Comscore Tracker

5 Lagu Hits yang Menjadi Pengantar Suksesnya Band Tanah Air

Kamu suka yang mana?

Lagu merupakan karya wajib yang harus dimiliki sebuah band ataupun seorang penyanyi. Kesuksesan sebuah band ataupun seorang penyanyi ditentukan dari hasil penjualan album kaset dan CD. Selain itu, populernya sebuah lagu dalam album yang dirilis juga mempengaruhi kesuksesan mereka.

Lagu-lagu yang dijagokan dari setiap album biasanya bisa mendongkrak kesuksesan album tersebut, terutama bagi band yang baru pertama kali memasuki industri musik. Berikut lima lagu yang berhasil mengantarkan kesuksesan band-band ini.

1. KLa Project - 'Tentang Kita'

https://www.youtube.com/embed/8F3xWrNStVY

Tentang Kita merupakan lagu yang terdapat dalam album pertama KLa Project yang betjudul KLa. Lagu ini sekaligus menjadi lagu pengantar kesuksesan bagi grup musik yang dimotori oleh musisi dan penyanyi Katon Bagaskara ini. Sebelum terdapat dalam album pertama KLa Project, lagu yang diciptakan oleh Katon dan Lilo ini terdapat dalam album 10 Bintang Nusantara yang dirilis pada tahun 1988, setahun sebelum KLa Project merilis album pertamanya.

Setelah merilis album pertamanya, nama KLa Project pun semakin melejit sebagai band papan atas kala itu. Pada tahun 1990, KLa Project kembali melejit dengan lagu 'Yogyakarta', yang sampai saat ini masih menjadi lagu yang melegenda.

2. Dewa 19 - 'Kangen'

https://www.youtube.com/embed/RYGgSRtYxd0

Band asal Surabaya ini pertama kali melejit setelah lagu Kangen ini populer ke seluruh negeri. Lagu karya Ahmad Dhani ini terdapat dalam album pertama mereka, Dewa 19 pada tahun 1992. Lagu ini merupakan lagu wajib bagi Dewa 19 karena ketika konser, Dewa 19 kerap membawakan lagu ini dengan vokalisnya Ari Lasso maupun Once.

Pada tahun 2002, almarhum Chrisye menyanyikan kembali lagu ini berduet dengan Sophia Latjuba dalam albumnya yang berjudul Dekade. Dewa 19 juga merilis ulang lagu ini dalam album mereka yang berjudul Kerajaan Cinta pada tahun 2007 dengan vokalisnya Once Mekel.

3. Sheila on 7 - 'Dan'

https://www.youtube.com/embed/dGcGbF4ex5o

Dalam awal karirnya, Sheila on 7 sebenarnya mengandalkan lagu Kita sebagai single pertamanya. Namun ternyata lagu ini kurang mampu mendongkrak penjualan album sehingga membuat Eross Candra dan kawan-kawan memutuskan untuk menjagokan lagu Dan sebagai single kedua mereka.

Benar saja, lagu ini berhasil meracuni dan mengharu biru pencinta musik Indonesia kala itu. Bahkan, lagu ini pun menempati posisi pertama di chart MTV Ampuh selama 40 minggu dan berhasil menjadi Song of the Year selama 2 tahun. Single pertama lagu mereka pun akhirnya digunakan untuk soundtrack sinetron Lupus Milenia yang ditayangkan di Indosiar.

Baca Juga: Bukan Vokalis, 10 Potret Putra Duta Sheila on 7 Jadi Atlet Badminton

4. Padi - 'Sudahlah'

https://www.youtube.com/embed/hRRyog74DYw

Meskipun Padi melejit dengan lagu Sobat dalam album Indie Ten pada tahun 1998, tapi Padi baru mengecap popularitasnya saat video klip ini diputar di salah satu stasiun televisi swasta. Lagu Sudahlah ini terdapat dalam album pertama Padi yang berjudul Lain Dunia yang dirilis pada tahun 1999.

Album ini juga menjagokan beberapa lagu yang juga tak kalah hits seperti Begitu Indah, Mahadewi, Seperti Kekasihku, dan lagu yang terdapat dalam album Indie Ten, Sobat. Setelah merilis album Lain Dunia, Padi kemudian muncul sebagai grup band yang diperhitungkan di industri musik Indonesia.

5. Slank - 'Maafkan'

https://www.youtube.com/embed/3z_ISnDR9K0

Lagu Maafkan ini dirilis pada tahun 1990 dalam album Suit-Suit... He-He (Gadis Sexy). Sebenarnya album ini menjagokan lagu Memang sebagai hits single. Namun pada akhirnya, lagu Maafkan yang malah menjadi hits single setelah video klip lagu ini ditayangkan di sebuah stasiun televisi, TVRI. Lagu ini merupakan lagu wajib bagi Slank untuk dinyanyikan di atas panggung saat menggelar konser.

Itu tadi beberapa lagu yang telah sukses membawa grup-grup band di atas untuk meraih popularitasnya di industri musik Indonesia. Lagu-lagu yang mereka populerkan pun saat ini telah menjadi karya yang sangat melegenda dan disukai oleh generasi pada masa sekarang. 

Nurrahman Fadholi Photo Verified Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya