang sampai sekarang kamu kenal. 

3. Pluto (Rover)

Menarik, 7 Tokoh Kartun Jadul Ini Nyaris Dikenal dengan Nama Berbeda!pinterest.es

Kalau yang ini adalah tokoh anjing peliharaan milik Mickey Mouse. Bukan cuma punya nama yang berbeda, awalnya diceritakan kalau Pluto adalah peliharaan milik Minnie bukan Mickey. Sebelum dikenal dengan nama Pluto, tokoh ini sempat diberi nama Rover. Namun kemudian nama Rover diganti karena dinilai kurang cocok.

Nama seperti Pal dan Homer juga tadinya sempat dipertimbangkan, tapi pada akhirnya tokoh ini diberi nama Pluto oleh penciptanya. 

Baca Juga: 5 Lagu Ini Jadi Favorit di Serial Kartun Spongebob Squarepants

4. Goofy (Dippy Dawg)

Menarik, 7 Tokoh Kartun Jadul Ini Nyaris Dikenal dengan Nama Berbeda!celebrationspress.com

Goofy sering muncul dalam berbagai judul kartun Disney. Saat pertama kali debut di kartun bertajuk Mickey’s Revue pada 1932, Goofy dipanggil dengan nama Dippy Dawg. Barulah semenjak tayang di kartun pendek Orphan’s Benefit (1934), ia dikenal dengan nama Goofy hingga sekarang ini.

Menurut kamu lebih cocok yang mana, guys? Kayaknya nama Goofy memang terdengar lebih simpel dan pas, ya?

5. Tom (Jasper)

Menarik, 7 Tokoh Kartun Jadul Ini Nyaris Dikenal dengan Nama Berbeda!youtube.com

Debut di kartun pendek berjudul Puss Gets the Boot, Tom sempat diberi nama Jasper. Sayangnya setelah itu, William Hanna and Joe Barbera sang pembuat kartunnya merasa kurang pas jika tokoh kucing jantan satu ini diberi nama Jasper. Mereka sempat memilih-milih nama baru dan mengetesnya.

Mulai dari tayangan pendek The Midnight Snack pada 1941 hingga sekarang, orang-orang pun mengenal tokoh kucing ini dengan nama Tom. 

6. Jerry (Jinx)

Menarik, 7 Tokoh Kartun Jadul Ini Nyaris Dikenal dengan Nama Berbeda!cartooncharacters.wikia.com

Selain Tom, Jerry juga sempat diberi nama awal yang berbeda. Disebut sebagai Jinx, namun sekarang dikenal dengan nama Jerry. Semua ini berkat bantuan pilihan nama dari animator kartun Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) yang bernama John Carr.

Nama itu juga ditentukan usai yakin bahwa tak ada masalah hukum yang terkait. Nah menurut kamu, tokoh tikus gesit ini lebih cocok diberi nama Jerry atau nama awalnya, Jinx?

7. Betty Boop (Nancy Lee, Nan McGrew)

Menarik, 7 Tokoh Kartun Jadul Ini Nyaris Dikenal dengan Nama Berbeda!pixelstalk.net

Karakter fiktif Betty Boop diciptakan oleh Max Fleischer, dengan bantuan animator senior Grim Natwick. Di awal debutnya, Betty Boop memiliki visual yang kurang menarik. Didesain ulang pada tahun 1932, karakter ini pun mengalami perubahan yang lebih baik. 

Sebenarnya bukan hanya penampilan Betty Boop yang dirombak. Saat pertama muncul, nama Nancy Lee dan Nan McGrew-lah yang diberikan. Sampai pada 1932, tokoh kartun ini resmi mendapat nama Betty Boop. 

Itu tadi 7 tokoh kartun jadul yang hampir saja dikenal dengan nama lain. Kalau kamu sendiri, merasa setuju gak dengan nama baru yang sekarang dikenal? Atau lebih cocokan sebutan lamanya sebelum diubah? 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu, 6 Kartun Ini Pernah Populer di Tahun 2000an

Nurfi Photo Verified Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya