Comscore Tracker

5 Penyanyi Ini makin Sukses Bersolo Karier, Pilih Tinggalkan Band

Nama mereka kian berkibar di belantika musik Indonesia

Menjadi vokalis dalam sebuah grup band merupakan suatu kebanggaan sendiri karena vokalis memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah grup musik. Selain itu, vokalis jugalah yang sering lebih populer dibandingkan personil lain.

Selayaknya kelompok yang lain, tentu di dalam sebuah grup band juga ada sebuah masalah dan konflik yang menyebabkan hubungan internal menjadi kurang harmonis. Hal ini biasanya lantas berimbas pada pengunduran diri salah satu personil, tak terkecuali bagi seorang vokalis.

Meski begitu, beberapa mantan vokalis ini pun tetap sukses saat memutuskan untuk bersolo karier selepas keluar dari band yang membesarkan nama mereka. Berikut ini lima mantan vokalis band yang sukses bersolo karier di industri musik Indonesia.

1. Ari Lasso

5 Penyanyi Ini makin Sukses Bersolo Karier, Pilih Tinggalkan Bandpotret Ari Lasso (instagram.com/ari_lasso)

Sebelum dikenal sebagai penyanyi solo, Ari Lasso adalah mantan vokalis grup band legendaris, Dewa 19. Pria berusia 48 tahun ini bergabung dengan Dewa 19 pada tahun 1991 dan telah merilis sebanyak lima album bersama band milik Ahmad Dhani tersebut.

Lembah hitam narkotika membuat kariernya bersama Dewa 19 seakan pupus. Pada tahun 1997, setelah Dewa 19 merilis album Pandawa Lima, Ari Lasso sudah mulai ketergantungan narkoba hingga membuat ia dikeluarkan dari band yang telah membesarkan namanya itu. 

Setelah keluar dari Dewa 19, Ari Lasso lalu mengembangkan sayapnya menjadi penyanyi solo dan merilis album pertamanya yang berjudul Sendiri Dulu pada tahun 2001. Album tersebut mengandalkan lagu yang sangat ngehit, 'Misteri Ilahi' ciptaan mendiang Erwin Prasetya, kawannya di Dewa 19. Sejak saat itu, Ari Lasso dikenal sebagai penyanyi solo yang lagu-lagunya pun tak kalah ngehit dari Dewa 19.

2. Sammy Simorangkir

5 Penyanyi Ini makin Sukses Bersolo Karier, Pilih Tinggalkan Bandpotret Sammy Simorangkir (instagram.com/sammysimorangkir)

Sammy Simorangkir adalah mantan vokalis grup band Kerispatih. Bersama Kerispatih, Sammy telah merilis empat buah album. Sammy bergabung dengan Kerispatih pada 21 April 2003 setelah acara Farabi Sunday.

Namun, sayangnya Sammy tidak bertahan lama di Kerispatih. Sama seperti Ari Lasso, keterlibatan dengan obat-obatan terlarang telah menghancurkan karier Sammy bersama Kerispatih. Pada 2 Februari 2010, Sammy akhirnya dikeluarkan dari grup band jebolan album kompilasi Gulalikustik ini.

Selepas dari Kerispatih, penyanyi kelahiran 8 September 1982 ini merilis album solonya yang berjudul Aku Kembali, dengan hits single 'Sedang Apa dan Dimana' ciptaan Mario Ricardo Tobing.

Baca Juga: 9 Potret Anak Vokalis Band, Gak Kalah Hits dari Parents Mereka

3. Rusyaedi Makmun

5 Penyanyi Ini makin Sukses Bersolo Karier, Pilih Tinggalkan Bandpotret Ady eks Naff (instagram.com/ady_287)

Rusyaedi Makmun atau yang akrab disapa Ady ini dulunya merupakan vokalis band Naff. Selain vokalis dari grup band yang didirikan pada tahun 1998 ini, Ady juga merupakan pencipta lagu-lagu hits dari band tersebut. Lagu-lagu seperti 'Terendap Laraku', 'Kau Masih Kekasihku', 'Akhirnya Ku Menemukanmu', dan 'Bila Nanti Kau Milikku' merupakan karya dari penyanyi asal Makassar ini.

Pada tahun 2010 Ady resmi keluar dari band yang membesarkan namanya dan memulai karier sebagai penyanyi solo. Setelah tidak bersama Naff lagi, Ady merilis album solo yang berjudul It's Me and My Soul pada tahun 2012. Sebelum merilis album ini, Ady juga sempat merilis album solo pertamanya yang berjudul Dari Hati Untuk Cinta pada tahun 2005 saat Naff sedang vakum. Saat ini, karier Ady di industri musik lebih sukses dari grup band terdahulunya itu.

4. Pongki Barata

5 Penyanyi Ini makin Sukses Bersolo Karier, Pilih Tinggalkan Bandpotret Pongki Barata (instagram.com/pongki_barata)

Pongki Barata merupakan mantan vokalis dari grup band asal Yogyakarta, Jikustik. Dalam grup band tersebut, bersama Icha sang bassist, Pongki juga berperan sebagai penulis lagu yang banyak dipopulerkan oleh Jikustik. Lagu-lagu seperti 'Maaf', 'Seribu Tahun Lamanya', dan 'Setia' ini merupakan mahakarya agungnya.

Saat menjadi vokalis Jikustik, Pongki telah merilis tujuh album. Pada tahun 2009 Pongki resmi mengundurkan diri dari grup band yang didirikannya pada tahun 1996 ini. Selepas dari Jikustik, musisi berusia 44 tahun ini bergabung dalam grup band The Dance Company bersama Baim, Ariyo Wahab, dan Nugie.

Pada tahun yang sama, grup band ini merilis album pertamanya berjudul The Dance Company dengan hits single 'Papa Rock n Roll' dan 'Coba Kau Bayangkan'. Selain itu, musisi kelahiran Pontianak ini juga populer sebagai pencipta lagu-lagu hits yang dinyanyikan oleh penyanyi atau musisi lain.

5. Baim

5 Penyanyi Ini makin Sukses Bersolo Karier, Pilih Tinggalkan Bandpotret Baim bersama sang istri (instagram.com/baimguitar)

Baim dulunya adalah vokalis dari grup band yang saat ini masih bertahan di industri musik, Ada Band. Bersama Ada Band, musisi bernama asli Ibrahim Imran ini merilis empat buah album. Pada tahun 2001, Baim resmi keluar dari grup band yang telah membesarkan namanya tersebut.

Setelah tidak lagi menjadi personil Ada Band, musisi kelahiran Hong Kong ini merilis album pertamanya yang berjudul Fresh!! pada tahun 2002. Album tersebut semakin melejitkan namanya di industri musik Indonesia. Pada tahun 2009, Baim bergabung dengan The Dance Company dan merilis album The Dance Company. Hingga saat ini, Baim masih konsisten berkarier di industri musik.

Itulah beberapa mantan vokalis band yang sukses bersolo karier setelah tidak bersama band terdahulunya lagi. Meski tidak bersama band terdahulunya, beberapa mantan vokalis tersebut telah sukses berkarir sebagai penyanyi solo ataupun pencipta lagu hingga saat ini.

Baca Juga: 15 Vokalis Band Perempuan yang Dobrak Patriarki, Respek!

Nurrahman Fadholi Photo Verified Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya