Comscore Tracker

Ada UN1TY, 5 Idol Group Lokal yang Gak Kalah Kece dari Idol Korea

Awal kebangkitan era idol Indo-Pop, nih! #IDNTimesHype

Era keemasan boy group dan girl group tanah air boleh dikatakan sudah berakhir sejak Smash, Cherrybelle, hingga CJR dinyatakan vakum bahkan bubar. Namun, sejak tahun 2017, sejumlah pegiat industri musik mulai bangkit kembali membentuk grup dengan konsep yang lebih fresh, lho.

Selain idol group Korea, Indonesia kini juga punya grup idola sendiri yang tentunya gak kalah kece. Penasaran ‘kan siapa aja? Berikut ini lima di antaranya yang terkonfirmasi aktif dan telah merilis lebih dari satu single.

1. BForce

Ada UN1TY, 5 Idol Group Lokal yang Gak Kalah Kece dari Idol KoreaInstagram.com/bforce_id

BForce merupakan boy group yang terbentuk dari ajang The Next Boy/Girl Band Indonesia musim pertama yang diadakan tahun 2017. Grup berisi lima pria multitalenta ini terdiri dari Ridwan, Mavin, Alif, Devin, dan Bastian. Di bawah naungan Starmedia Nusantara dan label Hits Records, mereka debut melalui single bernuansa RnB berjudul Hanyalah Untukmu.

Vakum selama dua tahun lamanya, BForce kembali meramaikan industri musik dengan merilis single kedua berjudul Together Stronger Better. Lagu bergenre pop dance ini diciptakan sendiri oleh dua member BForce, yakni Sebastian dan Mavin untuk lirik rap-nya. Adapun video musik dari single kedua ini telah meraup lebih dari 288 ribu pasang mata berkat respons positif dari fanbase mereka, TeamB.

Fyi, Mavin, sang rapper BForce juga tergabung sebagai member Z-Boys, boy group bentukan agensi asal Korea Selatan, Zpop Dream.

2. Foxyrose

Ada UN1TY, 5 Idol Group Lokal yang Gak Kalah Kece dari Idol KoreaInstagram.com/luginamulyasari

Grup yang dinaungi oleh Matrix Entertainment ini memulai debut pada tahun 2018 lalu melalui single berbahasa Inggris berjudul Turn Back and Go. Foxyrose diisi oleh lima member yakni Della, I.B, Nana, Nava, dan Shaen yang mana tiga di antaranya pernah mengikuti ajang The Next Boy/Girl Band meski gak lolos hingga babak akhir.

Foxyrose juga sempat vakum hingga pada Oktober 2020 kemarin, mereka merilis single kedua bertajuk YOLO yang juga berlirik bahasa Inggris. Lagu kedua ini lebih easy listening dengan nuansa tropical pop yang ceria. Kerennya, semua member turut serta dalam memproduksi lagu mereka, lho. I.B, sang rapper terutama andil dalam menulis lirik, rap,dan script writer untuk video musik.

Hingga kini, MV single kedua Nava cs telah ditonton oleh lebih dari 68 ribu menyusul 5 ribu untuk dance version-nya. Mereka juga telah memiliki fanbase yang diberi nama Foxist.

Baca Juga: 10 Mantan Member Grup KPop yang Kini Berkarier di Negara Asalnya

3. StarBe

Ada UN1TY, 5 Idol Group Lokal yang Gak Kalah Kece dari Idol KoreaInstagram.com/starbeofficial

StarBe merupakan girl group asal Bandung bentukan STB Entertainment. Grup yang debut pada Desember 2019 ini beranggotakan Shella, Abelle, Kezia, dan Chelsea. Single pertama Aku Lengkap Denganmu dikemas manis dengan musik yang easy listening. Lebih dari hal itu, visual menawan empat member StarBe yang masih remaja ini juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Setelah sukses dengan lagu debut, StarBe menelurkan single kedua bertajuk Bye Bye Drama pada Juni 2020. Berbeda dengan lagu sebelumnya, Bye Bye Drama dikemas dengan musik up beat dan menampilkan sisi swag dari member-nya. Adapun MV dari lagu ini telah mengumpulkan lebih dari 900 ribu views.

StarBe juga rutin membagikan konten vlog untuk meghibur para Skybe di kanal YouTube StarBe Official dan aplikasi VLIVE.

4. Glass

Ada UN1TY, 5 Idol Group Lokal yang Gak Kalah Kece dari Idol KoreaInstagram.com/denissaftri

Glass merupakan grup rookie yang baru saja debut pada 22 Januari 2021. Empat member-nya, yakni Triarona, PB, Denissa, dan Eugine adalah jebolan ajang Zpop Dream Indonesia 2019. Gak jadi pemenang, mereka pun berinisiatif membuat girl group sendiri melalui single debut bertajuk Mine. Proses produksi lagu hingga MV-nya sebagian besar dikerjakan oleh member Glass sendiri, lho.

Berbeda dengan tiga grup sebelumnya, Mine sebagai lagu debut Glass mengusung genre EDM, hasil berkolaborasi dengan Sickzombies. Karakter Glass yang strong dan loud terlihat melalui MV-nya yang telah ditonton lebih 400 ribu pasang mata. Sama dengan BForce, Glass berada di bawah naungan Starmedia dan label Hits Records, lho.

Meski masih baru, Glass sudah memiliki fanbase resmi bernama Glowy. Mereka begitu antusias terhadap jadwal debutnya Glass yang harus tertunda setahun akibat pandemi.

5. UN1TY

Ada UN1TY, 5 Idol Group Lokal yang Gak Kalah Kece dari Idol KoreaInstagram.com/un1ty_official

UN1TY merupakan boy group pertama dari ajang 1ID Music yang diadakan Famous All Stars. Grup ini beranggotakan Farhan, Shandy, Ricky, Gilang. Fenly, Fajri, Zweitson, dan Fiki. Nama UN1TY diambil sebagai simbol kerja tim dan nilai Bhinneka Tunggal Ika yang mana mereka memang berasal daerah berbeda yang disatukan untuk menjadi bintang di industri musik tanah air.

Farhan cs debut pada Desember 2019 dengan merilis single album berisi lagu Coba Cintaku dan Satu. Kemudian mereka menelurkan tiga single lagi, yakni Pangeran Tidur, Terbunuh Sepi, dan No Mellow pada tahun 2020. Uniknya, lima lagu UN1TY ini masing-masing diisi oleh satu member yang menjadi center dan genre berbeda pula.

Hingga kini, MV Coba Cintaku dan Satu berhasil ditonton oleh lebih dari 2 juta pasang mata. Menyusul 1 juta lebih views untuk tiga lagu berikutnya. Kesuksesan semua video musik UN1TY ini tak lepas dari kerja keras YouN1T yang terkenal loyal pada delapan cowok bertalenta ini.

Grup yang telah menembus MTV Amerika ini rutin membagikan berbagai konten hiburan bagi penggemar di YouTube,VLIVE, dan akun TikTok resmi mereka.

Selain lima grup di atas, pada tahun 2021 ini juga akan debut sejumlah boy group dan girl group lain. Semoga dengan bangkitnya generasi baru idol group lokal ini bisa berkontribusi memajukan industri musik tanah air, ya.

Baca Juga: Tampil di YouTube Rewind 2020, 10 Fakta UN1TY yang Perlu Kamu Tahu

Mbak Endut Photo Verified Writer Mbak Endut

IG & Twitter: @Mbakendut1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya