Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Lokal Berlatar NTT, Bikin Pengen Liburan!

Pulau Sumba juaranya #IDNTimesHype 

Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak beberapa tahun belakangan telah menjelma sebagai kawasan pariwisata unggulan tanah air. Keindahan alam dan kentalnya kearifan lokal di NTT menjadi daya tarik baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keindahan alam provinsi di timur Indonesia ini pun membuat tak sedikit sineas yang tertarik menggarap film dengan latar NTT, lho.

Mulai dari Pendekar Tongkat Emas hingga Rumah Merah Putih, berikut ini lima film nasional yang bakal bikin kamu ngebet liburan ke sana.

1. Pendekar Tongkat Emas

https://www.youtube.com/embed/FgwNwlpDB1M

Biru (Reza Rahadian) dan Gerhana (Tara Basro) tidak terima saat Cempaka (Christine Hakim) mewariskan tongkat emas pada Dara (Eva Celia). Perseteruan terjadi yang mana Cempaka terbunuh oleh Biru dan Gerhana sendiri.

Tragedi tersebut  menyebabkan empat murid Cempaka terbagi menjadi dua kubu untuk memperebutkan tongkat kebesaran perguruan mereka.

Meski mendapat review yang kurang memuaskan, film yang disutradarai Ifa Isfansyah ini sukses memperlihatkan pesona alam Sumba Timur. Penonton disuguhkan hamparan rumput yang luas, sunset yang sangat indah, pantai, dan tebing curam yang sangat memanjakan mata.  

2. Susah Sinyal (2017) 

https://www.youtube.com/embed/MbZtoOuRpyU

Susah Sinyal menampilkan seorang pengacara sukses bernama Ellen (Adinia Wirasti dan anak gadisnya, Kiara (Aurora Robero). Hubungan Ibu dan anak ini menjadi dingin karena Ellen yang terlalu sibuk dengan kariernya.

Kiara pun juga mulai sering membuat ulah di sekolah setelah neneknya meninggal. Hingga suatu hari, Ellen berinisiatif mengajak Kiara liburan dengan tujuan menghabiskan quality time berdua. 

Didukung alur cerita yang ciamik, pemilihan Pulau Sumba sebagai lokasi liburan sepasang Ibu dan anak ini sukses menyuguhkan eksotisme Sumba, termasuk hamparan savana dan air terjun yang indah. 

Baca Juga: Ada Posesif, 5 Rekomendasi Film Romance Lokal yang Gak Bikin Cringe

3. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017) 

https://www.youtube.com/embed/Ikgy2Xukwng

Berlatar savana Sumba, film yang disutradarai Riri Riza ini berkisah tentang seorang janda bernama Marlina. Suatu hari, ia didatangi oleh sekelompok perampok yang berniat mencuri. Tak kehabisan akal, Marlina meracuni mereka dan memenggal kepala bos perampok tersebut saat diperkosa. 

Bukan hanya syuting di lokasinya saja, film ini juga menggunakan dialek dan kostum ala masyarakat Sumba dengan sangat meyakinkan. Keren abis! 

4. Humba Dreams (2018) 

https://www.youtube.com/embed/F21wSLZTbN8

Masih disutradarai Riri Riza, Humba Dreams mengisahkan Martin (J.S Khairen), mahasiswa di Jakarta yang kembali ke kampung halamannya, tanah Sumba karena perintah sang ibu yang disebabkan suatu masalah keluarga yang harus diselesaikan.

Selain menyajikan keindahan alam Sumba, film ini juga menghadirkan berbagai isu sosial yang terjadi di masyarakat, seperti konflik kepercayaan, kemiskinaan, hingga unsur kritik mengenai kesulitan mencari sinyal.

5. Rumah Merah Putih (2019) 

https://www.youtube.com/embed/Z6o6bSfl4Ko

Last but not least, ada Rumah Merah Putih yang menonjolkan bukti nasionalisme anak-anak SD terhadap Indonesia di wilayah perbatasan NTT dengan Timor Leste. Film dari Alinea Pictures ini dibintangi oleh pemain cilik asli Sumba, didukung aktor dan aktris ibukota seperti Pevita Pearce, Yama Carlos, dan Abdurrahman Arif. 

Kental akan kearifan lokal, film ini menyelipkan banyak pesan moral dan sangat cocok ditonton oleh segala usia khususnya anak sekolah. Yuk, ajak adik kalian yang masih duduk di bangku SD untuk menonton film ini!

Itulah tadi lima rekomendasi film Indonesia yang berlatar NTT khususnya di Pulau Sumba. Semoga kearifan lokal dan keindahan alami di daerah ini tetap lestari di bumi pertiwi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Indonesia tentang Ayah dan Anak, Bikin Mewek!

Mbak Endut Photo Verified Writer Mbak Endut

IG & Twitter: @Mbakendut1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya