Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film dan Serial Indonesia tentang Warisan, Ciamik!

Semuanya bergenre komedi, lho

Banyak konflik keluarga yang bisa dijadikan ide utama untuk membuat film, salah satunya warisan. Lekat dengan kehidupan sehari-hari, warisan bisa dikemas sebagai tema cerita film yang ciamik.

Terbukti sejumlah film Indonesia tentang warisan berhasil menuai respon positif dari penonton maupun pengulas film, loh. Penasaran apa aja? Simak daftarnya berikut ini, yuk!

Baca Juga: 7 Film dan Serial Terbaik Florence Pugh Versi Rotten Tomatoes, Ciamik!

1. Warisan Olga (2015)

https://www.youtube.com/embed/gv2wUfMhLoQ

Warisan Olga merupakan film yang diproduksi sebelum mendiang Olga Syahputra meninggal dunia. Film ini menceritakan tentang Olga, pemilik kos di pinggiran Kota Jakarta beserta Billy, sang adik yang ia sayangi.

Suatu hari, Billy yang terdesak kebutuhan uang karena utang pergi ke sebuah pulau bersama teman-temannya untuk menemukan batu mulia. Namun, ia harus mengalahkan beberapa pemburu harta karun yang tak becus.

Menjelang akhir cerita, Olga yang sedang sakit keras memberikan harta warisan kepada Billy. Keluarga pun terharu melihat rasa sayang Olga yang begitu besar pada Billy.

2. Cek Toko Sebelah (2016)

https://www.youtube.com/embed/r9NJveLN3zI

Cek Toko Sebelah merupakan film komedi garapan Ernest Prakasa di mana ia juga menjadi pemeran. Film ini mengisahkan drama keluarga Koh Afuk, pemilik toko kelontong beserta dua orang anaknya, Erwin (Ernest Prakasa) dan Yohan (Dion Wiyoko).

Erwin sedang menikmati kariernya yang gemilang di usia muda. Konflik dimulai ketika Koh Afuk (Chew Kin Wah) yang sudah gampang sakit-sakitkan meminta Erwin menjadi pewaris tokonya.

Hal ini membuat Yohan tidak terima karena merasa merasa lebih berhak jadi penerus toko tersebut. Siapakah di antara Erwin atau Yohan yang resmi menjadi penerus toko kelontong Koh Afuk?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik, Desainnya Ciamik! 

3. Orang Kaya Baru (2019)

https://www.youtube.com/embed/ZY4clGa250c

Keluarga bapak (Lukman Sardi) dan ibu (Cut Mini) awalnya hidup sederhana dan serba pas-pasan namun harmonis. Semuanya lalu berubah drastis ketika bapak meninggal dunia. Ternyata dia meninggalkan harta warisan yang banyak untuk istri dan tiga anaknya.

Ibu dan tiga anaknya, yaitu Tika (Raline Shah), Duta (Derby Romero), dan Dody (Fatih Unru) berubah menjadi "orang kaya baru". Banyak kejadian menggelitik dan cenderung norak yang terjadi akibat baru menikmati rasanya bergelimang harta.

Namun, kekayaan tersebut bagai pisau bermata dua. Banyak permasalahan yang terjadi, termasuk mereka jadi lebih mementingkan diri sendiri dan melupakan keharmonisan keluarga. 

4. Gara-Gara Warisan (2022)

https://www.youtube.com/embed/bgrJaKR9w-A

Dahlan (Yayu Unru) adalah seorang pemilik guest house yang semakin berumur dan sakit-sakitan. Ia pun mulai berpikir mewariskan guest house kepada tiga anaknya, Adam (Oka Antara), Laras (Indah Permatasari), dan Dicky (Ge Pamungkas).

Tiga bersaudara yang tidak pernah akur pun bersaing melaksanakan tantangan untuk mengurus warisan milik sang ayah. Adapun yang menentukan pemenang atau ahli waris sah ialah staf dari guest house tersebut.

Dendam dan perseteruan lama di masa lalu mulai terungkap perlahan-lahan, beriringan dengan usaha yang tidak berjalan mulus karena mereka tidak berpengalaman di bidang itu.

5. Suka Duka Berduka (2022)

https://www.youtube.com/embed/OsPbv9yplJI

Suka Duka Berduka adalah serial Vidio yang mengangkat suasana berduka di rumah mendiang Opa Rauf (Lukman Syah), kepala keluarga sekaligus pebisnis ternama. Serial ini banyak dibintangi aktor dan aktris ternama seperti Jihane Almira, Ersa Mayori, Luna Maya, Tora Sudiro, Oka Antara, dan Atiqah Hasiholan.

Serial komedi satir ini menampilkan realitas keluarga berduka pada umumnya. Mereka memiliki maksud lain, yaitu membicarakan harta warisan yang ditinggalkan Opa Rauf.

Serial ini makin lengkap dengan konflik lain di luar perkara warisan, seperti potret konflik dari setiap karakter yang ternyata tidak sebaik yang kita kira.

Meski disajikan dalam nuansa komedi, lima serial di atas sangat related dengan kehidupan sehari-hari dan mengandung banyak pesan moral khususnya bagi keluarga. Recommended banget deh!

Baca Juga: 10 Film Hollywood dengan Format IMAX Terbaik, Kualitasnya Ciamik!

Mbak Endut Photo Verified Writer Mbak Endut

Fans-nya UN1TY

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya